Infinity Ward Demokan Multiplayer Ghosts, Tidak Akan Sama Seperti Call of Duty Sebelumnya

Setelah update besar selama event E3 2013 lalu, pada 14 Agustus kemarin Activision dan Infinity Ward kembali menggoda penggemar Call of Duty dengan trailer baru yang terfokus pada mode multiplayer Call of Duty: Ghostssatu fitur yang banyak ditunggu penggemarnya, namun tidak didemokan selama E3 2013 lalu.

Game first-person shooter yang menjadi sekuel ke-10 dari keseluruhan serial inti Call of Duty tersebut sedang dikembangkan untuk PC Windows, PlayStation 3, Wii U (dikembangkan oleh Treyarch),dan Xbox 360 dengan rencana rilis 5 November 2013. Selain itu, Ghosts juga akanh menjadi Call of Duty pertama yang disiapkan mengisi daftar game PlayStation 4 dan Xbox One. Namun seperti kita ketahui, karena arsitektur konsol next gen tersebut yang berbeda dari konsol yang kita kenal saat ini, untuk versi next-gen tanggal rilisnya masih belum ditentukan, walaupun banyak yang menyebutkan akan menjadi launch title untuk konsol tersebut. Dan bersamaan dengan konfirmasi trailer multiplayer barunya kemarin, untuk pertama kalinya developer juga memastikan jika artis papan atas Eminem juga terlibat dalam Ghost, dengan menyumbangkan lagu yang menjadi theme song-nya yang berjudul “Survival.”

Mode multiplayer dalam Ghosts tidak akan sama seperti Call of Duty sebelumnya. Di sana kamu akan menemui banyak fitur khas online multiplayer, seperti kustomisasi karakter, peta yang dinamis, dan banyak gerakan baru yang bisa dilakukan oleh karaktermu, seperti sliding, bersandar pada sudut dinding dan mengintip dari sana, serta interaksi yang lebih dalam dengan lingkungan sekitarnya. Khusus untuk bersandar tadi, tidak ada tombol khusus yang bisa membuat karakter merapat pada dinding seperti game sebelumnya, namun kini karakter bisa melakukan gerakan tersebut otomatis dengan cara mendekati dinding, melihat ke pinggir dinding dan membidik ke arah obyek di balik dinding tersebut. Melalui trailer multiplayer tersebut kami juga melihat keberadaan prajurit wanita (pertama untuk serial ini), lingkungan yang bisa dihancurkan, robot kecil atau drone yang bisa dikendalikan melayang dari jarak jauh, muncul juga anjing yang sebelumnya dikabarkan hanya untuk campaign single-player, serta adanya pasukan pendukung karaktermu untuk sebuah cita rasa squad-based. Berikut trailer multiplayer yang mereka rilis kemarin:

Official Call of Duty: Ghosts Multiplayer Reveal Trailer

Selama event yang berlangsung secara streaming tersebut, Activision juga mengungkapkan beberapa gameplay barunya, seperto Cranked, dimana kamu harus menghabisi pemain lain untuk membuat karaktermu menjadi lebhih cepat. Namun hal itu sekaligus juga mengaktifkan hitungan waktu mundur, yang hanya bisa kamu perpanjang waktunya dan memungkinkanmu menambah jumlah “kill”. Namun begitu hitungan mundurnya habis, karaktermu meledak.

Mode lainnya adalah Search and Rescue, yang esensinya sama dengan tipikal eliminasi Search and Destroy dari seri Call of Duty sebelumnya, namun di sini anggota teammu bisa membangkitkan rekan pasukannya yang tewas. Ketika karaktermu tewas, dia akan menjatuhkan dog-tags, sekaligus mengaktifkan adu cepat antara anggota pasukanmu dengan musuh, karena siapa yang paling cepat menjangkau dog-tags tersebut bisa merubah jalannya permainan. Ya, karena jika anggota pasukanmu yang berhasil mendapatkannya, maka karakter akan dibangkitkan. Namun jika musuh mendapatkannya terlebih dahulu, maka mau tidak mau karaktermu harus keluar dari map.

Bicara kustomisasi dalam Ghosts, kamu tidak hanya mengatur apa saja perlengkapan dan penampilan karaktermu, namun juga bisa menciptakan dan mengkustomisasi satu pasukan penuh yang beranggotakan 10 prajurit, dan setiap prajurit tersebut memiliki statistik sendiri-sendiri, seperti jumlah XP, equipment dan juga status Prestige. Dan hasil pasukan yang kamu buat tadi akan di uji dalam mode khusus yaitu mode Squads, yang terdiri dari mode solo, co-operative dan competitive, mengajakmu untuk mengadu pasukan yang kamu bentuk melawan pasukan buatan pemain lain.

Beberapa mode Squads yang dijelaskan Activision kemarin antara lain Squad vs Squad, Wargame, Safegyard, dan Squad Assault. Mode pertama, menempatkanmu dan pasukan yang dikendalikan AI melawan pemain lain dan pasukannya yang juga dikendalikan oleh AI. Sedangkan untuk Wargame, kamu bisa memilih 5 diantara pasukanmu untuk bermain melawan 5 anggota pasukan musuh yang dikendalikan AI. Saat itulah statistik prajuritmu berperan, makin kuat mereka, maka kemungkinan menang juga lebih tinggi. Mode ketiga, Safeguard merupakan mode koperatip empat pemain dengan musuh dikendalikan AI yang muncul secara bergelombang. Dan terakhir, Squad Assault merupakan mode koperatip yang melibatkan enam prajurit, menempatkanmu melawan sepasukan pemain lain yang offline, namun dikendalikan oleh AI. Makin sering kamu memainkan mode multiplayer-nya bersama pasukanmu, maka makin banyak XP (experience) yang mereka dapatkan, sehingga makin kuat semua anggota prajuritmu.

Call of Duty Ghosts – Squads Multiplayer

Selain detail lainnya yang bisa kami rangkum dari event konfirmasi mode multiplayer kemarin adalah sebagai berikut.

  • Fitur ‘Field Orders’ baru yang dimulai ketika player pertama yang tewas dalam mode deathmatch – ketika itu terjadi, player tersebut akan menjatuhkan suitcase. Ketika player lain mengambil suitcase tersebut, mereka akan mendapatkan side-mission spesial, seperti diharuskan mendapatkan sejumlah kill atau head shot. Dan seandainya misi tersebut berhasil kamu penuhi, player akan mendapatkan paket strike yang berisi salah satu senjata Strike yang sangat kuat di tengah permainan. Namun seandainya kamu tewas, maka player lain bisa mengambil suitcase tersebut.
  • Dynamic Map Events bisa muncul di tengah map dan berpotensi merubah tata letak map tersebut secara dramatis. Dari trailer terlihat adanya bis yang jatuh dari atas bukit, SPBU meledak, bom yang meledak, hingga dinding yang runtuh, memberi kesan lingkungan yang dinamis dan lebih realistis kesan kerusakannya. Saat itu terjadi, bisa saja musuh muncul dari persembunyiannya, dan kamu bisa dengan mudah membidiknya.
  • Death Streaks dari Call of Duty: Modern Warfare 2 dan Modern Warfare 3 tidak kembali di sini.
  • Untuk membuat metode membuka senjata, streak dan item tidak terlalu linear, kamu bisa membuka mereka sesukamu yang mana dulu, namun perlu menggunakan Squad Points yang hanya didapatkan melalui pertarungan multiplayer.
  • Perks kini juga kamu dapatkan melalui point, dengan setiap perk nilainya antara 1 sampai 4. Dan kamu hanya mendapatkan 8 point perk untuk mengkustomisasi karakter. Jadi harus dipilih dengan baik. Mau memasang perk kecil yang tidak begitu berguna, atau hanya dua perk namun akan sangat membantu permainanmu.
  • Ketika kamu mencapai Prestige seorang prajurit, kamu akan tetap menyimpan semua perlengkapan yang sudah terbuka untuk prajurit tersebut. Maksimal 10 prajurit dalam satu Squad-mu yang bisa mencapai Prestige dengan total 10 level Prestige.
  • Untuk Ghosts, Infinity Ward menyediakan 30 senjata baru, yang mana menjadikan arsenal Ghost ini lebih besar 80% dibandingkan Modern Warfare 3. Diantara senjata tersebut juga termasuk kelas senjata baru, Marksman Rifles, yang juga bisa kamu lihat melalui trailer di atas, dengan fungsi menjembatani antara peran sniper dan marksman.
  • Akan ada hingga 20,000 opsi kustomisasi karakter dalam game, yang memungkinkanmu merubah tipe tubuh, kepala, warna kulit, perlengkapan dan animasinya.
  • Akan ada lebih dari 20 Killstreaks baru, yang ditunjukkan dengan karakter bisa mengendalikan Juggernaut, atau membidik sembari terbang di atas map dan mengendalikan dari jauh drone yang dilengkapi peledak.
  • Salah satu Killstreak-nya memungkinkanmu memanggil Riley, anjing yang dikenalkan untuk campaign Ghost, dan dia berperan sebagai anjing penjaga. Riley akan mengikuti player menyusuri map, menyerang musuh, dan akan memberi tanda dengan menggonggong ketika ada musuh mendekat.
  • Activision juga mengkonfirmasikan fitur transfer profil dari konsol saat ini dengan next-gen, untuk mengobati kekecewaan penggemar yang sempat merasa developer akan berpindah ke next-gen ke depannya nanti untuk pengembangan Call of Duty baru. Melalui fitur tersebut, semua status yang kamu bangun selama bermain di Xbox 360 akan bisa ditransfer ke versi Xbox One. Yup, minusnya, cross-gen ini hanya mendukung keluarga konsol yang sama. Oh ya, bukan hanya profil, namun termasuk data Season Pass. Jadi jika kamu membeli Season Pass untuk Xbox 360 atau PS3, maka itu akan dibawa gratis ke Xbox One dan PS4 secara gratis. Season Pass dijual seharga $50, dan nantinya akan memberi tambahan empat paket DLC.
  • Layanan online Call of Duty Elite juga mendukung Ghost. Layanan ini ditujukan untuk bagian multiplayer game tersebut, yang akan menyimpan semua statistik permainanmu, termasuk juga menawarkan opsi social-networking. Di sini Call of Duty Elite akan terintegrasi sebagai aplikasi mobile dan tablet, dan bisa kamu aktifkan secara gratis (hanya Modern Warfare 3 saja yang menuntut biaya premium). Melalui aplikasi tersebut kamu bisa memantau status career, beberapa point manajemen dan kustomisasi pasukanmu, serta fitur baru ‘Clan Accomplishments’ dengan beberapa fungsi seperti chat dan game invite, serta meta game yang memberi kita XP.
  • Ada Clan Wars yang akan mengadu pasukanmu dengan pasukan lain, dengan pertarungannya melalui turnamen mini yang berlangsung hingga dua minggu.

Ketika Black Ops II muncul kita menyebutnya sebagai yang terbaik, maka Ghost juga demikian, karena sepertinya Activision dan Infinity Ward memberikan upgrade maksimal untuk Call of Duty baru ini. Kamu melihat grafisnya yang lebih baik, seperti efek ledakan yang efeknya lebih terasa besar, kini asapnya terlihat lebih gelap dan lama mengepul di sekeliling titik utama ledakan, hingga sisa-sisa ledakan yang terlihat lebih jelas. Kemudian developer juga cukup bijak membuang beberapa elemen gameplay sebelumnya yang tidak terlalu berguna menurut saya, seperti Martyrdom, Last stand, hingga Death Streaks. Sepertinya Infinity Ward banyak mendapat masukan dari penggemar Call of Duty, dan membentuk Ghost ini sebagai seri terbaik.

Oh ya, melengkapi ulasan ini, berita lain yang belum kami cover adalah mengenai pre-ordered Ghosts versi standar melalui beberapa retailer yang ditunjuk (lihat daftarnya melalui website mereka di sini) akan menerima map bonus multiplayer yang disebut Free FallFree Fall mengambil setting reruntuhan gedung yang akan terus berjatuhan seiring pertarungan berlangsung. Setiap bagian gedung yang jatuh menimbulkan shock wave yang juga memicu kerusakan lain yang lebih besar, merubah tata letak map secara real-time.

Official Call of Duty: Ghosts Global Multiplayer Reveal

http://youtu.be/rBBu12qYh-8


SHARE
Previous articleVersi Baru Persona 4 Arena, Hadirkan Yukari dan Junpei dari Persona 3!
Next articleCriminal Girls: Invitation, Kembali “Menghukum” Para Gadis Penjahat di PS Vita
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.