Preview GTA Online, Kreatifitas Tanpa Batas dan Menjelajah GTA V Bersama Pemain Lain!

Hari yang ditunggu-tunggu oleh para penggemar Grand Theft Auto (GTA) akhirnya tiba. Semalam, Rockstar sudah menepati janjinya dengan merilis video dan preview dari GTA Online, fitur ambisius yang akan mereka implementasikan dalam GTA V nantinya. Mengapa saya katakan ambisius? Karena kabarnya Rockstar sudah mengembangkan fitur ini sudah bertahun-tahun dan “perjudian” waktu mereka untuk mengembangkan fitur ini akan segera menampakkan hasilnya beberapa minggu lagi. Poin kedua adalah, Rockstar rupanya masih berambisi untuk terus “menyedot” waktu para pemain GTA V nantinya dengan sebuah gameplay online yang memacu kreatifitas dan interaksi dengan pemain lainnya. Pertama-tama, simak dahulu video preview dari Rockstar berikut ini.

Ada beberapa hal awal yang harus kamu ketahui mengenai GTA Online ini. Yang pertama, fitur ini tidak akan hadir bersamaan dengan perilisan GTA V, dan Rockstar mengungkapkan bahwa mereka akan merilis fitur ini kurang lebih dua minggu setelah game-nya dirilis atau pada 1 Oktober 2013. Artinya, kamu masih memiliki waktu dua minggu untuk “memuaskan diri” dengan memainkan campaign single player dan menjelajah Los Santos seorang diri sebelum kamu menjelajahinya dengan para pemain lain. Kedua, seperti judulnya, GTA Online bukanlah fitur multiplayer yang bisa dimainkan dalam satu konsol. GTA Online adalah sebuah dunia online yang bisa menampung hingga 16 pemain secara bersamaan, dimana dalam dunia tersebut kamu masih bisa memainkan SEMUA campaign, mini game, dan kesenangan yang kamu dapatkan dalam gameplay single player-nya. Bedanya, dalam GTA Online ini kamu akan menjalani semua gameplay tersebut dengan pemain lain! Bayangkan saja, dalam GTA Online nantinya kamu bisa merampok bank bersama beberapa pemain lain, atau mengadakan pertarungan deathmatch ala game-game TPS yang bisa menampung hingga 16 pemain! Ketiga, fitur ini gratis yang artinya kamu yang membeli game ini bisa langsung ikut bergabung tanpa harus menambah biaya!

Saat kamu online, maka kamu akan bertemu dengan 15 pemain lainnya yang saat itu sedang online bersamaan. Satu kelompok pemain ini hanyalah bagian dari ratusan atau bahkan ribuan pemain lain yang saat itu sedang online, semuanya berkompetisi untuk mendapatkan berbagai macam reward di dalam game, mulai dari Reputation Points, uang ataupun item-item lainnya. Kegunaan uang dalam fitur online ini sangatlah banyak. Jika kamu memperhatikan video di atas dengan seksama, Rockstar menampilkan sebuah apartemen yang bisa kamu beli lengkap dengan interiornya. Apartemen ini tentunya bisa kamu “pamerkan” kepada pemain lain, dan bisa meningkatkan reputasimu di mata mereka. Bukan hanya itu, apartemen milikmu nantinya juga bisa kamu gunakan sebagai tempat pertemuan dengan teman-temanmu! Itu hanya salah satu contohnya, dan masih banyak kegunaan uang lainnya seperti mengisi garasi apartemen dengan mobil-mobil eksklusif!

Saat memasuki dunia online, kamu bisa memanfaatkan smartphone milik karaktermu untuk mencari list pemain yang online dan mengundangnya ke permainanmu. Temanmu sedang tidak online? Maka kamu bisa “menelepon” mereka untuk memberitahukan bahwa kamu sedang online dan mengajak mereka untuk ikut serta. Kamu bisa masuk ke dunia GTA Online kapanpun dari campaign GTA V yang saat ini tengah kamu mainkan, dan memilih salah satu avatar dan karakter yang akan kamu gunakan. Seperti campaign single player-nya, kamu bisa meletakkan marker di peta sebagai penanda tempat berkumpul bersama teman-temanmu. Oiya, selain bersama teman-temanmu, kamu juga bisa berinteraksi dengan beberapa AI yang ada di GTA Online lho. AI dalam game juga akan merespon apa saja yang kamu lakukan, seperti saat kamu berteriak kepada mereka untuk lebih cepat dalam melakukan sesuatu, maka mereka akan menuruti perintahmu.

Kejar mengejar dengan polisi juga akan mewarnai petualanganmu dalam GTA Online. Status pengejaran akan disimbolkan dengan bintang, dan semakin banyak simbolnya, maka tandanya polisi benar-benar sangat “menginginkan” dirimu. Kamu bisa menyimak radar dan jauh-jauh dari jangkauan pandang mobil polisi agar kamu bisa mengurangi simbol tersebut hingga menghilang dari kejaran mereka. Setelah terbebas dari kejaran polisi, jika kamu sudah memiliki cukup poin reputasi dan uang, kamu bisa langsung menuju apartemen dan meletakkan mobil di garasi. Sama seperti campaign single player-nya, modifikasi mobil dalam GTA Online adalah salah satu hal yang mahal. Mungkin kamu sayang untuk memodifikasi mobil dengan alasan karena takut mobilmu rusak atau bahkan hilang. Tenang saja, di sini kamu bisa mengikutkan mobilmu dalam asuransi, sehingga kamu bisa mendapatkan mobil pengganti jika mobilmu rusak atau hilang! Jika uangmu masih “berlebih”, kamu bisa menyewa seorang mekanik pribadi untuk memperbaiki mobil-mobil mewahmu, sehingga jika mobilmu rusak di suatu tempat yang jauh dari bengkel, kamu tinggal memanggil mereka untuk memperbaikinya.

Lanjut ke halaman selanjutnya ya!