Mengintip Unsur-unsur Khas Indonesia dalam Video Game

Merdeka! Hari ini, bangsa Indonesia merayakan Hari Kemerdekaannya yang ke-68. Sebagai bangsa yang sudah merdeka, kita tetap wajib menjaga rasa nasionalisme dan patriotisme kita dalam berbagai cara, bukan lagi dengan perang melawan penjajah seperti masa lalu. Untuk semakin mempertebal rasa bangga kita sebagai bangsa Indonesia dan menyambut Hari Kemerdekaan, kami menyajikan satu artikel spesial yang membahas mengenai unsur-unsur bertema Indonesia yang ada di dalam game berikut ini.

Banyak developer game yang tertarik dengan budaya Indonesia, dan hal tersebut mereka tuangkan dalam game-game yang mereka buat. Mulai dari budaya, alam, hingga mitologi asal Indonesia banyak mewarnai game-game mereka rilis, dan hal tersebut menunjukkan bagaimana mereka kagum dengan bangsa kita ini. Jika bangsa lain saja mengapresiasi budaya kita, mengapa kita sebagai “penghuni” Indonesia sendiri tidak mengikuti jejak mereka? Berikut ini adalah beberapa unsur Indonesia yang pernah muncul dalam game.

Barong dan Rangda, Shin Megami Tensei Series

Barong dan Rangda adalah dua makhluk mitologi di Bali yang saling bertolak belakang. Meskipun seram, Barong adalah lambang kebaikan dan merupakan lawan dari Rangda. Rangda sendiri dikisahkan adalah ratu dari para Leak di Bali, yang sering menculik dan memakan anak kecil, serta memimpin pasukan penyihir jahat untuk melawan Barong.

Kedua makhluk mitologi ini sudah seringkali muncul dalam serial Shin Megami Tensei atau Persona menjadi salah satu monster atau iblis dalam serial laris tersebut. Meskipun Barong seringkali digambarkan dalam berbagai bentuk yang berbeda, namun dalam Shin Megami Tensei, Barong digambarkan dalam bentuk umumnya, yaitu Singa. Sedangkan Rangda digambarkan mirip dengan wujud asli yang dipercaya masyarakat Bali, yaitu penari Leak yang memiliki wajah seram.

Stage Bali, King of Fighters 97

King of Fighters (KoF) ’97 banyak dianggap sebagai salah satu seri KoF terbaik yang pernah dikembangkan. Jika kamu perhatikan, terdapat satu stage spesial bertema Bali yang ada di game tersebut.

Dalam stage tersebut, nuansa Bali semakin kental dengan hadirnya Barong, penari Pendet, hingga teriakan para penari Kecak yang mengiringi pertarunganmu.

Karakter dan Setting Tempat, Front Mission 3

Front Mission 3 adalah salah satu game yang memiliki unsur Indonesia terbanyak dalam daftar ini. Pertama, hadirnya dua karakter yang muncul di dalam game, Linny Barilar dan Hatta Mirza. Barilar merupakan pengusaha asal Sulawesi yang menjadi kepala perusahaan Barilar Corporation. Barilar dikisahkan berkeliling dunia untuk memperkenalkan Wanzer ciptaannya, Methane Wanzer yang lambat laun digunakan sebagai Wanzer untuk perang.

Sedangkan Hatta sendiri adalah simpatisan Hua Lian Rebels, gerakan separatis dari Da Han Zong dan merupakan petinggi untuk simpatisan tersebut di Sumatera.

Kedua, Indonesia juga dijadikan salah satu medan pertempuran dalam game ini, beberapa diantaranya adalah pulau Sumatera dan Sulawesi.

Lanjut ke halaman selanjutnya di tautan ini ya!