Jam Tangan Pintar Samsung Disebut Sebagai Galaxy Gear, Diduga Gunakan Layar Fleksibel

Tampaknya Sony Mobile patut was-was dengan langkah Samsung satu ini, apalagi hanya mereka yang saat ini terlihat jelas bergerak di lini produk smartwatch melalui Sony SmartWatch. Masih ingat dengan Project J yang muncul bersamaan beberapa rumor produk pendamping Galaxy S4? Kabar tersebut makin mengarah pada kondisi nyata karena Samsung diketahui memang benar menyiapkan jam tangan cerdas yang saat itu disebut sebagai Project J.

Kali ini smartwatch pertama Samsung itu muncul dengan julukan yang lebih keren, yaitu Galaxy Gear, dan rencananya akan dikonfirmasikan pertama kali bersamaan dengan Galaxy Note III selama event Samsung Mobile “Unpacked 2013 Episode 2” yang akan berlangsung 4 September mendatang di Berlin. Samsung sendiri diduga sudah mengamankan beberapa paten berhubungan dengan jam tangan bersistem operasi Android tersebut sejak akhir Mei lalu, sekaligus menunjukkan seperti apa desain purwa rupanya. Saat itu Gear terdaftar dengan kode nama SM-V700 di Korea.

Meskipun belum terungkap seperti apa penampilan Gear ini, namun banyak sumber menyebutkan jika Gear akan diperkuat dengan “mantan” chipset kelas atas Samsung, yaitu Samsung Exynos 4212 dengan prosesor dual core 1.5GHz, yang sama seperti mereka terapkan untuk Galaxy Note generasi pertama. Tentu saja ada GPU ARM Mali-400 MP4 di sana, sekaligus memory RAM 1 GB. Layarnya nanti diperkirakan menggunakan ukuran 1.67-inchi (atau mudahnya, 3 x 3 cm) dengan resolusi 320×320-pixel, dengan material AMOLED — yang diduga juga fleksibel, alias bisa melengkung layarnya. Membuatnya lebih “cerdas” dibandingkan smartwatch milik Sony, ada kamera 2-megapixel di sini yang mungkin bisa kamu manfaatkan untuk memotret secara candid, selain fitur koneksi lokal Bluetooth dan NFC.

Memang belum resmi dikonfirmasikan, namun jika benar menggunakan layar fleksibel, dan spesifikasi yang ditawarkan tersebut cukup membuat jam tangan cerdas Samsung ini menjadi pilihan menarik. Mengkonfirmasikannya bersamaan dengan Galaxy Note III pun akan menjadikannya sebagai aksesoris terbaik pendamping phablet besar itu, sehingga mereka pengguna Note III tidak perlu repot untuk sekadar, menjawab telepon misalnya, bisa langsung dieksekusi fungsinya menggunakan Gear.