Duniaku INAICTA Showoff: Slab Games

Seperti yang sudah kami beritakan sebelumnya, akhir bulan ini Duniaku bekerja sama dengan panitia Indonesia ICT Award (INAICTA) 2013 mengadakan ajang Duniaku INAICTA Showcase dan Showoff. Acara ini ditujukan sebagai ajang bagi para developer game Indonesia untuk memamerkan hasil karyanya dan mendapatkan kesempatan untuk menjalin kerja sama selama berlangsungnya acara. Nah, mulai hari ini hingga perhelatannya nanti, Duniaku akan memberikan profil para developer game yang berpartisipasi dalam ajang tersebut beserta karya yang akan dibawanya, dimulai dengan Slab Games.

Slab Games adalah studio berlokasi di Denpasar, Bali yang hanya beranggotakan dua orang saja, yaitu Hermanto selaku Game Designer dan Programmer, serta Bona Akbar yang merupakan Interactive Designer. Selain beberapa game untuk PC dan web, studio ini juga baru menelurkan dua game untuk mobile, yang pertama adalah kuis gokil Klompencapir yang dirilis di Google Play Store bulan Maret lalu. Terdengar sedikit aneh dan “nyeleneh” judul game yang merupakan singkatan dari KLOMpok PENderita CAcat PIkiRan ini. Namun, judulnya memang sesuai dengan game-nya, dimana dalam game ini kamu ditantang untuk segokil apa pikiranmu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan konyol dan gokil, yang terkadang jawabannya diluar logika. Game ini juga mengajak pemain untuk bernostalgia dengan pop culture era 90-an, dimana memang pertanyaan-pertanyaan yang disediakan banyak seputar mainan, anime hingga tokusatsu era tersebut.

Terkadang, ada juga beberapa pertanyaan yang jawabannya tidak ada di dalam pilihan yang disediakan. Namun, kamu dituntut untuk memiliki pikiran yang kreatif dan “diluar logika” untuk menjawabnya dengan memperhatikan objek-objek lain yang ada di sekitar layar. Contohnya saja, ketika kamu diberikan sebuah pertanyaan aritmatika penambahan, kamu tidak akan menemukan jawabannya di pilihan yang ada. Namun, dengan satu sentuhan di tanda “+”, maka tanda tersebut bisa berubah menjadi “x”, sehingga jawabannya ada di salah satu pilihan gandanya. Gokil bukan dan menantang kreatifitas pemain bukan?

Nah, game kedua yang dihadirkan Slab Games di bulan Agustus ini masih berkutat di seputar kuis, judulnya adalah TTS 2.0. Terdengar familiar? Memang, TTS 2.0 adalah modifikasi dari Teka Teki Silang standar yang biasa kamu jumpai di koran atau tabloid nasional. Tujuan permainannya satu, yaitu untuk mengisi semua kotak hitam dan putih yang kosong dengan huruf sehingga membentuk sebuah kata berdasarkan pertanyaan atau petunjuk yang diberikan. TTS 2.0 ini terbagi menjadi beberapa kategori pertanyaan menyesuaikan tema yang tengah menjadi topik pembicaraan, seperti Edisi Ramadhan dan Kemerdekaan. Ke depannya, game ini akan terus di-update dengan penambahan kategori baru menyesuaikan topik yang tengah hangat dibicarakan.

Yang membedakan game ini dari TTS standar adalah adanya permainan tambahan jika kamu bisa mengambil koin yang disediakan dan menukarnya dengan bonus yang ada sehingga mengubah jalannya permainan TTS yang mungkin membosankan menjadi jauh lebih menyenangkan. TTS juga akan semakin sulit seiring dengan bertambahnya kategori, dimulai dari TTS Tiga Serangkai yang hanya berisi tiga huruf setiap jawabannya, hingga TTS yang lebih sulit seperti Ulangan Umum yang lebih sulit dan jumlah huruf setiap jawaban yang lebih banyak.

Warna hitam putih dalam game ini juga didesain ulang, sehingga lebih berwarna dan lebih menarik untuk dimainkan. Akses ke pertanyaan juga lebih mudah, dimana kamu bisa langsung mengetahui pertanyaan yang harus kamu jawab langsung dengan menyentuh kotak yang memiliki angka. Slab Games juga menjanjikan akan terus memberikan update untuk game ini secara berkala, yang lebih menarik dan tanpa menghilangkan unsur-unsur khas TTS itu sendiri.

Ketika dihubungi Duniaku, Hermanto mengungkapkan harapannya mengikuti Duniaku INAICTA Showoff ini. “Harapan saya dan tim mengikut sertakan karya kita ke Duniaku INAICTA Showcase dan Showoff adalah agar game kita bisa lebih dikenal masyarakat luas dan juga untuk menginspirasi para developer game Indonesia untuk menghasilkan karya yang bagus dari segi kualitas keseluruhan,” ungkapnya. Untuk ajang Duniaku INAICTA Showoff nanti, Slab Games akan membawa dua game andalannya ini, Klompencapir dan TTS 2.0. Bagi kamu yang ingin mencoba dua game ini, langsung saja download Klompencapir di halaman ini dan TTS 2.0di halaman ini. Sampai ketemu di Duniaku INAICTA Showcase dan Showoff!


SHARE
Previous articleHIDE Kopassus, Karakter Spesial Point Blank untuk Rayakan Kemerdekaan Indonesia
Next articleReview Combo: Card Games Anyar Hasil Karya Anak Bangsa!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.