#GeekFromThePast Mobile Armored Strike Kommand (M.A.S.K)

M.A.S.K. adalah film seri kartun di TV tahun 1980-an yang diproduksi perusahaan Perancis, DIC Enterprises, dibuat berdasarkan kerja sama dengan perusahaan mainan Amerika, Kenner, pemilik dari merek dagang /media franchise M.A.S.K. yang aslinya merupakan seri action figures. Animasinya dibuat oleh beberapa studio Asia, yaitu KK C&D Asia, Studio Juno, Studio World, dan Ashi Production.

Memiliki total episode sebanyak 75 yang disiarkan di beberapa jaringan stasiun televisi dari tahun 1985 hingga 1986. Dengan bertemakan kendaraan yang dapat berubah bentuk, M.A.S.K. adalah satu dari banyak kartun yang disiarkan di tahun 80-an, untuk merek dagang produk mainan anak-anak. Film ini bisa dilihat sebagai hasil penyilangan dari 2 kartun populer dari era itu, yaitu “G.I. Joe: A Real American Hero” dan “The Transformers”.

 

Seri ini menampilkan pasukan khusus independen bernama Mobile Armored Strike Kommand yang disingkat M.A.S.K., dipimpin oleh Matt Trakker melawan organisasi kriminal bernama Vicious Evil Network of Mayhem, disingkat V.E.N.O.M. dibawah pimpinan Miles Mayhem, dimana anggota dari masing-masing kelompok memiliki kendaraan canggih yang dapat berubah bentuk, selain juga memiliki topeng /helm khusus, untuk sebagian besar karakternya.

Tidak pernah dibuat penjelasan mengenai organisasi kriminal apakah tepatnya V.E.N.O.M. itu. Yang terlihat adalah mereka nampaknya bukan tipe penjahat yang ingin menguasai dunia, rencana kejahatan mereka biasanya berkisar tentang mencari keuntungan dari kegiatan ilegal atau menjadi tentara bayaran.


 

Tema kendaraan canggih yang dapat berubah bentuk di seri ini, kemudian bisa dilihat juga mucul di film lain, seperti seri animasi Vor-Tech dari tahun 1990-an, dan A.T.O.M. dari tahun 2005.

Pengembangan M.A.S.K dilakukan oleh perusahaan mainan Kenner sekitar tahun 1985, sebagai bagian dari jajaran produk mainan baru mereka, bersama dengan seri animasi TV-nya untuk membantu promosi. Berkisar tentang perseteruan antara M.A.S.K. dan V.E.N.O.M. sebagai plot dasarnya. Beragam produk yang telah dihasilkan setelah peluncurannya di tahun 1985 antara lain 4 set seri action figure, seri animasi TV, lalu video game dan komik.

Pelucuran seri animasinya berada dalam periode yang sama dari 2 set seri pertama action-figure-nya. Dalam penayangannya selama 2 season (1985 – 1986), filmnya kebanyakan berfokus menampilkan figur-figur yang muncul di 2 seri pertama produk mainan tersebut. Dari tahun 1987 – 1988, diluncurkan lagi 2 set seri baru, yang temanya melenceng dari tentang melawan kejahatan dan terorisme menjadi terfokus pada tema balapan. Setiap set seri mainannya menampilkan kendaraan biasa yang dapat berubah menjadi kendaraan tempur, yang juga diikutsertakan dengan 1 atau 2 pengendara dengan topeng uniknya.

Kenner juga memproduksi sendiri komik untuk M.A.S.K., peluncuran pertamanya merupakan 3 komik mini yang dikemas dengan mainan dari set seri pertamanya tahun 1985. Setelah kesuksesannya, DC Comics membeli hak-nya dan membuatkannya “DC special insert previews” (komik sisipan untuk preview) yang muncul pada beberapa komik terbitan September 1985. Pada Desember 1985 dimulai mini-seri 4 edisi, yang langsung diikuti komik seri tetap sepanjang 9 edisi. Juga diproduksi 2 komik M.A.S.K. Annual pada tahun 1986 dan 1987.

Komik DC ini juga dicetak ulang di Inggris pada majalah komik mingguan Fleetway, memasukkan cerita petualangan baru hasil ilustrasi dan penulis dari Inggris, yang mana bertahan hingga 80 edisi.

Tahun 2011 terdapat versi penggambaran baru dari M.A.S.K. diperlihatkan oleh Hasbro di Comic Con New York. Ditampilkan tetap sebagai pemimpin tim adalah Matt Trakker, namun M.A.S.K. merupakan instansi penegak keadilan semu yang bergerak lepas, memerangi korupsi di Detroit, V.E.N.O.M. tidak lagi menjadi lawan utamanya. Trakker disini merupakan polisi bukan lagi sebagai orang kaya yang baik hati, anggota tim lainnya juga menjadi berbeda.

Awal tahun 1987 juga pernah dibuat game dari merek dagang ini, oleh pengembang software Inggris, Gremlin Graphics, yang membuat trilogy game komputernya untuk berbagai komputer format 8-bit. Ketiga Game ini dibuat untuk format ZX Spectrum, Commodore 64 dan Amstrad CPC, sementara untuk game kedua dan ketiganya ditambahkan untuk format MSX.

Game pertamanya adalah “MASK I”, game tampilan vertikal, 2D, dimana pemain mengendalikan kendaraan Thunderhawk. Dasar ceritanya adalah V.E.N.O.M. berhasil melempar Boulder Hill, markas M.A.S.K., ke dalam suatu “time vortex”/ pusaran waktu, pemain harus menyelamatkan anggota tim lain dengan cara mengumpulkan bagian dari sebuah alat yang dapat mengarahkan ke lokasi dari para anggota yang hilang.

Game keduanya “MASK II” juga dilepas tahun 1987, game shoot-em-up, orizontal scrolling, 2D. Menampilkan lebih banyak kendaraan M.A.S.K., yang sebelum game dimulai, pemain melalui proses pemilihan kendaraan yang akan digunakannya dahulu. Hanya satu kendaraan yang bisa dikendalikan, namun kendaraan yang digunakan dapat dipertukarkan.

Game terakhir dari trilogy ini adalah “MASK III – Venom Strikes Back”, merupakan game shoot-em-up, tampilan horizontal, 2D, yang dilepas tahun 1988. Ceritanya adalah V.E.N.O.M. yang menculik Scott Trakker dan menahannya di bulan. Pemain mengendalikan Matt Trakker (dalam baju angkasa) melalui serangkaian layar statis, menampilkan landasan2 puzzle dan rintangan2 yang dapat dilewati dengan menggunakan kemampuan dari berbagai macam topeng /helm M.A.S.K.. Pemain dapat memilih hingga 4 topeng /helm sekaligus, namun hanya dapat menggunakan kemampuannya bergantian, berbagai topeng /helm juga dapat ditukar-tukar di tempat2 tertentu dalam permainan.


SHARE
Previous articleINAICTA: 8 Nominator Utama Dari Kategori Game Siap Bertarung Di Fase Penjurian Final INAICTA 2013!
Next article#GeekFromThePast By the Power of Greyskull, I Have the Powerrr! – He-Man Masters of the Universe
Green Gentleman | Urban Walkers | Monstrologist & Cryptozoologist | WWII Maniac | Boardgamers & Digital Gamers | Founder of Pure Ink Creative Studio + Movies Explorer Club + World Mythology Community + Gotham Citizen Club.