Gamescom 2013: Jurus Kedua Setelah Koneksi Dengan PS4, Menurunkan Harga PS Vita!

Melalui event tahunan Gamescom 2013 yang berlangsung mulai kemarin, Sony membawa banyak kabar mengenai game yang akan hadir melengkapi konsol dan handheld mereka setahun ke depan. Dan kabar yang satu ini pun sudah ditunggu-tunggu oleh mayoritas pengguna mesin game mereka, khususnya PlayStation Vita (PS Vita). Apalagi yang tinggal di luar Jepang, dan sempat tergoda kabar penurunan harga handheld tersebut pertengahan Februari lalu, menjadi hanya ¥19,980, atau sekitar Rp. 2 jutaan saja. Wajar saja beberapa bulan belakangan kita mendapati PS Vita di pasaran lokal pun (yang versi Asia tentunya) harganya terkerek ke level terendah sejak pertama kali dirilis akhir 2011 lalu, dan di jual dengan harga sekitar Rp 2.2 – 2.4 jutaan (untuk versi WiFi).

Menyusul kebijakan harga versi Jepangnya, selama Gamescom 2013 melalui konferensi pers-nya Sony mengungkapkan langkah penurunan harga untuk handheld mereka tersebut. Kini PS Vita bisa didapatkan dengan harga hanya US $199.99 saja di wilayah Amerika Utara dan €199 di eropa, atau turun dari price tag awalnya $250/€300, membuatnya menjadi pilihan yang sangat affordable bagi mereka penggemar game mobile yang menginginkan sebuah platform yang kemampuannya nyaris setara konsol. Oh ya, harga baru tersebut berlaku baik untuk versi WiFi dan 3G — sepertinya para “agan” yang punya lapak PS Vita BNIB harus segera merevisi harga dagangannya nih… hehe!

Dengan banyak game yang juga dikonfirmasikan bakal dikembangkan untuk PS Vita, seperti Killzone Mercenary dan Tearaway, plus yang menjadi senjata andalan Sony untuk mendongkrak penjualan PS Vita, adalah kemampuan PlayStation 4 (PS4) dikendalikan melalui handheld tersebut melalui sistem “Remote Play,” (baca juga di sini atau dari sini), maka seharusnya saat ini menjadi kesempatan terbaik bagi para calon pemilik PS Vita untuk mulai membelinya….

Varian PS Vita

Harga Sebelumnya

Harga Baru

PS Vita Wi-Fi Amerika Utara / Kanada

$249.99

$199.99

PS Vita 3G/Wi-Fi Amerika Utara / Kanada

$299.99

$199.99

PS Vita Wi-Fi Eropa

€249.99

€199.99

PS Vita 3G/Wi-Fi Eropa

€299.99

€199.99

Patokan harga baru tersebut berlaku untuk semua sistem PS Vita yang tesedia di pasaran, termasuk bundle limited edition PS Vita The Walking Dead yang diluncurkan baru-baru ini. Selain itu, Sony juga menurunkan harga memory card PS Vita. Seperti terlihat pada tabel berikut:

Kapasitas Memory Card

Harga Sebelumnya

Harga Baru

Memory Card untuk PS Vita 4GB

$19.99

$14.99

Memory Card untuk PS Vita 8GB

$29.99

$19.99

Memory Card untuk PS Vita 16GB

$59.99

$39.99

Memory Card untuk PS Vita 32GB

$99.99

$79.99

Jadi bagaimana Citizen, apakah kalian akan mulai berpikir membeli PS Vita akhir tahun ini, atau awal tahun depan? Handheld tersebut bisa menjadi “kontroler yang mahal” untuk hampir semua game PS4 (selain juga semua smartphone dan tablet Xperia terbaru), sekaligus mengendalikan konsol tersebut dari mana saja. Namun sayangnya, karena beberapa pekan ini keadaan ekonomi Indonesia sedang bergejolak, dan nilai tukar rupiah terhadap dolar terus tertekan, penurunan harga tersebut sepertinya tidak terlalu banyak berimbas pada harga jual PS Vita di pasar lokal. Khususnya mereka yang menjual PS Vita dari Amerika. Namun PS Vita Asia dari Jepang, seharusnya harganya tidak terpengaruh, dan kamu akan tetap mendapatkan PS Vita murah dengan harga sekitar Rp. 2.2 hingga 2.5 jutaan.

PS Vita Developer Diary: Conversations with Creators