Gamescom 2013: Microsoft Amankan Peggle 2, Game Unggulan PopCap Ini Juga Untuk X1

Selain Plants vs. Zombies, PopCap Games juga memiliki game unggulan lainnya, yaitu Peggle. Game puzzle ini memulai debutnya untuk PC dan Mac tahun 2007 lalu, dan hingga kini sudah mendapatkan port untuk Xbox Live Arcade, PlayStation Network, Nintendo DS, Windows Mobile, iOS, dan Android. Bahkan juga ada port aplikasi Java, serta menjadi minigame di dalam game MMO World of Warcraft.

Dengan prestasi download lebih dari 50 juta, susah untuk membuat sekuel terbaru Peggle tidak menarik perhatian produsen suatu platform untuk merayu PopCap agar menjadikannya sebagai game eksklusif. Setidaknya tidak akan eksklusif, karena Peggle 2 yang pertama kali dikonfirmasikan selama event E3 2013 lalu kini menjadi game yang dirilis pertama kali untuk Xbox One ketika konsol tersebut dirilis 27 November mendatang. Selain Peggle 2, Plants vs. Zombies: Garden Warfare. juga menjadi game timed exclusive alias dirilis pertama untuk konsol Microsoft.

Peggle — It’s Fever Time!

Mungkin kita di Indonesia lebih mengenal Plants vs. Zombies, namun di luar sana Peggle termasuk game yang memiliki rekor download fantastis. Seperti tipikal game puzzle casual lainnya, Peggle sebenarnya sederhana, namun begitu adiktif. Di sini kamu perlu membidik bola silver dari atas layar ke arah peg (bulatan) berwarna yang ditata dengan susunan tertentu yang berbeda setiap stage-nya, dengan tujuan utama untuk mengenai semua peg oranye pada setting tersebut dan menyelesaikan stage.

Selain peg oranye, juga ada peg lain yang memantulkan bola silver. Yaitu peg ungu yang fungsinya meningkatkan nilai dan peg hijau untuk melancarkan ability spesial dari Peggle Master (ada di sisi kiri layar), yang akan membantumu selama permainan. Ability tersebut seperti melepaskan bola kedua, atau menunjukkan dimana bola tersebut akan memantul sebelum kamu menembakkannya. Bola tambahan bisa didapatkan dengan mendapatkan nilai terbesar, atau menangkap bola yang terjatuh di dalam lubang di bagian dasar layar.

Kesederhanaan konsep Peggle yang esensinya menjadi perpaduan dari mainan pachinko (dari Jepang) dan bagatelle (cikal bakal pinball dari Inggris) tersebut mampu menyihir banyak gamer. Entah mereka yang pemain casual, dan bahkan gamer veteran untuk terus memainkannya. Gameplay yang singkat dan mudah dimainkan kapan saja, mampu membuat siapa pun berambisi mengejar nilai tertinggi atau menemukan cara tercepat menyelesaikan suatu stage.

Bukan sekadar tembakkan bole silval, karena seperti tipikal game puzzle, unsur physic juga terasa di sini. Terkadang bola yang kamu tembakkan dengan kuat, ternyata belum tentu bisa membersihkan semua peg oranye. Jadi ada rute lain yang bisa kamu arahkan agar bole silver tersebut bisa mengenai peg oranye yang tersisa.

Untuk sekuelnya ini, mekanisme permainannya tetap sederhana, dan juga masih santai serta menarik. Kamu juga bisa mengambil objective sekunder, seperti mencapai limit nilai tertentu, atau membersihkan semua pegs pada map. Peggle 2 nanti akan datang kembali dengan lebih dari 100 level baru, dan juga pilihan Peggle master lainnya selain yang kita kenal dari prekuelnya. Semoga saja versi untuk platform lain, terutama mobile, tidak terlalu lama setelah muncul untuk X1.

Peggle 2 — Gameplay Reveal Trailer

Peggle 2 Extreme Announcement Fever