Gamescom 2013: Microsoft Mengawali Dengan Pamer Launch Title dan Membuka Program ID@Xbox

Walaupun Microsoft menuai banyak kritik pasca mengumumkan Xbox One (X1), dan ronde pertama pertarungan frontalnya dengan PlayStation 4 (PS4) jelas dinilai tidak sebaik konsol Sony, namun raksasa Redmond itu mendengarkan “jeritan” penggemarnya, dan terus berbenah. Lihat saja langkah baik mereka, seperti merubah aturan bagi publisher indie untuk bisa mem-publish sendiri gamenya, meningkatkan kecepatan GPU X1, menenangkan gamer dengan tidak “memata-matai” mereka, hingga jaminan migrasi konten Xbox 360. Kini melalui event Gamescom 2013 yang digelar di Jerman, Microsoft mengungkap beberapa kejutan X1 lainnya, yang diharapkan membuat konsol tersebut menjadi lebih baik menjelang perilisannya akhir November mendatang.

Microsoft mengawalinya dengan merilis daftar game yang ikut menemani penjualan hari pertama konsol mereka. Kami sudah memberikan daftar game yang direncanakan rilis untuk kedua konsol generasi delapan pada artikel sebelumnya. Sedangkan untuk launch title X1, berikut daftar pernyataan resmi Microsoft selama Gamescom.

  1. Assassin’s Creed IV Black Flag (Ubisoft, Ubisoft)
  2. Battlefield 4 (DICE, Electronic Arts)
  3. Call of Duty: Ghosts (Infinity Ward, Activision)
  4. Crimson Dragon (Grounding/Land Ho!, Microsoft Studios)
  5. Dead Rising 3 (Capcom Vancouver, Microsoft)
  6. FIFA 14 (EA Sports, Electronic Arts)
  7. Fighter Within (AMA Ltd., Ubisoft)
  8. Forza Motorsport 5 (Turn 10 Studios, Microsoft Studios)
  9. Just Dance 2014 (Ubisoft Paris, Ubisoft)
  10. Killer Instinct (Double Helix, Microsoft Studios)
  11. LEGO Marvel Super Heroes (TT Games, Warner Bros. Interactive)
  12. Lococycle (Twisted Pixel, Microsoft Studios)
  13. Madden NFL 25 (EA Sports, Electronic Arts)
  14. NBA 2K14 (Visual Concepts, 2K Sports)
  15. NBA LIVE 14 (EA Sports, Electronic Arts)
  16. Need for Speed: Rivals (Ghost Games, Electronic Arts)
  17. Peggle 2 (Popcap, Electronic Arts)
  18. Powerstar Golf (Zoe Mode, Microsoft Studios)
  19. Ryse: Son of Rome (Crytek, Microsoft Studios)
  20. Skylanders: Swap Force (Vicarious Visions, Activision)
  21. Watch Dogs (Ubisoft Montreal, Ubisoft)
  22. Zoo Tycoon (Frontier Developments Ltd., Microsoft Studios)
  23. Zumba Fitness: World Party (Zoë Mode, Majesco)

The Best Games Are on Xbox One

Jumlah tersebut sama dengan yang ditawarkan Nintendo untuk Wii U ketika dirilis November 2012 lalu. Sedangkan untuk PS4, meskipun kami belum mendapatkan pernyataan resmi Sony, namun dari kliam beberapa publisher dan Sony untuk game yang meluncur ketika konsol itu tersedia di hari pertamanya setidaknya ada sekitar 20-an game. Yah, bisa dikatakan seimbang lah! UPDATE: Sony sudah memberikan daftar launch title-nya, yang bisa kalian lihat di artikel ini.

Kemudian selama Gamescom, Microsoft juga mengungkapkan jika semua pre-order X1 dari Eropa akan mendapatkan kopian gratis FIFA 14. Bahkan pre-order yang sudah diajukan sebelumnya tetap akan mendapatkan game tersebut secara cuma-cuma. Hal itu berkenaan dengan promo bundel kerjasama Microsoft dan EA, yang ditawarkan untuk X360 dan X1. Untuk X360, ditawarkan bundel konmsol dan FIFA 14 seharga £199, atau sekitar Rp. 3.3 jutaan, dan tersedia ketika FIFA 14 dirilis 27 September nanti. Sedangkan untuk pre-order X1 plus FIFA 14 dihargai £429 di Eropa sana, atau sekitar Rp. 7 jutaan.

Selain bundel FIFA 14, untuk Eropa Microsoft juga menawarkan bundel Call of Duty: Ghosts, yang berisi bonus konten eksklusif, map pack. Tidak diketahui apakah map pack dan bundel tersebut juga akan diterima oleh pengguna di region lain. Berhubungan dengan Ghost, yang baru saja diberitakan akan mendapatkan mode multiplayer yang lebih baik, rupanya untuk versi X1 Infinity Ward akan memanfaatkan fasilitas server awan untuk menjadi host servers mode multiplayer-nya. Selain itu mode multiplayer baru yang disebut Blitz juga didemokan selama Gamescom.

Pembukaan Gamescom tahun ini juga menandai dibukanya kesempatan developer independen yang ingin memasukkan aplikasi mereka melalui “Independent Developers @ Xbox” (atau “ID@Xbox.” Program self publishing yang diungkapkan pertengahan Juli lalu melalui xbox.com/id tersebut baru dikhususkan untuk developer yang sudah memiliki track record selama tahap awal program ini, yang akan dimulai akhir tahun mendatang. Yah, memang Sony sudah selangkap lebih maju karena mereka sudah menggandeng developer indie sejak tahun 2011 lalu, namun langkah Microsoft ini pasti disambut baik oleh para developer indie yang tertarik untuk mengembangkan game untuk konsol mereka. Begitu aplikasi yang ditawarkan masuk program ID@Xbox ini, para peserta akan menerika dua development kits Xbox One gratis, serta akses penuh ke Achievements, toolset Xbox Live, cloud service, Kinect dan SmartGlass agar bisa digunakan untuk game mereka.


SHARE
Previous articleINAICTA: 8 Finalis Dari Kategori Game Perguruan Tinggi!
Next articleGamescom 2013: Microsoft Umumkan Daftar Game yang Pasti Dikembangkan Untuk Xbox One
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.