Gamescom 2013: Sony Pastikan Tanggal Rilis PS4 Pada 15 November, Bagaimana Dengan X1?


Sebelumnya beberapa kali kami menuliskan bahwa Microsoft akan merilis Xbox One (X1) pada 27 November mendatang. Tanggal tersebut memang tidak dipastikan oleh Microsoft, karena mereka hanya menyebutkan bulannya saja, yaitu November. Sedangkan tanggal 27 didapatkan berdasarkan data placeholder untuk informasi mereka yang memesan pre-order melalui beberapa retailer online, bukan tanggal rilis resminya. Sony sendiri sebelumnya bungkam, tanggal berapa mereka akan merilis PlayStation 4 (PS4). Hingga melalui pernyataan media mereka kemarin, dengan tegas dan percaya diri Sony mengatakan jika PS4 akan mulai dijual pada 15 November 2013 mendatang.

Tanggal tersebut cocok dengan prediksi awal kami. Ketika diduga Microsoft berkomitmen akan merilis X1 pada 27 November 2013 mendatang, dan dengan arus perputaran uang paling besar selama akhir tahun (bonus keluar, liburan panjang), Sony seharusnya juga merilis konsol mereka antara awal Oktober sampai akhir Desember. Para retailer yang hampir pasti tidak mau terjadi tanggal penjualan konsol di hari yang sama, jadi awalnya kita menyimpulkan Sony akan merilis PS4 antara awal Oktober, minggu kedua November, atau bisa juga selama Desember mendatang. Ternyata benar, PS4 akan muncul 15 November mendatang.

Sekarang bagaimana dengan X1? Yang jelas 27 November belum pasti. Dan seandainya memang sudah pasti, dan Microsoft mengetahui jika PS4 dirilis lebih awal, mereka yang memang tidak ingin konsolnya Sony lebih unggul, apalagi mengingat makin ada batasan dimana X1 bisa didapatkan, Microsoft bisa jadi memajukan jadwal rilis X1 menjadi, misalnya akhir Oktober, atau awal November 2013, jika memang tidak ingin spotlight peluncuran awal dicuri oleh Sony tahun ini.

Sedangkan untuk PS4, Sony tidak seketat Microsoft menyediakan konsol mereka ke pasaran. Tanggal 15 itu khusus untuk Amerika Utara dan Kanada saja, menyusul kemudian di Eropa dan Amerika Latin akan menikmatinya pada 29 November 2013. Detail negaranya antara lain untuk Eropa, yang termasuk dalam daftar adalah Australia, Austria, Belgia, Denmark, Finlandia, Prancis, Jerman, Irlandia, Italia, Luksemburg, Belanda, Selandia Baru, Norwegia, Polandia, Portugal, Rusia, Spanyol, Swedia, Swiss, dan Inggris Raya. Sedangkan negara Amerila Latin yang mendapatkannya bersamaan dengan Eropa antara lain, Argentina, Brazil, Chili, Kolombia, Kosta Rika, El Salvador, Guatemala, Meksiko, Panama dan Peru, dengan total 32 negara di awal penjualannya, dengan harga $399 / £349 / €399. Data lain yang kami dapatkan, Sony mengklaim sudah ada 1 juta unit yang dipesan pre-order.

Coba bandingkan dengan negara yang menjadi target rilis X1, yang hanya 13 negara saja, yaitu Australia, Austria, Brasil, Kanada, Prancis, Jerman, Irlandia, Italia, Meksiko, Spanyol, Inggris Raya, Amerika Serikat dan Selandia Baru. Memang Belgia, Denmark, Finlandia, Belanda, Norwegia, Rusia, Swedia dan Swiss awalnya juga menjadi target penjualan Day One X1, namun statusnya ditunda dalam waktu yang belum bisa ditentukan. Dan walaupun Microsoft sendiri memberi insentif game gratisan, atau daftar launch title-nya juga lebih menarik dengan banyak game eksklusif dibandingkan konsol Sony, namun sepertinya PS4 lebih menggiurkan seandainya sudah tersedia lebih awal di wilayah tersebut. Atau ada kejutan lain dari Microsoft, seperti misalnya, mereka merevisi target perilisan X1, dan mereka memasukkan kembali kedelapan negara tersebut? Kita tunggu saja kabar selanjutnya… !!


SHARE
Previous articleGamescom 2013: Jurus Kedua Setelah Koneksi Dengan PS4, Menurunkan Harga PS Vita!
Next articleGamescom 2013: Mengintip Fitur Remote Play Plus Trailer Live Action dari Assassin’s Creed IV: Black Flag
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.