Gamescom 2013: PlayStation 4 Telah Mengantongi Daftar 180 Judul Game Dari 620 Developer

 

Sony sudah menentukan kapan PlayStation 4 (PS4) akan dirilis, dan mereka mengatakan sudah ada 1 juta pre-order yang masuk memesan konsol tersebut yang terkumpul dari placeholder para retail di seluruh dunia (awalnya ada yang menyebutkan jumlah 3 juta), bahkan para retailer mengatakan tidak menerima lagi pemesanan awal konsol tersebut. Namun selama Gamescom Sony mengatakan bahwa mereka akan menambah jatah jumlah retail untuk konsol tersebut pada hari pertamanya nanti. Itu berarti masih ada kesempatan bagi mereka yang tidak memesan awal untuk mendapatkannya ketika dirilis 15 November dan 29 November mendatang.

Bagaimana kita di Indonesia? Melihat begitu antusiasnya pasar game pada kedua konsol next gen ini, dan begitu cepatnya jatah pre-order ludes, penulis sendiri sangsi ada importir yang bisa mendapatkannya dengan cepat. Setidaknya mungkin baru ketika perilisan di wilayah Eropa dan Amerika Latin saja kita akan mulai mendapati konsol tersebut ditawarkan di pasar lokal. Apalagi selama Gamescom yang memang event dengan fokus showcase game dari developer Barat, nama Jepang (atau setidaknya negara Asia) pun tidak disebut-sebut sebagai salah satu wilayah dimana perilisan awal PS4 berlangsung. Padahal beberapa mesin Sony dengan harga terjangkau yang beredar di Indonesia banyak yang berasal dari Jepang / Asia.

Lebih lanjut selama Gamescom 2013, Sony juga menyebutkan beberapa game first-party yang menemani PS4 ketika peluncurannya, seperti Killzone Shadow FallDriveClub dan Knack. Pemilik PS4 juga perlu berlangganan layanan PlayStation Plus agar bisa memainkan game secara online multiplayer, yang mana bukan masalah untuk PS3 atau PS Vita yang digratiskan. Namun Sony memberikan fasilitas gratis 14-day langganan PS Plus termasuk akses ke judul game yang menjadi koleksi Instant Game Collection.

Sony juga mengatakan bahwa game yang menemani peluncuran konsol mereka nanti tidak hanya dirilis secara retail saja. Game-game dari Activision, EA, Ubisoft atau Warner Bros yang masuk ke PS4 tersebut juga memiliki versi digital-nya dengan harga yang jauh lebih murah dari versi retail (lihat di sini daftarnya). Sayang belum diungkapkan berapa harga versi digital download-nya.

Selain game yang sudah mereka konfirmasikan akan dirilis untuk PS4 di awal hari peluncurannya nanti, Sony mengungkapkan mereka sudah menyiapkan 33 game yang masuk ke periode launch frame (15 diantaranya dari SCE Worldwide Studios), dan seharusnya akan dirilis hingga akhir tahun nanti. Layanan streaming online Twitch yang sebelumnya sudah dikonfirmasikan mendukung Xbox One untuk membagikan konten video selama permainanmu, selama Gamescom juga dipastikan langsung built-in PS4, dan kamu bisa mengaktifkannya untuk membagikan video semudah menekan Share Button pada DualShock 4. Demikian menjadikan PS4 sebagai konsol yang secara menjalankan Twitch langsung, seandainya Xbox One dirilis setelah tanggal 15 November.

Saat ini sudah ada lebih dari 180 judul game dikembangkan untuk PS4, seperti: Destiny, Diablo 3, Mad Max, Witcher 3, The Divison, Dragon Age: Inquisition, dan yang eksklusif seperti Shadow of the Beast, The Order:1886, inFamous: Second Son, Rime, Hell Divers, Everybody’s Gone to The Rapture, dan Resogun.

Sejak Juni 2013 lalu, developer yang memastikan diri mendukung PS4 meningkat dari 500 menjadi 620.

Selain itu, Sony juga memasukkan aplikasi The PlayRoom (baca preview-nya di sini) untuk semua sistem PS4, dan memberi fasilitas tutorial bagi user untuk menggunakan beragam fitur keren DualShock 4, seperti touch pad dan light bar. Selain itu jika kamu juga langsung membeli PlayStation Camera, juga bisa menggunakan teknologi augmented reality melalui The PlayRoom, yang ditawarkan melalui AR BOTS, PLAY WITH ASOBI dan AR HOCKEY.

Oh ya, selama presentasi mereka untuk Gamescom, pimpinan Sony Worldwide Studios, Shuhei Yoshida membuka event tersebut dengan mendemokan antar muka PS4. Yang keren sih, dia membuka presentasi ini tanpa berkata sepatah kata pun! Lihat saja videonya di bawah!

Shuhei Yoshida kicks off Gamescom 2013 | #PlayStationGC


SHARE
Previous articleDuniaku Showcase: Keuntungan Besar Yang Bisa Kalian Dapatkan!
Next articleGamescom 2013: Castlevania: Lords of Shadow 2 Siap Hadir Februari 2014!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.