[Kuliah Om Jas] Apa Pentingnya Antarmuka Game?

Waktu kita main game, seringkali kita melihat ada semacam bar penunjuk life atau power, atau gambar hati berjumlah 3 atau 5, sebenarnya itu apa sih? Dan apa tujuannya? Nah, yang kita lihat itu namanya antarmuka game. 

Sebelum kita membahas apa pentingnya antarmuka, kita harus mengenal itu apa itu antarmuka. Antarmuka (interface) adalah salah satu layanan yang disediakan sistem operasi sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan sistem operasi. Dengan kata lain, antarmuka adalah komponen sistem operasi yang bersentuhan langsung dengan pengguna. Dalam konteks game berarti komponen yang menghubungkan antara gamer dan sistem game di dalamnya. Antarmuka bisa berupa icon, gambar ataupun tulisan yang menjelaskan tentang apa yang terjadi dalam game, misalnya jumlah life point, jumlah nyawa, score, atau action-action yang bisa dipilih. Antarmuka memungkinkan pemain untuk mengerti apa yang sedang terjadi dalam game tanpa perlu bolak balik melihat buku manual atau help screen.

Lalu, apa tujuan seorang pengembang game membuat antarmuka? Yuk kita bahas satu per satu:

1. Interaksi

Antarmuka memungkinkan pemain berinteraksi dengan game. Jadi sifat antarmuka itu menerjemahkan data di antara logika game dengan pemain. Selain itu Antarmuka memberitahukan kepada pemain apa yang terjadi dalam game dan membiarkan pemain merespon sesuai keinginannya. Tanpa antarmuka pemain tidak tahu apa yang harus dilakukannya.

2. Informasi

Antarmuka menampilkan informasi tentang setting, karakter, objek dan event dalam game. Informasi ini memungkinkan pemain utnuk mengambil keputusan. Image yang terdapat dalam game seringkali menampilkan informasi lebih efisien dan efektif daripada teks. Dapat dilakukan melalui ilustrasi, icon, maupun representasi simbolik.

3. Ciri Khas Visual

Seringkali antarmuka bahkan menjadi ciri khas visual pada game tertentu, coba lihat game Diablo 2 yang terkenal dengan Health bentuk lingkaran merah dan Mana bentuk lingkaran biru, setiap ada yang melihat antarmuka semacam ini, bagi pemain Diablo 2 pasti akan teringat dengan antarmuka game tersebut. Atau Kingdom Hearts yang bentuk life barnya memutar. Ilustrasi yang detail dapat memberikan sebuah feeling yang hebat untuk image setiap karakter atau warna lokal untuk sebuah setting.

Nah, setelah tahu tujuannya, pastinya kita ingin tahu apa saja tips untuk bisa membuat antarmuka game yang menarik bukan? Sebagai para calon pengembang game, om jas kasih tahu beberapa tips untuk merancang antarmuka game yang menarik.

1. Kesederhanaan

Buat sebuah antarmuka yang mudah dimengerti dan tidak membutuhkan terlalu banyak manual. Informasi harus diakses dan direspon tanpa banyak langkah-langkah penengah, perintah atau banyak penekanan tombol. Informasi di layar adalah informasi yang dibutuhkan oleh pemain, informasi lain dapat muncul ketika pemain menginginkannya. Pemain jangan sampai kesulitan untuk mengerti penggunaan keyboard, mouse, joystick, dsb untuk memainkan game tersebut.

2. Konsistensi

Pemain harus dapat melakukan hal yang sama di manapun dalam game. Untuk menemukan informasi vital di tempat yang sama kapanpun. Menggunakan logika dalam layout memungkinkan pemain untuk mengantisipasi di mana informasi dapat ditemukan dan bagaimana perintah dapat dieksekusi dalam bagian yang berbeda pada game. Jadi jangan sampai pada saat tertentu sebuah bar melambangkan life point, di waktu lain dia melambangkan magic point, padahal tempat dan warnanya sama.

3. Buat Pemain Mengingat

Ibaratnya sebuah novel dengan ilustrasi yang menarik, sebaiknya game juga memiliki antarmuka yang unik dan menarik sehingga dapat membuat pemain selalu teringat akan antarmuka yang dilihatnya. Coba lihat dan analisis antarmuka menu game Eternal Grace yang pernah om Jas buat.

Hal-hal yang perlu kita ingat saat akan mendesain sebuah antarmuka game yaitu, sering-sering buat mock up. Dengan mock up kita memiliki banyak kemungkinan yang akan jadi inspirasi kita ke depannya. Jangan lupa juga untuk menentukan warna game kita sebelum membuat antarmuka. Warna adalah bagian yang sangat penting dalam sebuah antarmuka. Apa warna game kita? Ini adalah pertanyaan yang harus kita jawab di awal. Siapapun yang melihat antarmuka yang kita buat harus memiliki kesan terhadap keseluruhan game yang kita buat.

Selain itu, teruslah mengeksplorasi game-game yang sudah terkenal dan sudah ada dengan antarmuka yang unik. Buat Daftar – Duduk dan mulai menulis ide-ide kita ketika kita sudah mengekspresikan diri. Mungkin saja ide bagus kita belum cocok di suatu game, namun bisa cocok di game lain. Cari dan Download banyak image dari Internet untuk mendapatkan sesuatu yang bisa menjadi inspirasi bagi desain kita.

Satu hal yang selalu harus kita ingat, Jangan Terlalu Tertutup Dengan Idemu Sendiri! Sebuah kesalahan besar pada banyak perancang adalah mereka terlalu tertutup dengan ide mereka sendiri dan tidak mengerti trend pasar. Kadangkala apa yang diinginkan produser bisa mengubah total desain antarmuka, komunikasikan hal ini dengan baik sebelum desain kita terbuang sia-sia.

Last, but not least ada satu aturan khusus tentang antarmuka yang jarang diingat, baca baik-baik ya. “Bila Pemain dapat memainkan game dengan mudah tanpa bolak-balik melihat fungsi antarmuka, maka antarmuka Anda Sukses. Bila pemain bolak-balik melihat antarmuka dan harus berjuang untuk mengerti, maka Anda Gagal.

Demikian Kuliah Om Jas tentang pentingnya antarmuka dalam game, semoga bisa menambah ilmu dan pengetahuan kita mengenai antarmuka dalam game. Jangan lewatkan kuliah om Jas berikutnya yang tentunya akan lebih menambah wawasan kita tentang pengembangan game.


SHARE
Previous articleSebelum Melayang Dalam Asphalt 8: Airbone, Baca Dulu Panduan Dasar Untuk Memainkannya
Next articleGamescom 2013: LittleBigPlanet HUB, Dimana Para Artis Sackboy Bisa Dapatkan Konten Eksklusif
Saya adalah seorang penggemar game sekaligus pembuat game. Sehari-hari bekerja sebagai dosen konsentrasi Pengembangan Game, Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Teknologi Informasi di Universitas Kristen Satya Wacana. Saat ini mendirikan sebuah studio game indie yang bernama Enthrean. Karena saya penggemar JRPG, impian saya adalah membuat studio game yang bisa menyaingi ketenaran Square Enix.