Sebelum Melayang Dalam Asphalt 8: Airbone, Baca Dulu Panduan Dasar Untuk Memainkannya

Akhirnya game racing paling ditunggu dari Gameloft, Asphalt 8: Airbone dirilis hari ini untuk iOS dan Android. Melalui game ini Gameloft membawa serial Asphalt ke level baru. Bukan sekadar aktifkan turbo dan melesat cepat di atas jalanan beraspal, namun mobil yang kamu kendalikan akan berkompetisi dengan rival sambil merasakan udara yang lebih lega dan melakukan barrel roll sambil masih berada di balik kemudi. Dan untuk mengiringi perilisannya, berikut beberapa tips dasar yang bisa kamu terapkan selama memainkannya.

Sistem drift-nya mudah dipelajari. Bisa kamu mulai dengan menyentuh sisi kiri layar, dan kemudian mengendalikan arah belokan mobilmu dengan memiringkan smartphone/tabletmu. Setelah kamu melakukan gerakan tersebut, lepaskan tombol untuk menghentikan drift. Lebih baik kamu menyimpan gerakan ini ketika akan menghadapi lebih dari satu turn, sehingga kamu bisa segera masuk ke gerakan drift lagi. Makin sering kamu melakukan drift, makin banyak nitro boost yang bisa kamu dapatkan.

Bukan tanpa alasan judulnya “airbone”, karena kamu perlu sering mendapatkan udara sambil melayang. Saat itulah platform seperti ramp dan barrel roll ramp akan mendukungmu melontarkan mobil ke udara, dan mendapatkan “air” sebanyaknya, sehingga juga makin banyak boost yang kamu hasilkan. Tekan tombol boost sesaat sebelum kamu dilontarkan dari ramp, sehingga mobilmu akan meluncur lebih cepat. Karena kamu juga mengudara, maka kamu sekaligus akan mendapatkan tambahan boost sampai kamu mendarat kembali.

Selalu agresif pada musuh, dan gunakan sistem takedown untuk melumpuhkan mobil lain yang ingin menyalipmu. Caranya masih sama, kamu bisa gunakan vombo beberapa boost sekaligus agar membuat mobilmu melesat cepat, dan ketika melihat musuh di depan, langsung tabrak saja. Entah dari belakang, atau dari samping, asal kamu menggaktifkan boost satu hit saja maka musuh langsung ter-takedown. Dengan setiap takedown yang berhasil, kamu juga mendapatkan tambahan boost, yang berguna ketika kamu ingin melakukan takedown berurutan.

Simpan boost-mu untuk lap terakhir dan menjelang garis finish, karena mobil yang dikendalikan AI / musuh suka memanfaatkan momen menjelang garis akhir tersebut untuk menghabiskan stock boost yang mereka miliki. Dan saat itu terjadi dengan mobilmu tidak memiliki persediaan boost, kamu akan kesulitan mengimbangi kecepatan mereka. Sedangkan jika kamu masih menyimpan boost di lap terakhir menjelang finish, langsung habiskan saja untuk menjaga posisi.

Walaupun bukan freemium, namun harga Asphalt 8 ini termasuk murah dibandingkan prekuelnya, hanya Rp 10 ribuan saja! Jelas masih ada in-app purchase untuk mendukung permainan, dan Gameloft pun menawarkan opsi membuka konten baru lebih awal, seperti event baru suatu season atau mobil tertentu. Namun pada akhirnya kamu akan bisa membuka mereka gratis nanti dengan terus memainkan Asphalt 8. Jadi simpan saja uangmu untuk kebutuhan yang lebih penting, seperti meng-upgrade mobilmu.

Selain membeli mobil yang ditawarkan melalui tokonya, kamu juga bisa mengecek tab Hot Deal pada menu utama, karena di sana juga biasanya ditawarkan banyak pilihan mobil dengan harga yang lebih murah. Kamu bisa membelinya menggunakan mata uang dalam game, atau uang dolar. Seperti unlockable lainnya, semuanya akan terbuka jika kamu mau telaten grinding dan terus memainkannya.Masuk ke opsi upgrade, kamu bisa mengimprovisasi beberapa poin kunci kendaraannya, yaitu Acceleration, Top Speed, Handling dan Nitro. Tergantung padamu ingin membuat mobil yang kamu miliki seperti apa. Jika suka melakukan boost, dan ingin boost-nya lebih panjang, maka tambahkan saja kapasitas tangki nitro-nya. Atau upgrade Handling untuk mendapatkan kontrol yang lebih baik. Hanya saja kami lebih menyarankan untuk meng-upgrade poin Acceleration dan Top Speed untuk membuat mobilmu lebih cepat tanpa dukungan boost.Selain mendapatkan tambahan nitro melalui stunt ketima melompat, kamu juga bisa mengumpulkan bonus yang tersebar di sepanjang lintasan, yang memberimu boost instan. Ikon biru mengisi seperempat tangki boost, sedangkan yang oranye sampai separuhnya. Ambil saja tiga ikon tersebut berurutan untuk mengisi penuh tangki boost.

Karena selama boost mobilmu akan terus meluncur hingga isi tangki boost habis, kamu selalu bisa memanfaatkan kesempatan dengan mengumpilkan tambahan boost lagi sepanjang permainan, sehingga waktu boost lebih panjang.

Seperti prekuelnya, kamu tidak perlu terpaku pada lintasan yang terlihat pada map, karena selalu ada jalan alternatif yang bisa kamu ambil. Biasanya justru menjadi jalan pintas, memberimu keuntungan sepersekian detik dengan lawan, dan jika sukses melaluinya tanpa terhambat, bisa saja langsung membuat mobilmu naik posisinya. Kecuali musuh mengambil rute yang sama. Selain itu rute alternatif tersebut biasanya juga dihiasi dengan platform lompat yang memberi kita kesempatan lain mengisi meter boost, dan juga lebih banyak item penambah boost yang juga tersebar di rute alternatif ini.

Well, kami rasa cukup itu saja yang bisa kami bagikan bagi kalian yang ingin mulai memainkan Asphalt 8. Pengalaman memainkannya memang masih sama, namun dengan beberapa elemen baru membuatnya makin adiktif untuk dimainkan, dan grafisnya sungguh luar biasa untuk ukuran game mobile. Kami sarankan kalian untuk membelinya melalui pasar digital masing-masing platform (iOS, Android dan Windows Phone 8). Sementara ini Asphalt 8 baru tersedia untuk iOS, dengan versi Android segera menyusul, dan diikuti untuk Windows Phone 8 seharusnya dirilis akhir tahun ini.

UPDATE: Versi Android-nya pun juga sudah dirilis di Google PlayStore.


SHARE
Previous articleGamescom 2013: Knack Hadirkan Fitur Multiplayer Kooperatif Lokal
Next article[Kuliah Om Jas] Apa Pentingnya Antarmuka Game?
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.