Gamescom 2013: Blizzard Konfirmasikan Reaper of Souls, Ekspansi Baru untuk Diablo III

Satu tahun lebih sejak pertama kali dirilis pada Mei 2012 lalu, akhirnya Diablo III mendapatkan ekspansi pertamanya. Ya, melalui event Gamescom 2013 yang tengah berlangsung, Blizard mengkonfirmasikan bahwa game yang akan menuju konsol bulan depan ini akan mendapatkan ekspansi Reaper of Souls yang menurut rencana akan dirilis tahun depan. Game Director dari Diablo III, Josh Mosquiera mengungkapkan dalam pernyataan resminya bahwa ekspansi ini akan menambahkan kisah baru yang lebih kelam dibandingkan sebelumnya, serta akan menjadi ajang pengenalan kelas baru, Crusader.

Ekspansi ini akan menghadirkan Fallen Angel of Wisdom Malthael sebagai musuh utama dan akan ber-setting di Westmarch yang terilhami dari lokasi-lokasi medieval, namun dikemas dalam nuansa yang lebih gotik. Selain memperkenalkan Crusader sebagai kelas baru, Reaper of Souls juga akan memperkenalkan beberapa zona baru untuk pertempuran, kemampuan, rune serta akan meningkatkan level cap hingga 70 untuk semua kelas yang ada.

Crusader sendiri adalah sebuah kelas melee jarak menengah yang dipersenjatai dengan sebuah shield dan cambuk. Mereka mampu mengeksekusi serangan petir Fist of the Heavens dari Diablo 2, serta bisa menggunakan serangan teleportasi menggunakan pedang yang disebut dengan Falling Sword. Selain kuat dalam menyerang, Crusader juga kuat dalam bertahan dengan skill healing yang memiliki efek area, sebuah skill yang tentunya dibutuhkan oleh party sekaligus memberikan damage kepada musuh.

Blizzard juga mengungkapkan bahwa mereka sudah melakukan banyak pembenahan dalam hal loot drop. Contohnya untuk White drops akan muncul lebih sedikit, bisa dilebur dan digunakan untuk crafting. Contoh lain adalah Legendary Item yang akan membawa berbagai macam efek baru. Contohnya senjata yang bisa memunculkan sebuah treasure goblin ketika dipasangkan, atau staff yang memiliki peluang untuk memunculkan hydra dari mayat. Selain itu, level Paragon yang meningkatkan drop rate serta uang juga akan dibenahi, dan paragon point juga akan diberikan setiap naik level.

Pembenahan di bagian animasi juga dijanjikan oleh Blizzard, dimana kali ini transisi antar area dibuat lebih halus sehingga bisa mengurangi waktu loading. Terakhir, ekspansi ini juga menambahkan satu mode baru, Loot run yang akan memberikan pemain kesempatan untuk menjelajahi dungeon-dungeon pendek secara random bersama beberapa orang teman. Sayangnya, belum ada kepastian dari Blizzard apakah ekspansi ini akan dirilis bersamaan untuk seluruh platform. Namun, kabar yang beredar menyebutkan bahwa ekspansi ini nantinya sementara hanya dirilis untuk gamer PC saja.

[Sumber: Blizzard/Wiki]