Gamescom 2013: Bukan Hanya Kendalikan Asap di Infamous Second Son, Karaktermu Juga Mendapat Kekuatan Listrik

Setelah pertama kali dikonfirmasikan bersama dengan peluncuran awal PlayStation 4 pertengahan Februari lalu, dan kemudian kita kembali mendapatkan banyak trailer yang menunjukan seperti apa gameplay-nya selama E3 2013, kini selama Gamescom 2013 kembali Sony membawa salah satu game first-party-nya, yang akan menjadi salah satu game eksklusif Sony untuk PlayStation 4, Infamous: Second Son.

Dalam game yang dikembangkan oleh Sucker Punch Productions ini kamu akan melanjutkan permainan Infamous 2 (tepatnya 7 tahun pasca good ending game tersebut), saat ketika Cole MacGrath mengaktifkan Ray Field Inhibitor (RFI) untuk menghancurkan conduit (sebutan untuk manusia super, karena kemampuan mereka untuk menyalurkan kekuatan tertentu) bernama John White, yang juga dikenal sebagai Beast. Ledakan dari langkah Cole mengaktifkan RFI awalnya dianggap sudah berhasil menghabisi semua conduit di seluruh dunia, namun ternyata ada beberapa yang selamat.

Karena takut seandainya kekuatan conduit kembali mengancam pasca kehancuran Empire City dan New Marais (dalam Infamous dan Infamous 2), maka dibentuklah Department of Unified Protection (DUP), dan kini semua kota besar di Amerika Serikat memiliki pusat monitoring aktivitas conduit sendiri-sendiri. Conduit itu pun dalam game ini juga mendapat label baru karena kekuatan mereka yang berbahaya, dan kini jamak disebut sebagai bio-terrorist.

Game ini sendiri mengambil setting di Seattle, Washington, dan kamu mengendalikan Delsin Rowe, lelaki 24 tahun yang sebelumnya berprofesi sebagai seorang artis graffiti yang tidak memiliki arah tujuan hidup. Suatu hari, Delsin melihat sendiri sebuah kecelakaan bus, dan berusaha menolong para penumpangnya. Saat itu terjadi, ternyata dia berhubungan dengan seorang conduit, dan itu mengakibatkan kekuatan conduit yang selama ini tertidur menjadi terbangun. Kekuatan Delsin adalah mampu menghisap kekuatan conduit lainnya. Dengan kekuatan barunya, Delsin memilih melawan DUP yang kini cenderung melawan semua conduit.

Untuk gameplay-nya, kami melihat melalui beberapa trailer yang dirilis Sony dan developer Sucker Punch, dan bisa dipastikan keseluruhan masih sama seperti game Infamous sebelumnya. Kamu mendapatkan setting dunia open world yang sama, serta konsep gameplay third person shooter. Delsin menggunakan rantai yang melikar di lengannya sebagai senjata melee (jarak dekat) utama, yang mana bisa dia gabungkan dengan kemampuan lain yang dia dapatkan dari menghisap kekuatan para conduit yang ditemuinya.

Satu perubahan yang diterapkan developer terlihat pada sistem membidiknya. Kini kamu tidak perlu manahan tombol L1 untuk membidik musuh, namun cukup menembak kemana saja, karena kini kursor akan muncul permanen pada layar dan menunjukkan ke arah mana Delsin mengarah. Kemudian melengkapi kekuatan supernya, Delsin juga bisa bergerak cepat memanfaatkan obyek di lingkungan dengan gerakan-gerakan parkour. Beberapa yang sudah kami ketahui seperti, ketika melompat untuk menaiki dinding, Delsin otomatis meraih pinggiran dinding dimana dia bisa bergantung, menarik tubuhnya ke atas dan meraih sisi dinding lainnya, atau diantara gerakan tersebut bisa diselingi dengan menembakkan senjata.

Kemudian untuk Gamescom, Sony membawa beberapa trailer baru yang cukup panjang dan detail, untuk kita makin mengerti seperti apa gameplay-nya. Melalui trailer terbaru game yang akan dirilis Februari 2014 mendatang ini, kita bisa melihat bagaimana Delsin bertarung melawan pasukan DUP, bertemu dengan conduit lainnya, hingga terlihat dia menggunakan kekuatan neon (sebelumnya diketahui dia menggunakan kekuatan berbasis asap/api). Dalam salah satu adegan trailer Delsin juga bertemu dengan karakter lainnya yang bernama Abigail Walker – dikenal sebagai ‘Fetch.’

Sepertinya Abigail juga seorang conduit, dan Delsin mendapatkan kekuatan neon / listrik darinya. Sepertil Delsin, Abigail juga melawan DUP, dengan caranya sendiri. Dan seandainya memang ada manusia lain seperti Abigail, dan ketika bertemu Delsin, apakah nanti justru Delsin akan memimpin kawanan conduit untuk melawan DUP? Kita tunggu saja jawabannya ketika Infamous: Second Son dirilis Februari 2014 mendatang untuk PS4.

inFAMOUS Second Son ‘Fetch’ Trailer

inFAMOUS Second Son: Taking Control

InFAMOUS; Second Son | Behind the scenes with Smoke Tech


SHARE
Previous articleGamescom 2013: Football Manager 14 Juga Dirilis Untuk PS Vita, Mendukung Cross-Platform Dengan PC
Next articleUltralist: Sepuluh Berita Menarik (dan Mengejutkan) Selama Gamescom 2013!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.