Gamescom 2013: Football Manager 14 Juga Dirilis Untuk PS Vita, Mendukung Cross-Platform Dengan PC

Selama ini banyak yang menganggap PlayStation Vita kurang sukses di pasaran. Jika karena harganya yang tinggi, padahal Sony pun sudah menurunkan harganya sejak awal tahun lalu. Jika karena dukungan game yang kurang, makan seharusnya ulai tahun ini handheld tersebut sudah menjadi lebih baik. Satu buktinya adalah dengan dipilihnya PS Vita sebagai media cross-platform untuk memainkan Football Manager 2014 bersama versi PC-nya.

Football Manager (FM) 14 sendiri baru dikonfirmasikan 15 Agustus lalu melalui website pengembangnya, Sports Interactive, dan masih akan dipasarkan oleh Sega. Seperti prekuelnya, dirilis utamanya untuk PC, yaitu Windows, OS X, Ubuntu, dan Linux. Sementara itu versi spec down-nya, FM Handheld 2014 sementara ini baru diumumkan untuk platform mobile Apple iOS saja. Padahal FM Handheld sendiri memulai debutnya tahun 2006 lalu di Sony PSP. Dan walaupun PSP menerika game terbaru FM Handheld 2013, sepertinya handheld Sony yang sudah masuk masa akhirnya itu harus puas bolanya dioper untuk adiknya PS Vita, karena selama Gamescom 2013 yang berlangsung hingga 25 Agustus besok, Sony mengumumkan Football Manager Classic 2014 untuk PS Vita.

Sesuai judulnya, FM Classic 2014 pada intinya menawarkan mode Classic yang memulai debutnya tahun lalu melalui versi PC dan Mac. Mode tersebut menampilkan gameplay yang lebih efisien dan cepat dibandingkan ketika memainkan simulator FM yang kita kenal sebelumnya. Fitur 3D match engine dan cloud save yang pertama kali diungkapkan ketika developer mengkonfirmasikan FM 2014 juga diterapkan dalam versi handheld ini.

Sedangkan fitur terbaiknya, bukan kesempatan pertama memainkan FM melalui PS Vita, namun untuk pertama kalinya untuk serial ini, jika kamu memiliki gamenya di PC Windiws, Mac atau Linux, maka otomatis kamu bisa memainkan gamenya di kedua platform. Kamu bisa memainkan gamenya di komputer rumahmu, meng-upload data save-nya ke cloud storage, download ke PS Vita, dan melanjutkan permainannya kapan saja, dimana saja.

Versi PC, Mac dan Linux dari FM 2014 diklaim menjadi game yang paling otektik dengan lebih dari 1000 upgrade mereka berikan di dalamnya. Sayang baik versi PC dan handheld-nya belum dikonfirmasikan kapan akan dirilis. Sementara itu, kamu bisa melihat efek grafis terbaru yang diterapkan developer untuk FM 2014 melalui video di bawah:

Early, Work in Progress, FM14 Match Engine footage


SHARE
Previous articleGamescom 2013: Blizzard Konfirmasikan Reaper of Souls, Ekspansi Baru untuk Diablo III
Next articleGamescom 2013: Bukan Hanya Kendalikan Asap di Infamous Second Son, Karaktermu Juga Mendapat Kekuatan Listrik
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.