Duniaku INAICTA Showoff: TouchTen Games

Mencari tim untuk mengembangkan sebuah game memang gampang-gampang susah. Jika beruntung, kamu bisa menemukan orang-orang yang memiliki passion sama di lingkungan terdekatmu, atau bahkan dalam lingkungan keluarga. Hal inilah yang menjadi cikal bakal dari TouchTen Games, developer game asal Jakarta yang saat ini mulai merambah bisnis publishing untuk game-game mobile buatan para developer game Indonesia.

TouchTen Games sendiri dibentuk pertama kali saat Anton Soeharyo berada di Jepang untuk menimba ilmu. Saat itu, Anton mencari alternatif kerja sambilan, bagaimana caranya kerja dari rumah namun tetap mendapatkan penghasilan. Pada saat itu, dia dan adiknya Rokimas Soeharyo mendapatkan angpao dari orang tua untuk mulai mengembangkan TouchTen Games. Saat itu keduanya berpikir untuk menghabiskan angpao tersebut untuk sebuah hal yang berguna, dan terinspirasi dari sebuah aplikasi sound board dari Amerika yang berhasil mendapatkan lebih dari US $60.000 per harinya.

Selain Anton dan Rokimas, terdapat lagi seorang yang masih memiliki ikatan saudara dengan mereka yang turut mendirikan TouchTen, yaitu Dede Indrapurna yang merupakan adik sepupu dari Anton sendiri. Saat ini, tim inti TouchTen Games sendiri sudah berisi lebih dari 10 orang, dimana Anton menjadi CEO-nya, Rokimas menjadi Operation Director, dan Dede menjadi CTO-nya. Nama TouchTen sendiri terinspirasi dari nama-nama perusahaan Jepang yang sukses seperti NinTENdo dan RakuTEN. TEN dalam bahasa jepang berarti “Langit”. Lalu Touch itu gerakan dasar untuk memainkan game-game di Smartphone sekarang. Kombinasi dari dua nama tersebut maka jadilah TouchTen.

Infinite Sky, salah satu game TouchTen yang sudah merambah Jepang dan China

TouchTen mulai melejit dengan Sushi Chain yang sempat masuk dalam top rank di iTunes. Setelah itu, kesuksesan terus diraih dengan game-game yang dirilis selanjutnya seperti Infinite Sky yang sampai berhasil menembus pasar China dan Jepang, hingga Train Legend yang sempat menjadi salah satu game yang difiturkan di Google Play Store. Untuk Duniaku Showoff nanti, mereka sudah menyiapkan dua buah game untuk ditampilkan. Pertama adalah Zico: The Official Game yang dirilis pertengahan tahun ini. Dalam game ini, kamu akan memerankan Zico mulai dari masih anak-anak dan bermain di jalanan Brazil, hingga menjadi seorang pesepakbola besar dan bermain di stadion-stadion di seluruh dunia. Saat kamu berperan sebagai Zico kecil di Quintino kota kelahirannya, kamu diharuskan untuk menendang bola hingga mengenai target-target yang ditentukan, seperti pot bunga hingga kaleng bekas minuman. Untuk menendang, kamu hanya perlu menyapukan jari kamu ke layar dari bola menuju ke arah target tersebut. Dari kampung halaman Zico di Brazil, kamu akan terus mengikuti petualangannya ke negara-negara lain sepanjang karirnya, termasuk di Italia dan Jepang dengan target yang berbeda, menendang bola untuk mencetak gol ke gawang lawan lewat titik yang ditentukan. Terdapat tiga tingkat kesulitan yang disediakan oleh game ini, antara lain Bronze yang paling mudah, Silver dengan tingkat kesulitan medium, dan Goal yang paling sulit.

Kedua adalah Ramen Chain, yang dirilis bersamaan dengan final kompetisinya yang baru saja dihelat pada awal Agustus 2013 lalu. Ramen Chain sendiri bisa disebut sebagai sekuel dari Sushi Chain, namun dibuat sedikit lebih berbeda. Dalam game ini, selain kemampuanmu untuk meracik Ramen diuji, kamu juga ditantang untuk mengembangkan restoran Ramen yang kamu kembangkan hingga ke seluruh dunia. Beberapa fitur lain yang juga disediakan antara lain 50 level yang harus diselesaikan, mini game, fitur untuk share melalui jejaring sosial, hingga buku resep dan koleksi foto yang bisa dikumpulkan. Belum sebulan dirilis, game ini berhasil mendapatkan pencapaian yang memuaskan, bahkan game ini sempat meraih Top 1 Free Overall App untuk Singapura, Indonesia, dan Filipina.

Tertarik untuk menjajal kedua game ini? Kamu bisa men-download Zico: The Official Game untuk Android melalui link ini, dan Ramen Chain untuk iOS melalui link ini. Sampai jumpa di Duniaku INAICTA Showcase dan Showoff! Jadikan Duniaku INAICTA Showcase dan Showoff sebagai salah satu langkah awal menuju kesuksesan dengan mendaftarkan game-mu melalui link berikut ini. Pendaftaran masih kami tunggu hingga tanggal 30 Agustus 2013 nanti ya!


SHARE
Previous articleEye Candy: Para Cosplayer di Gamescom 2013
Next articleKecerobohan Sony Eropa, File dan Aset GTA V Bocor Lebih Awal!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.