Kecerobohan Sony Eropa, File dan Aset GTA V Bocor Lebih Awal!

Sony melakukan salah satu kecerobohan yang mungkin akan terus diingat oleh para gamer. Di saat banyak gamer yang sudah tidak sabar menunggu tanggal 17 September untuk memainkan Grand Theft Auto (GTA) V, Sony Eropa justru melakukan sebuah kesalahan fatal dengan membocorkan file dari game tersebut melalui PSN! Akibatnya, gamer yang sudah melakukan pre order versi digital dari game ini bisa men-download file tersebut dan jika gamer tersebut bisa melakukan hacking terhadap kontennya, maka mereka bisa mendapatkan akses ke beberapa aset yang tentu saja berpotensi menjadi spoiler seperti soundtrack dan gambar-gambarnya.

Untungnya, file ini tidak bisa dimainkan dan harus menunggu patch tertentu untuk memainkannya. Saat ini, file tersebut memang sudah ditarik oleh Sony dari peredaran. Namun tentu saja nasi sudah menjadi bubur. Meskipun hanya bocor beberapa jam saja, gamer yang sudah sempat men-download file tersebut mulai menyebarkannya di dunia maya. Mungkin saja beberapa waktu yang akan datang akan banyak spoiler yang bermunculan jika ada seseorang yang berhasil membuka akses ke konten tersebut. Padahal Rockstar sendiri sudah merencanakan banyak informasi baru yang akan terus mereka rilis menjelang perilisan game-nya nanti.

Mengenai kesalahan fatal ini Sony Eropa mengungkapkan permintaan maaf yang sedalam-dalamnya. “Sangat disayangkan, beberapa orang yang melakukan pre order versi digital dari GTA V melalui PSN di Eropa ternyata mendapatkan akses ke beberapa aset GTA V,” tulis Sony dalam pernyataan resminya. “Aset ini akhirnya di-posting di dunia maya. Kami sudah memindahkan file ini dari PSN Eropa. Kami meminta maaf kepada Rockstar dan penggemar GTA di seluruh dunia yang mendapatkan konten spoiler. GTA V adalah satu dari sekian game yang sangat diantisipasi menjadi Game of The Year tahun ini, dan kami menantikan perilisan historisnya 17 September yang akan datang,” tulis pernyataan tersebut lebih lanjut.

Bagaimana dengan Rockstar? Rockstar sendiri tampak sangat kecewa dengan kecerobohan Sony Eropa ini. “Kami sangat kecewa dengan kebocoran dan spoiler yang beredar sebelum game-nya dirilis ini. GTA V merepresentasikan kerja keras bertahun-tahun dari beberapa orang di seluruh dunia, dan kami semua tidak bisa lebih antusias dibandingkan membagikannya dengan kalian pada 17 September 2013 nanti,” tulis Rockstar dalam pernyataan resminya. Rockstar juga mengungkapkan akan menghapus hak untuk memberikan komentar pada seorang user di website mereka yang mencoba untuk mendiskusikan isi dari file GTA V yang bocor ini. Langkah Rockstar ini juga diikuti oleh beberapa website besar lain seperti IGN, dengan harapan gamer yang sudah setia menunggu hingga 17 September nanti tetap nyaman membaca berita mengenai GTA V tanpa harus takut terkena spoiler.

Meskipun file-nya bocor, tetapi sampai saat ini belum ada satupun gamer yang melaporkan bisa memainkan file ini di PS3 mereka. Semoga saja kejadian ini tidak memunculkan banyak spoiler lebih awal sebelum game-nya sendiri dirilis untuk PS3 dan Xbox 360 pada 17 September 2013 yang akan datang.

[Sumber: CVG/IGN]


SHARE
Previous articleDuniaku INAICTA Showoff: TouchTen Games
Next articleEvent Reminder: Duniaku INAICTA Showcase
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.