Disney Infinity vs Skylanders. Apa yang Membedakan Keduanya?

Disney sudah merilis salah satu proyek ambisius mereka yang ingin menggabungkan game digital dengan collectible figure, Disney Infinity pada 18 Agustus 2013 yang lalu. Collectible figure yang dikombinasikan dengan game digital ini sebenarnya juga bukan sebuah hal yang baru, karena sebelumnya Activision juga telah melakukan hal serupa dengan Skylanders. Tahun ini sendiri, Skylanders bahkan akan merilis game ketiganya, Swap Force pada 13 Oktober 2013 mendatang untuk menantang langsung Disney Infinity.

Dari konsep hampir mirip, lantas apa saja aspek yang membedakan kedua game dengan collectible figure ini? Nah, kali ini kami mengajakmu untuk meneliti lebih jauh apa saja yang membedakan keduanya dan siapa yang bakal lebih unggul di setiap aspeknya di masa yang akan datang.

Roster karakter Disney Infinity
Roster karakter Skylanders

Roster Karakter

Salah satu hal pembeda utama antara Disney Infinity dan Skylanders tentu adalah dari segi roster karakter. Untuk hal ini, Disney bisa sedikit menepuk dada karena mereka memiliki deretan karakter yang familiar di mata penggemarnya lewat film-film yang sudah muncul terlebih dahulu. Berbeda dengan Skylanders, yang sebagian besar karakternya memang dibuat khusus untuk game tersebut meskipun ada juga karakter yang berasal dari game sebelumnya seperti Spyro. Belum lagi potensi untuk menambah karakter dan PlaySet di masa yang akan datang, bukan tidak mungkin Disney Infinity nantinya bisa sesukses Skylanders atau bahkan lebih laris.

Fitur Multiplayer

Disney Infinity kembali menunjukkan superioritas terhadap Skylanders dalam hal Multiplayer. Ketika diluncurkan sekitar bulan Oktober nanti, Skylanders dengan Swap Force masih mengandalkan fitur multiplayer offline dengan berbagi layar (split screen) seperti dua game sebelumnya. Berbeda dengan Disney Infinity yang selangkah lebih maju dengan menyediakan fitur multiplayer online untuk empat pemain lewat Xbox Live dan PSN sekaligus fitur multiplayer offline seperti Skylanders.

Mode Sandbox

Satu hal lagi kekurangan Skylanders adalah tidak adanya mode sandbox yang membuat kreatifitas gamer menjadi tidak terbatas. Dalam Disney Infinity, kita bisa menemukan mode sandbox dalam Toy Box, dimana kamu bisa mengkombinasikan karakter dari berbagai franchise dalam satu arena dan mengkustomisasi dunianya. Tidak ada batasan dalam mode Toy Box, dan kamu bisa mengkustomisasi dunia sesuai dengan imajinasimu. Bisa dibilang, Toy Box mirip dengan versi upgrade dari Minecraft dengan cita rasa Disney.

Campaign Utama

Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Untuk Skylanders, Activision menyediakan satu campaign utuh yang cukup besar ditambah dengan Adventure Pack yang skalanya lebih kecil. Sedangkan Disney Infinity mengandalkan banyak campaign berbeda-beda sesuai dengan PlaySet yang dimiliki. Bisa disebut, campaign utuh dari Disney Infinity adalah mode Toy Box itu sendiri, dimana semua karakter dan setting bisa berkumpul seperti dalam campaign utama Skylanders.

Lanjut ke halaman selanjutnya ya!

1
2

SHARE
Previous articleSony Mobile Lepaskan Update Software Baru Untuk Xperia S, SL, acro S dan Xperia Z Ultra
Next articleMicrosoft Ingin Menyusul Sony, Akan Merilis Xbox One Pada 8 November!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.