Menjelang Peluncuran Galaxy Note III, Inilah Semua yang Kami Ketahui Dari Phablet Teranyar Samsung

Galaxy Note III menjadi Android Samsung yang paling banyak dibicarakan akhir-akhir ini, menjelang rencana perilisannya di event IFA 2013 yang akan diadakan di Berlin mulai 6 – 11 September mendatang. Dan seperti Galaxy unggulan Samsung sebelumnya, phablet ini muncul diiringi dengan banyak rumor dan spekulasi. Mulai ukuran layarnya yang membesar, chipset yang memperkuatnya, desain tubuh dengan bezel yang tipis agar keseluruhan dimensinya tidak berbeda dari Galaxi Note II, hingga bocoran spesifikasinya. Dan berikut beberapa informasi baru yang mengiringi event peluncurannya pada 4 September nanti.

Merekam Video Dengan Kualitas 4K UHD

Jika benar Note III menggunakan chipset Snapdragon 800, maka seharusnya kemampuannya setara dengan Sony Honami, alias Xperia Z1 yang kami ulas sebelumnya. Flagship baru Sony Mobile tersebut diklaim mampu merekam video dengan resolusi 4K, atau Ultra High Definition (UHD) pada 3840 pixels × 2160-pixel. Awalnya muncul keraguan, karena untuk Note III, Samsung berencana menawarkannya dalam dua varian yang dibedakan berdasarkan jenis chipsetnya. Dan salah satunya adalah chipset Exynos racikan Samsung. Namun ketika belakangan diketahui bahwa yang dipilih adalah varian kedua Exynos 5 Octa, yang sebelumnya disebut dengan Exynos 5420, maka keraguan sirna.

Panel layar Galaxy Note III, terlihat bezelnya yang begitu tipis, hanya 2.2 mm saja!

Prosesor 8 Core yang Makin Cerdas Berkat GTS

Exynos 5420 menjadi perbaikan dari Exynos 5410 yang digunakan Samsung untuk Galaxy S4, mengajukanm konfigurasi big.LITTLE yang sama, namun dengan clock speed yang meningkat. Kita mendapatkan empat core prosesor 1.8 GHz dari keluarga ARM Cortex-A15 dan empat core lainnya 1.3 GHz dari ARM Cortex-A7. Bukan sekadar kecepatan yang meningkat, karena Exynos 5420 ini menerapkan konfigurasi big.LITTLE dengan dukungan GTS atau global task scheduling. Fitur baru ini merupakan pengembangan big.LITTE, dan prinsipnya tidak lagi task berat ditangani core big dan yang LITTLE berhenti begitu saja. Namun GTS memungkinkan semua physical core bekerja bersamaan, dengan threads prioritas tinggi ditangani oleh core ‘big,’ dan thread dengan priritas lebih rendah seperti background service akan dijalankan oleh core ‘LITTLE.’ Ya benar, Indonesia akan mendapatkan varian Exynos 5420 ini!

Perbandingan panel layarnya dengan Galaxy Note II. Terlihat kini Note III desain keempat sisinya lebih mengotak, mengikuti tren yang mereka terapkan melalui Galaxy S4.

Kemampuan GPU 2x Lebih Hebat Dari Galaxy S4

Selain itu, Exynos 5420 juga mempesiunkan GPU dari Texas Instrument yang digunakan dalam Galaxy S4, dan kini untuk Note III, Samsung memilih partner yang lebih kuat, ARM Mali-T628 dengan 6 core, yang tiap core-nya berjalan dengan kecepatan 600 MHz. GPU tersebut diklaim mampu memberi kinerja hingga 115,2 GFLOPS. Sebagai perbandingan, PS Vita dengan GPU Power VR SGX543 MP4+, clock speed 400 MHz, menghasilkan kinerja 51.2 GFLOPS. Sedangkan Power VR SGX544 MP3 pada Galaxy S4, kinerjanya 51.1 GFLOPS. Demikian secara grafis, GPU Note III ini seharusnya meningkat 2x dibandingkan kemampuan Galaxy S4. Didukung 8 core prosesornya, maka seharusnya Exynos 5420 dengan mudah mampu menghasilkan konten 4K seperti yang bisa ditangani SNapdragon 800.

Samsung mempertahankan satu tombol fisik di bawah layar!

Sektor Audio Kini Berkualitas High Fidelity

Kembali pada kemampuan merekam 4K, pasti hasil perekamannya akan sangat besar, apalagi jika bitrate file videonya juga tinggi. Untunglah Note III ini menyediakan slot memory external micro SD. Selain itu, Note III juga dikabarkan mampu menghasilkan output audio berkualitas tinggi, dengan dukungan suara Hi-Fi 24-bit/192KHz dibandingkan 16-bit audio seperti pada Galaxy Samsung sebelumnya. Bisa jadi kemampuan  ini juga berkat dukunyan Snapdragon 800, karena LG dengan G2 mereka juga mengklaim keampuan yang sama.

Ternyata Tidak Ada Optical Image Stabilization

Beralih di sektor kamera, sebelumnya kami melaporkan jika Note III ini akan menjadi keluarha Note pertama sekaligus smartphone kedua Samsung (setelah Galaxy S4 Zoom) yang menggunakan fitur OIS alias Optical Image Stabilization untuk kameranya. Well, berkap Snapdragon S4, bahkan kamera LG G2 pun juga dilengkapi OIS. Namun sayangnya, kabar terakhir menyebutkan jika fitur OIS tersebut baru akan diterapkan pada sensor 16-megapixel baru mereka yang diproduksi tahun depan (kemungkinan untuk Galaxy S5). Namun kabar ini juga belum fix selama Samsung belum mengkonfirmasikan Note III. Jadi kita tunggu saja kepastiannya 4 September nanti.

Galaxy Gear Akan Menjadi Companion Device

Seperti yang kami beritakan sebelumnya, Samsung juga menyiapkan jam tangan cerdas, Galaxy Gear. Jam tangan ini dikonfirmasikan bersamaan dengan Note III, dan sepertinya akan menjadi companion device terbaik untuk phablet tersebut. Galaxy Gear akan ditawarkan dengan beberapa pilihan warna (putih, oranye, abu-abu dan hitam), dan warna tersebut nantinya juga senada dengan warna-warna Galaxy Samsung. Gear akan berhubungan dengan para smartphone Galaxy melalui Bluetooth dan NFC, memasukkan banyak sensor untuk mendukung pengoperasian dengan aplikasi kesehatan seperti S Healt. Rencananya mulai dijual Oktober 2013. Sayang ada spesifikasi rumornya yang meleset, layar Gear ternyata tidak melengkung!

Bagaimana menurut kalian? Apakah Note generasi ketiga dengan layar Super AMOLED 5.68-inchi, resolusi full HD, prosesor quad-core Snapdragon 800 atau octa-core Exynos 5420, 3GB RAM, 32GB internal storage, kamera 13-megapixel, baterai 3,200mAh, Android 4.3 Jelly Bean dan tentu saja, built in S Pen ini sudah masuk kategori smartphone / phablet impian? Jika ya, maka sebaiknya simpan dulu Rupiahmu, karena Samsung berencana mulai menjualnya Oktober mendatang.

Sumber: SamMobile


SHARE
Previous articleMicrosoft Siapkan Halo 4 Game of The Year Edition?
Next articleFilm World of Warcraft Mulai Syuting Januari 2014!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.