Microsoft Ingin Menyusul Sony, Akan Merilis Xbox One Pada 8 November!

Seperti Sony, Microsoft juga menerapkan strategi wait-and-see untuk menentukan tanggal rilis Xbox One. Setelah memberi kesempatan Sony menentukan tanggal rilis PlayStation 4 selama Gamescom 2013 kemarin, yaitu 15 November, kini kita bisa memperkirakan kapan Microsoft akan merilis X1.

Sebelumnya beberapa kali kami menuliskan bahwa Microsoft akan merilis X1 pada 27 November mendatang. Tanggal tersebut memang tidak dipastikan oleh Microsoft, karena mereka hanya menyebutkan bulannya saja, yaitu November. Sedangkan tanggal 27 didapatkan berdasarkan data placeholder untuk informasi mereka yang memesan pre-order melalui beberapa retailer online, bukan tanggal rilis resminya. Dan seandainya Microsoft tidak ingin kehilangan momen dari Sony, jelas mereka harus merilis konsolnya lebih awal. Tampaknya setelah melihat kapan PS4 dirilis, Microsoft memutuskan untuk memajukan tanggal rilis X1, dan kini diperkirakan konsol tersebut akan dirilis 8 November mendatang.

Lagi-lagi hanya perkiraan? Ya, karena sumber tanggal tersebut bekerja untuk sebuah perusahaan marketing yang menangani ijin penempatan suatu produk untuk dijual di salah satu retailer, yaitu Walmart. Melalui sebuah email untuk perusahaan tersebut, didapatkan kapan Microsoft berencana untuk mulai menjual. Memang 8 November belum dikonfirmasikan resmi oleh Microsoft, namun dengan Sony yang sudah pasti 15 November, tidak ada pilihan selain mulai menjual X1 selama masa liburan, dan itu berlangsung antara awal Oktober hingga akhir Desember, saat-saat dimana masa belanja tahunan besar di Amerika dan Eropa berlangsung.

Tanggal tersebut juga cocok dengan prediksi awal kami. Dengan arus perputaran uang paling besar selama akhir tahun (bonus keluar, liburan panjang), Sony dan Microsoft seharusnya merilis konsol mereka antara awal Oktober sampai akhir Desember. Para retailer yang hampir pasti tidak mau terjadi tanggal penjualan konsol di hari yang sama, jadi dengan Sony yang akan merilis PS4 pada 15 November dan 29 November, maka kemungkinan besar Microsoft akan menentukan minggu pertama atau kedua November untuk perilisan X1 versi Amerika, dan minggu keempat November untuk perilisan X1 versi Eropa.

Makin menarik saja “perang” kedua produsen game ini. Dan kami yakin dalam dua bulan mendatang, akan ada lebih banyak kejutan lain dari Microsoft dan Sony sehubungan dengan konsol mereka. Seperti Microsoft melalui blog Major Nelson yang mengungkapkan jika mereka akan memberi kejutan lain untuk kita selama PAX (Penny Arcade Expo) Prime yang berlangsung 30 Agustus hingga 2 September 2013 besok.

Sumber: Kotaku


SHARE
Previous articleDisney Infinity vs Skylanders. Apa yang Membedakan Keduanya?
Next articleThe Witch and The Hundred Knights Akan Hadir di US Awal Tahun 2014
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.