Sony Mobile Lepaskan Update Software Baru Untuk Xperia S, SL, acro S dan Xperia Z Ultra

Akhir-akhir ini Sony menjadi salah satu produsen smartphone yang makin menarik dipilih oleh pengguna Android. Mereka makin rajin memberikan after sales service dengan update software. Seperti ketika memberikan janji update Android 4.3 pasca Google mengumumkannya pertengahan Juli lalu. Memang belum terpenuhi, namun minggu ini mereka sudah merilis update untuk beberapa Xperia.

Untuk Xperia tahun 2012 lalu, mereka memberikan update baru, yang meskipun tidak meningkatkan kelas software-nya, namun membawa banyak perbaikan dan fitur baru yang fungsional. Tipe Xperia yang mendapatkan update ini antara lain, Xperia S, Xperia SL dan Xperia acro S, serta untuk Xperia 2013 ada update khusus untuk Xperia Z Ultra. Dalam paket update yang bisa kamu temui melalui download over-the-air atau melalui Sony PC Companion tersebut, ada beberapa perbaikan penting. Seperti untuk kamera, Sony memperbaiki masalah white balance terhadap hasil foto, meningkatkan fungsi tombol “Quick Launch,” serta menghaluskan hasil perekaman video full HD 1080p dengan meminimalkan lag.

Kemudian di sisi aplikasi, data dan service, Sony mengefisienkan kinerja Exchange Active Sync, terutama ketika menjalankan proses setting yang terenkripsi. Sony juga memperbaiki kestabilan koneksi data ketiga Xperia tersebut ketika memilih akses data 2G. Kemudian untuk service yang berjalan di background, update baru ini menurut Sony juga akan memastikan jika pengaturan aplikasi tersebut akan tetap terjaga meskipun kita me-reboot Android (terutama aplikasi pihak ketiga).

Kemudian seperti yang mereka terapkan untuk Xperia terbaru, ada aplikasi khusus untuk menghemat baterai. Itu juga diterapkan melalui update ini. Sony menghemat penggunaan baterai dan penyebaran suhu sistem agar mencapai ketahanan baterai yang lebih lama. Update ini juga memperbaiki tampilan notifikasi prosentase baterai, terutama ketika kondisinya sudah low.

Dan terakhir untuk hardware dan interface, ini yang paling kami suka. Dengan menekan tombol home agak lama, kamu bisa menjalankan Google Now, namun ketika menekannya dua kali, akan memunculkan aplikasi Recent Apps untuk mengakses cepat aplikasi yang terakhir dijalankan, atau menutup mereka. Dan meskipun bukan perbaikan yang krusial, Sony juga memastikan jika tombol volume “up” kini lebih responsif.

Kemudian update untuk phablet mereka, Xperia Z Ultra, penambahan dan perbaikan yang diberikan Sony untuk firmware Android 4.2.2 versi 14.1.B.1.510 ini antara lain:

  • Ada dukungan pemrosesan layar X-Reality Mobile
  • Mode Superior Auto di dalam setting kamera
  • Perbaikan pada aplikasi stock email
  • Perbaikan untuk ketahanan baterai
  • Perbaikan ketika memutar video
  • Kini ada pengaturan untuk mengoperasikannya dengan satu tangan, ala setting yang diterapkan Samsung Galaxy Note dan Huawei Ascend Mate
  • Latar belakang sistem interface-nya berwarna putih (walaupun akan menyusahkan pada beberapa aplikasi yang membutuhkan tulisan yang juga berwarna putih, membuat tulisannya rentan tidak terbaca)

Seperti biasanya, update ini memang di-push secara OTA atau melalui software companion di PC. Namun notifikasinya akan berbeda untuk tiap wilayah. Jadi jika kamu belum mendapatkannya, ditunggu saja karena Sony sendiri sudah menyebarkannya mulai awal minggu ini. Khusus untuk Xperia Z Ultra, seharusnya pengguna di Indonesia sudah mendapatkannya, karena firmware tersebut pertama kali datang untuk pengguna phablet tersebut dari Indonesia dan Hong Kong.

Namun jika kamu belum juga mendapatkannya, bisa men-download file ftf untuk upgrade, dan mem-flash-nya secara manual. Download Xperia Z Ultra C6802 14.1.B.1.510 firmware ftf dari link berikut C6802_14.1.B.1.510_GENERIC Taiwan.ftf, ukurannya 774.9 MB.

Sumber: Sony


SHARE
Previous articlePuzzle & Dragons Z Dirilis Desember 2013, Theme Song-nya Dinyanyikan Oleh Shoko Nakagawa
Next articleDisney Infinity vs Skylanders. Apa yang Membedakan Keduanya?
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.