Duniaku INAICTA Showcase: Nusantara Beta Studio

Banyak studio game baru bermunculan dalam kurun dua hingga satu tahun terakhir. Yang menarik, studi0-studio yang masih “hijau” ini ternyata menyimpan potensi yang cukup besar dan tidak kalah dibandingkan dengan studio-studio yang sudah senior. Salah satunya adalah Nusantara Beta Studio, studio yang baru berdiri tahun 2012 lalu di Ciputat, Jakarta. Studio ini juga bukan hanya berkecimpung di dunia game saja, melainkan juga menghasilkan banyak produk lain seperti aplikasi berbasis web, aplikasi mobile, hingga aplikasi yang menggunakan basis AR (Augmented Reality).

Inovasi adalah satu hal yang menjadi fokus Nusantara Beta Studio. Dan hal inilah yang ingin mereka tunjukkan dalam game mereka yang berjudul The Adventure of Kle. The Adventure of Kle sendiri terdiri dari dua bagian gameplay terpisah, yang pertama adalah game untuk Desktop, dan yang kedua adalah aplikasi AR yang bisa digunakan di mobile. Nusantara Beta Studio sendiri meskipun baru satu tahun berkecimpung di dunia pengembangan game dan aplikasi, namun sudah berhasil mendapatkan beberapa penghargaan, seperti juara Rock Star Developer yang baru saja diselenggarakan beberapa bulan lalu.

Kisah dari game ini berpusat kepada bumi Nusantara yang penuh dengan kekayaan alam dan kerajaan, namun sekarang tinggal menyisakan puing-puing saja sejak Raja Iblis berkuasa. Namun di bawah Nusantara masih tersimpan beberapa pusaka yang terlupakan, yang apabila dikumpulkan dapat menghidupkan kembali Raja pertama dari Nusantara itu sendiri. Kehadiran Raja Nusantara pertama sangat dinantikan, karena dialah yang mampu mengalahkan kekuatan Raja Iblis. Dalam game ini, kamu akan berperan sebagai Kle, seorang pangeran keturunan Raja Nusantara pertama yang harus berjuang untuk menemukan pusaka tersebut, karena hanya seorang yang memiliki darah Raja sajalah yang bisa menemukannya.

Untuk game desktop-nya, kamu harus membantu Kle untuk berpetualang dan menemukan pusaka yang ada di situs-situs bersejarah di Indonesia. Sedangkan untuk aplikasi AR-nya, kamu bisa menggunakannya untuk melatih Kle agar menjadi lebih kuat, menempa equipment dan memberikan item bagi Kle. Untuk menggunakan fasilitas AR ini, kamu membutuhkan satu perangkan Android/iOS, men-download aplikasi beserta marker-nya, lantas mencetak marker tersebut. Ketika kamera gadget diarahkan ke marker tersebut, maka efek dari marker akan langsung bekerja sesuai dengan marker mana yang kamu gunakan. Marker ini juga berfungsi sebagai alat pembelajaran untuk mengenal warisan sejarah dan budaya yang ada di Indonesia.

The Adventure of Kle ini pulalah yang menjadi menu utama dari Nusantara Beta Studio dalam Duniaku INAICTA Showcase yang akan berlangsung besok, 31 Agustus 2013 dan Minggu, 1 September 2013. Untuk mulai memainkan game ini, pertama kamu diharuskan untuk men-download game desktop-nya melalui link ini. Selanjutnya, kamu bisa men-download dan meng-install aplikasi mobile-nya di sini, yang sementara masih baru tersedia untuk platform Android saja. Selanjutnya, kamu bisa men-download marker-nya di sini, dan mencetaknya di selembar kertas untuk mulai digunakan bersama dengan aplikasi mobile-nya.

Masih banyak developer game lain yang akan ikut serta dalam Duniaku INAICTA Showcase. Ingat, kamu hanya memiliki waktu tersisa HARI INI saja untuk mendaftarkan tim dan game-mu untuk ikut serta dalam acara ini. Jadi, segera daftarkan dirimu melalui link berikut ini ya!