Samsung Galaxy Tab 3 Kids, Inilah Salah Satu Contoh “Mainan” Anak-anak Masa Kini

Cara terbaik membuat orang tua membelanjakan uangnya untuk anak mereka adalah membuat produk yang menarik untuk anak-anak. Terutama anak-anak modern yang jenis mainannya kini pun sudah beralih dari sekadar mobil plastik atau boneka yang bisa bergoyang / berbicara, beralih ke tampilan digital mainan tersebut melalui banyak game mobile. Ditambah lagi, mainan mereka tersebut sekaligus juga bisa menyibukkan orang tuanya ketika si anak tertidur lelap.

Motorola paham akan hal itu, dan beberapa tahun lalu menawarkan Motorola Xoom khusus anak. Sayangnya secara fisik Xoom yang memang bongsor badannya, dan warna default-nya terkesan tua banget, kurang menarik untuk dibawa anak kecil kemana-mana. Kini Samsung mencoba konsep serupa, dan menawarkan Galaxy Tab 3 7.0 for Kids untuk anak-anak.

“Sudah bukan rahasia lagi jika anak-anak kini menggunakan teknologi lebih banyak dari sebelumnya,” ujar JK Shin, CEO dan Head of IT & Mobile Communication di Samsung Electronics dalam pernyataan pers konfirmasi tablet ini. “Kami melihat kesempatan ini untuk membuat perangkat khusus anak dan menawarkan pengalaman yang menyenangkan dan mudah untuk mereka gunakan, serta dipenuhi dengan banyak konten interaktif serta edukasi yang akan disukai orangnya.”

Memang Galaxy Tab 3 yang sudah mulai dijual di Indonesia baru varian 8-inchi dan 10.1-inchi saja, sedangkan yang 7.0-inchi sendiri masih belum ada kabarnya. Kami sudah menuliskan apa saja spesifikasi Tab 3 7.0 tersebut melalui artikel sebelumnya. Dan Tab 3 7.0-inchi edisi anak-anak ini memang tidak ada bedanya dengan versi standarnya, hanya warnanya saja yang dipilih kuning, seperti pisang ya! Saya juga heran apakah warna ini disukai oleh kebanyakan anak-anak. Karena ditujukan untuk anak-anak, maka Tab 3 Kids menawarkan beberapa aplikasi pre-loaded yang memang ditujukan untuk anak, atau mempermudah orang tua mencari aplikasi yang tepat untuk anak-anak dengan pasar aplikasi khusus Kid’s Store.

Konten yang pre-loaded diantaranya program edukasi, game, hiburan, dan aplikasi pembaca e-book. Tablet ini juga memiliki fitur semacam manajemen profil, yang memungkinkan orang tua untuk menyortir aplikasi yang ingin hanya bisa diakses oleh putra-putri mereka melalui Application Manager — ya, dengan kata lain, sebenarnya anda-anda para orang tua masih mungkin kok menggunakan tablet ini, dan menyimpan aplikasi khusus orang tua agar tidak bisa diakses anak-anak.

Biasanya anak-anak kalau diberi mainan yang menarik, mereka sering lupa waktu. Untuk itu Samsung memberi solusi, mereka juga menyertakan fitur Time Management, yang memungkinkan orang tua mengatur waktu spesifik berapa lama tablet ini boleh digunakan. Ketika waktu pakainya habis, otomatis Tab 3 for Kids ini akan terkunci, dan butuh password untuk membukanya. Bagaimana jika mereka justru ngambek, mainannya tiba-tiba dianggap ngadat? Ini memang Tab 3, namun Samsung memberinya casing khusus yang menutup rapat setiap sisi Tab 3 tersebut dan juga panel casing belakangnya.

Galaxy Tab 3 7.0-inchi versi standar

Kids Case yang ditawarkan Samsung untuk melindungi dan mendukung pengoperasian tablet ini dibuat dengan bahan lembut sehingga nyaman bagi anak untuk menggenggamnya. Case tersebut sekaligus juga berperan menjadi dudukan khusus jika anak-anak ingin membaca e-book misalnya, Tab 3 ini akan berada pada posisi yang pas. Samsung juga menyertakan C Pen (bukan S Pen ala Galaxy Note ya!), sebuah stylush capacitive, yang bisa digunakan oleh anak-anak untuk menyalurkan bakat menggambarnya. Semoga saja itu bisa menjadi solusi para orang tua yang gemas melihat dinding rumahnya penuh gambar grafiti hasil karya seni anak-anak mereka.

Samsung berencana mulai menjual Galaxy Tab 3 Kids ini di Korea mulai awal September, dan kemudian menyusul ke China, Eropa, Amerika Serikat, Afrika, Amerika selatan dan Asia Tenggara. Semoga saja juga dirilis untuk Indonesia ya! Dan jika kamu bertanya, apa yang membedakan dengan Tab 3 7.0 versi standar yang kami ulas sebelumnya di sini? Selain warna dan kelengkapannya, Tab 3 Kids ini hanya mendukung akses data melalui WiFi saja!

[cb type=”company”]Samsung Electronics[/cb]

Sumber: Samsung