LG Konfirmasikan Tablet 8.3-inchi G Pad, Padukan Layar Full HD dan Snapdragon 600 Dalam Dimensi Kompak

Pertengahan tahun 2011 lalu LG mengenalkan tablet pertamanya, Optimus Pad V900 (gambar di atas), yang menjadi tablet paling istimewa di seluruh dunia, karena menjadi satu-satunya yang mengajukan dua kamera serta kemampuan menghasilkan konten stereoscopic 3D. Hanya saja sayangnya tidak seperti versi smartphone Optimus 3D, layar tablet ini tidak bisa menampilkan foto dan video 3D secara langsung, kamu memerlukan kacamata anaglyph untuk menerjemahkan gambar 2D menjadi 3D.

Pada masanya Optimus Pad yang kini masih banyak dijual dalam kondisi 2nd dengan nilai 2 jutaan tersebut menjadi tablet paling lengkap di kelasnya. Selain chipset nVidia Tegra 2, OS yang terpaku pada Android Honeycomb, dua kamera 5-megapixel dengan kemampuan 3D, port HDMI standar yang juga dilengkapi kabelnya, memiliki slot SIM, sensor yang lengkap (sampai adanya Gyroscope) hingga USB On-The-Go. Sayangnya, dia hadir di saat tablet masih identik iPad, dan Galaxy Tab seakan menjadi satu-satunya pilihan tablet di muka bumi. Walaupun paketnya lengkap, namun nama Optimus Pad seakan hilang ditelan maraknya tab-tab lain.

Kini LG berusaha mengembalikan ingatan kita bahwa mereka juga memikiki produk tablet Android selain smartphone, karena hari ini LG mengkonfirmasikan LG G Pad 8.3. Melihat namanya yang juga meninggalkan brand Optimus, G Pad 8.3 dibuat sejalan dengan smartphone flagship terbarunya, LG G2 yang juga akan dirilis dalam waktu dekat ini. Seperti Optimus Pad mereka sebelumnya yang pertama mengajukan kemampuan 3D, LG juga mengejar tagline “yang pertama” untuk tablet baru mereka ini. LG G Pad 8.3 diklaim menjadi yang pertama mengajukan layar Full HD 1080p pada kelas tablet 8-inchi. Lawan terdekatnya Galaxy Note 8.0 dan Galaxy Tab 3 8-0-inchi resolusinya baru 800×1280-pixel saja.

Melengkapi jajaran smartphone G Series kami, pengenalan LG G Pad 8.3 makin memperkuat lineup premium LG,” ujar Dr. Jong-seok Park, president dan CEO LG Electronics Mobile Communications Company melalui pernyataan pers mereka. Tablet yang rencananya memulai debut pertamanya selama event IFA 2013 di Berlin mulai 6-11 September besok, juga diposisikan sebagai gadget mobile kelas premium dari LG, seperti LG G2. Demikian seharusnya mereka juga menawarkan interface dan beragam aksesoris premium yang sama seperti LG G2.

Selain terpancar dari desain luarnya, LG juga mengajukan spesifikasi yang cukup tinggi untuk LG G Pad mereka ini. Mulai layar IPS dengan resolusi full HD 1920 x 1200 WUXGA (Widescreen Ultra Extended Graphics Array), yang diklaim menampilkan kualitas gambar pada resolusi yang lebih tinggi dibandingkan layar Full HD standar pada umumnya. Untuk mesin penggeraknya, LG menyerahkan pada chipset Qualcomm 8064M, dengan prosesor Snapdragon 600, yang memiliki empat inti Krait 300 dengan kecepatan 1.7GHz, dilengkapi GPU quad-core Adreno 320 pada kecepatan 400 MHz dengan kinerja grafis sebesar 86.4GFLOPS, serta dilengkapi DSP khusus untuk mendukung kinerja pemrosesan audio melalui Hexagon QDSP6V4 pada kecepatan 500 MHz.

LG juga berhasil menghadirkan dimensi yang kompak untuk G Pad mereka ini melalui ukuran bezel di kiri-kanan layar yang begitu kecil. Bahkan dengan ketebalan 8.3-milimeter dan berat  338-gram (setara dengan Galaxy Note 8.0), LG masih bisa memasukkan baterai berkapasitas besar 4600-mAh. LG mengklaim tablet mereka ini masih mudah digenggam dengan satu tangan. Oh ya, melalui salah satu press image terlihat tablet ini juga memiliki mic di sisi bawahnya, dan itu seharusnya digunakan untuk komunikasi suara. Semoga saja juga mampu dibuat melakukan panggilan suara langsung, karena dalam pernyataan media mereka, fitur GSM ini tidak disebutkan oleg LG.

Untuk interfacenya, selain memaksimalkan banyak aplikasi untuk interface pengoperasian layar besar, LG juga memasukkan beberapa aplikasi khusus yang akan terhubung dengan smartphone G2 nantinya, seperti melalui QPair. Aplikasi ini berfungsi menghubungkan G Pad dengan beberapa smartphone, dan meneruskan semua panggilan dan pesan yang diterima melalui smartphone agar muncul di G Pad, termasuk juga untuk membalas telepon dan pesan tadi juga bisa langsung dilakukan melalui G Pad. Solusi yang cerdas, terutama bagi mereka yang menggunakan smrtphone dan tablet, dan pada saat sedang aktif menggunakan tablet bisa menerima panggilan pada smartphone-nya. QPair ini juga bisa berhubungan dengan smartphone dan tablet dari brand lain, dengan kebutuhan minimal OS Jelly Bean.

Selain itu, banyak aplikasi dari LG G2 yang akan kamu dapati dalam G Pad ini, seperti Slide Aside yang memudahkan kita mengatur kinerja multi-tasking, QSlide untuk mengendalikan tiga aplikasi berbeda dalam satu window, hingga KnockON untuk mengaktifkan dan membuat standby G Pad dengan hanya mengetuk layarnya.

LG berencana mulai menjual LG G Pad 8.3 ini untuk Amerika Utara, Eropa dan Asia, serta region yang lain mulai kuartal keempat 2013, atau sekitar akhir tahun ini. Sementara itu kepastian tanggal dan berapa harganya akan mereka konfirmasikan lebih lanjut. Semoga saja selama IFA 2013 kita mendapatkan update untuk harga dan tanggal rilisnya.

Key Specification
• Processor: Qualcomm 8064M Qualcomm Snapdragon™ 600 Processor 1.7GHz Quad-Core
• Display: 8.3-inch WUXGA (1920 x 1200 pixels / 273 ppi)
• Memory: 16GB eMMC
• RAM: 2GB LPDDR2
• Camera: Rear 5.0MP / Front 1.3MP
• Battery: 4,600mAh
• Operating System: Android Jelly Bean 4.2.2
• Size: 216.8 x 126.5 x 8.3mm
• Weight: 338g
• Colors: Black / White

LG G Pad 8.3 : Teaser film

[cb type=”company”]LG[/cb]

Sumber: LG


SHARE
Previous articleSTGCC: Sambutan hangat dari Hot Toys & Action City. Replika Hall of Armor!
Next articleEye Candy: Deretan Concept Art Indah dari Elysium
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.