Apa Saja Perubahan yang Diberikan Blizzard dalam Diablo III Versi Konsol?

Setelah sukses menjadi salah satu game PC terbaik pada tahun 2012 lalu, Blizzard rupanya ingin memperluas fanbase dari Diablo III dengan rencana untuk merilis versi Xbox 360 dan PS3 mulai besok, 3 September 2013. Dari segi gameplay secara keseluruhan, tidak ada perubahan yang berarti antara versi PC dengan versi konsolnya nanti. Namun Blizzard tidak ingin membuat versi konsol ini hanya menjadi rilis ulang saja, karena mereka siap menghadirkan beberapa fitur baru, serta menghapus beberapa diantaranya yang kurang pas untuk konsol.

Apa saja perubahan yang diberikan Blizzard untuk Diablo III versi konsol kali ini? Yuk kita simak satu persatu!

  • Untuk versi konsolnya, Blizzard telah menyiapkan server tersendiri, terlepas dari versi PC-nya yang menggunakan Battle.net. Yap, mereka menyediakan server khusus untuk PSN dan juga XBLA dimana para gamer tidak akan saling bertemu jika berbeda server.
  • Dalam versi konsolnya kini terdapat mekanika permainan baru yaitu fitur Dogde. Kini kamu dapat bergerak cepat ke suatu arah yang kamu inginkan untuk menghindari serangan lawan. Memang skill ini sebenarnya sudah dimiliki oleh Demon Hunter, namun kali ini semua klas akan mendapatkan skill baru ini untuk mempermudah permainan, dan juga mempermudah kontrol menggunakan joystick.
  • Blizzard juga memberikan fitur baru yang dijuluki Nephalim Glory Globes, sebuah drop monster (berbentuk Orb) yang memberikan tambahan Buff bagi karakter yang mengambilnya.
  • Adanya fitur Co-oP hingga empat orang. Sistem ini sebenarnya mirip dengan sistem Party yang sudah ada pada versi PC-nya. Bedanya, kini kamu dapat bermain bersama teman-temanmu dalam satu konsol dan satu layar atau bermain secara Online dengan pengguna ID PSN atau XBLA.
  • Karena kini kamu dapat bermain secara bersamaan di satu layar, maka sistem drop item dan equip dibedakan dengan versi PC-nya. Kini masing-masing pemain akan mendapatkan hasil buruannya masing-masing. Bahkan drop item langka atau item legendaris kini lebih besar peluangnya di versi konsol ini.
  • Tidak perlu harus selalu Online seperti versi PC-nya.
  • Tidak adanya fitur Real Money Auction House, alias rumah lelang yang menggunakan uang asli untuk berjual beli item dan equipment.
  • Hadiah bagi yang melakukan Pre Order, seperti Infernal Helm, Angelic Wings, hingga Drake’s Amulet.
Screenshot multiplayer untuk versi Xbox 360

Selain dirilis untuk Xbox 360 dan PS3 mulai 3 September 2013 besok, kabarnya Blizzard juga siap membawa Diablo III ini untuk PS4 di tahun 2014 yang akan datang. Pengembangan versi PS4 ini lebih lama dibandingkan dua versi konsol lainnya, karena dalam sebuah kesempatan Blizzard mengungkapkan bahwa mereka ingin mengeksplorasi lebih jauh kemampuan yang ada dalam Dual Shock 4 termasuk touchpad-nya. Sedangkan mengenai ekspansi terbaru Reaper of Souls yang dikonfirmasikan selama Gamescom 2013 lalu, Blizzard juga mengungkapkan bahwa ekspansi tersebut pertama kali akan dirilis untuk PC dan Mac saja pada tahun 2014 mendatang. Belum ada rencana dari Blizzard untuk merilis ekspansi ini untuk konsol.


SHARE
Previous articleKevin Feige Ungkap Detail Para Karakter di Guardians of the Galaxy
Next articleDuniaku INAICTA Showoff: Anantarupa Studios
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.