Lensa Eksternal SmartShot QX10 dan QX100 Menampakkan Diri Sebelum IFA 2013

Perangkat pelengkap smartphone lainnya yang juga dinantikan kehadirannya selama IFA 2013 adalah lensa eksternal Sony DSC-QX10 dan DSC-QX100, yang akan mendukung aktifitas fotografi mobile melalui smartphone. Sebelum konfirmasi pertamanya selama IFA 2013, berikut kami mendapatkan detail spesifikasi kedua lensa tersebut.

Nantinya Sony akan memasarkan keduanya dalam sebuah brand baru, yaitu SmartShot (gabungan dari Smart-phone dan Cyber-shot). Sementara ini baru dua saja yang dikenalkan, yaitu SmartShot QX10 dan SmartShot QX100. Untuk QX10, dia memiliki sensor 1/2,3 inchi 18 megapixel CMOS dan lensa  f/3,3-5.9 dari Sony G Lens yang sama seperti Sony WX150 (harganya sekitar US $400), didukung Optical Steady Shot dan 10x zoom. Untuk QX10 dijual dengan harga US $250.

Sedangkan untuk QX100, yang akan dijual dengan harga $450, harga tersebut lebih murah $300 dibandingkan Cyber-shot DSC-RX100MII yang harganya di luar sana masih berkisar $750. QX100 juga menawarkan sensor dan lensa yang sama seperti DSC-RX100MII, yaitu 20.2 megapixel dan lensa f/1.8-4.9. Sementara kabar lainnya, QX100 akan menggunakan lensa ZEISS Vario-Sonar T* dengan bukaan F/1.8 dan 3.6x optical zoom, serta sensor Exmor R. Kedua model juga memiliki tombol On/Off-nya sendiri, serta kontrol zoom dan tombol shutter.

Dibandingkan resolusi yang ditawarkan smartphone unggulan dewasa ini yang mencapai 13-megapixel, memang keduanya tidak berbeda jauh. Namun dengan ukuran sensor yang lebih besar, jelas mampu menghasilkan kualitas yang lebih baik, apalagi kedua SmartShot ini didukung optik Carl Zeiss yang menawarkan optical zoom serta optical image stabilization. Disebutkan juga kedua lensa ini mampu merekam video HD video 1080/30p, berformat MP4, serta kemampuan merekam di kondisi minim cahaya namun dengan sedikit noise.

Sony juga menyediakan aplikasi khusus yang disebut PlayMemories, dan nantinya menjembatani SmartShot berhubungan dengan smartphone melalui koneksi Wi-Fi atau NFC. Melalui aplikasi tersebut kamu bisa mengatur zoom, exposure, white balance, dan focus melalui interface di layar smartphone. Foto yang diambil nantinya akan disimpan baik di memory lensa ini dan memory smartphone.

Sony memang mengenalkannya sebagai aksesoris pendukung Sony Honami, aka Xperia Z One. Namun baik QX10 dan QX100 ini bisa digunakan untuk semua smartphone Android dan iOS, dan rencananya pertama kali akan diperkenalkan 4 September nanti bersamaan dengan Xpeeria Z1 di Berlin.

Sumber: AlphaRumor


SHARE
Previous articleSamsung Galaxy Gear Ternyata Sangat Besar! Layarnya 3-inchi, dan Ada Kamera 4-megapixel
Next articleSamsung Dikabarkan Akan Mengenalkan Galaxy Note Dengan Layar 12-inchi Selama IFA 2013
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.