Mighty No. 9, Penerus Spiritual Mega Man dari Keiji Inafune!

Siapa bilang serial Mega Man (atau Rockman di Jepang) telah mati? Sang kreator, Keiji Inafune, yang kini mendirikan perusahaan sendiri bernama comcept setelah lepas dari Capcom, ternyata memiliki proyek penerus spiritualnya di Kickstarter, yang berjudul Mighty No. 9!

Mega Man menjadi salah satu ikon side-scrolling action klasik dari Jepang, dan kini Keiji Inafune akan mengubah dan membuatnya berevolusi bersama dengan tim all-star dari para pengembang di balik serial Mega Man, dan tentunya bersama kamu untuk mewujudkan mimpi tersebut dalam Mighty No. 9 ini.  Di halaman proyek Kickstarter-nya, target Mighty No. 9 ini adalah 900,000 US$ dalam waktu 30 hari, dan hingga saat ini sudah terkumpul sebanyak 12,420 US$. Proyek ini dikonfirmasikan oleh Keiji sendiri dalam panel di acara PAX Prime.

Mighty No. 9 mengisahkan petualangan Beck, nomer ke-9 dari jajaran robot super kuat dan satu-satunya yang tidak terpengaruh oleh sebuah virus komputer, sehingga semua makhluk mekanik berubah menjadi brutal. Kamu di sini akan memerankan Beck untuk berlari, melompat, menembak, dan berubah mengarungi enam stage yang ada (dan akan lebih banyak stage jika melebihi target dana yang terkumpul). Kamu bisa menggunakan beragam senjata dan kemampuan yang dicuri dari para musuh terutama dari para boss, dan tentunya akan mengubah bentuk Beck untuk mengalahkan mereka semua.

Tubuhnya bisa berubah menjadi bentuk baru, yang memungkinkan Beck mendapatkan skill dan kemampuan baru. Contohnya adalah tangannya yang berubah menjadi magnet besar, untuk memanjat di langit-langit atau mengambil paksa perisai musuh. Atau tangannya berubah menjadi semacam pegas untuk mengaktifkan tombol di kejauhan, atau memiliki badan mirip tank, sehingga dia bisa dengan bebas bergerak di atas duri dan mendorong obyek berukuran besar.

Kekuatan baru Beck juga bisa didapatkan dari musuh biasa ketika mengalahkannya menggunakan senjata tertentu, atau menyerangnya di titik lemah mereka. Jika berhasil, maka akan terbuka satu dari tiga tipe energi “Xel” (dibaca ”sel”) yang bisa diserap oleh Beck, disimpan, dan digunakan nanti. Xel ini bisa membuat Cell kemampuan lompatan dobel, meningkatnya kecepatan untuk sesaat, atau mengeluarkan deretan pukulan kuat ke arah musuh. Tentu kamu harus pintar menggunakan kekuatan Xel ini di saat yang tepat.

Sama halnya seperti Mega Man dan Roll, di sini Beck memiliki seorang adik perempuan bernama Call. Beck and Call. Rock and Roll, mirip bukan? Dari screenshot yang ada, semuanya terlihat seperti gambaran tangan 2D, tapi Mighty No. 9 adalah game 2.5D. Ini membuktikan bahwa grafisnya benar-benar berkualitas tinggi.

Beck
Desain konsep Call

Berikut adalah jajaran tim pengembang di balik Mighty No. 9 ini.

– Keiji Inafune selaku pimpinan proyek.

– Naoya Tomita (Tom Pon) selaku desain game (mengerjakan stage Mega Man 2 dan desain karakter di Mega Man 5 serta Mega Man 6).

– Kimo-Kimo selaku pimpinan desainer karakter (desainer karakter Street Fighter Alpha 3, Darkstalkers 3, The Legend of Zelda: The Minish Cap).

– Manami Matsumae menangani urusan musik.

– Shinsuke Komaki selaku pengarah art.

– Takuya Aizu selaku tim pengembang (CEO Inti Creates, Co. Ltd.).

– Koji Imaeda selaku sutradara.

– Yu ”Nick” Yu selaku produser dan menangani komunitas Jepang.

– Ben Judd selaku penasihat dan partner sourcing.

– 2 Player Productions yang menangani urusan video.

– S-4, Ltd. selaku konsultan, hubungan publik, translasi, dan menangani komunitas.

Rencananya, Mighty No. 9 akan dirilis oleh comcept dan tim all-star beserta Keiji untuk PC serta didistribusikan (DRM-free) via Steam di kuartal kedua tahun 2015 mendatang. Tentu kamu bisa menggunakan gamepad untuk memainkannya. Versi konsol, Mac, Linux akan menjadi prioritas berikutnya jika telah mencapai gol tertentu yang lebih besar (1,350,000 US$ untuk Mac dan Linux; 2,500,000 US$ untuk PS3, Xbox 360, dan Wii U).

[ Sumber : Mighty No. 9 at Kickstarter, Gematsu, Siliconera ]