Program ID@Xbox Akan Mendukung Semua Format Pembayaran untuk Game yang Didaftarkan

Pada ajang Gamescom 2013 yang berlangsung beberapa minggu lalu, Microsoft secara resmi mengkonfirmasikan program self publishing untuk para developer independen yang mereka sebut dengan ID@Xbox. Dengan mendaftarkan game atau aplikasi ke dalam program ini, developer akan menerima dua development kits Xbox One gratis, serta akses penuh ke Achievements, toolset Xbox Live, cloud service, Kinect dan SmartGlass agar bisa digunakan untuk game mereka. Nah, dalam ajang PAX Prime akhir minggu lalu, Microsoft kembali memberikan detail untuk ID@Xbox ini. Kali ini mereka mengungkapkan fleksibilitas pembayaran untuk game-game yang dibuat oleh developer untuk program ini.

Developer tidak perlu pusing untuk menentukan struktur harga game mereka dalam Xbox One nantinya. Dalam sebuah interview yang dikutip dari Joystiq, Chris Charla yang merupakan Portfolio Director for Digital Games dari Microsoft mengungkapkan bahwa program ID@Xbox ini nantinya akan mendukung semua model bisnis yang juga dimiliki oleh game-game Xbox One yang dikembangkan oleh developer yang sudah mapan. “Artinya, game dalam ID@Xbox nantinya akan mendukung format harga free to play, microtransaction maupun sistem harga premium,” ungkap Chris.

“Dalam Xbox One, game yang datang dari program ID@Xbox tidak akan memiliki perbedaan dengan game lainnya,” ungkap Chris. “Game tersebut tetap bisa mengakses Gamerscore, Achievement, dan bisa mendapatkan keuntungan dari Smartglass serta Kinect. Jika kamu bisa mengakses hal-hal tersebut di game-game Xbox One, maka kamu juga bisa mengaksesnya di game-game yang hadir lewat ID@Xbox,” yakinnya. Pernyataan ini tentunya menegaskan pernyataan Microsoft sebelumnya dalam Gamescom, yang menyatakan bahwa tidak ada perbedaan “perlakuan” antara game yang dikembangkan oleh developer mapan dengan developer independen yang mendaftar melalui ID@Xbox.

Program self publishing yang pertama kali diungkapkan pertengahan Juli lalu ini bisa diakses melalui xbox.com/id. Sebagai permulaan, program ini baru dikhususkan untuk developer yang sudah memiliki track record mengembangkan game-game untuk konsol selama tahap awal program ini, yang akan dimulai akhir tahun mendatang atau beberapa saat setelah Microsoft meluncurkan Xbox One pada November mendatang.

[Sumber: Joystiq]


SHARE
Previous articleDetail Sistem Pertarungan dan Unit LBX Baru di Danball Senki Wars!
Next articleTamashii Nations Hadir di Anime Festival Asia 2013!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.