Samsung Galaxy Gear Ternyata Sangat Besar! Layarnya 3-inchi, dan Ada Kamera 4-megapixel

Selain Galaxy Note III, smartwatch pertama Samsung yang sementara ini disebut sebagai Galaxy Gear, akan menjadi salah satu gadget paling dinanti ketika dikonfirmasikan selama IFA 2013 6 – 11 September besok. Menjelang peluncurannya, Gear muncul dalam beberapa gambar tidak resmi, yang memberi kita gambaran seperti apa kira-kira desain finalnya.

Gambar berikut diambil dari bocoran video promo Galaxy Gear (karena memang Samsung tidak mengijinkan mengambil gambar langsung ke versi purwa rupa yang mereka demokan), dan memperlihatkan desain final Gear yang tidak jauh berbeda dari beberapa gambar konsep yang kita ketahui sebelumnya. Jam tangan Android ini menggunakan layar 3-inchi dengan bentuk kotak (kebayang kan betapa besarnya Gear?), berbahan OLED, ada speaker di bagian tali pengkatnya, kamera 4-megapixel di sisi atas layar, yang akan menjadi pendukung selama merekam data kesehatan pengguna, memotret makanan, memberi tanda apakah makanan tersebut baik untuk kesehatan, dan melalui aplikasi khusus, akan membantu kita mengenali apakah makanan yang akan kita makan itu berlemak tinggi.

Galaxy Gear bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan smartphone “induknya” (dalam hal ini Galaxy Note III) menggunakan koneksi Bluetooth, sehingga dengan mudah panggilan suara kita lakukan melalui jam cerdas ini. Seperti tipikal Galaxy Samsung, kamu juga bisa memerintahkannya melakukan fungsi lain dengan perintah suara melalui aplikasi S Voice. Layarnya meskipun kecil, juga akan digunakan untuk menampilkan update dari jejaring sosial kita, dan bahkan meng-update status. Berkat adanya modul Wi-Fi di dalam Gear, kita bisa terhubung mudah ke internet melalui koneksi ke hotspot Wi-Fi.

Sepertinya selain menjadi pendamping smartphone / tablet Galaxy, Samsung akan membuat Gear sebagai sarana terbaik untuk memantau kesehatan penggunanya. Selain aplikasi jejaring sosial, Gear dipenuhi dengan aplikasi pemantau kesehatan, dan nantinya mungkin saja mampu mengukur berapa kali kita melangkah, detak jantung, dan kalori yang dikeluarkan. Sumber kami juga menyebutkan jika Gear mampu bertahan hingga 10 jam.

Sepertinya kita perlu menunggu konfirmasi Samsung selama IFA 2013, untuk mendapatkan kejelasan, akan mereka posisikan sebagai apa si Gear ini. Sementara itu, bisa kamu lihat dulu penampilan Gear berikut ini.

Sumber: VentureBeat