Detail Baru Xbox One, Mulai Dukungan untuk Delapan Kontroler hingga Penggunaan Hardisk Eksternal

Setelah tidak memberikan banyak update saat hadir dalam Gamescom 2013 lalu, kali ini Microsoft kembali memberikan detail baru untuk Xbox One. Kali ini, mereka mengkonfirmasikan beberapa detail mengenai penggunaan kontroler dan juga dukungan untuk penggunaan hardisk eksternal untuk menyimpan data-data game.

Pertama mengenai kontroler untuk Xbox One. Dalam halaman produknya, Microsoft mengkonfirmasikan bahwa Xbox One nantinya akan mendukung penggunaan delapan kontroler secara bersamaan dalam Xbox One. Tentunya ini merupakan peningkatan dari Xbox 360, dimana dalam Xbox 360 Microsoft hanya memberikan dukungan untuk menggunakan paling banyak empat kontroler saja secara bersamaan. Hal ini juga sedikit banyak memberikan opsi tambahan bagi para developer yang ingin menghadirkan lebih banyak pemain saat mengimplementasikan fitur multiplayer dalam satu layar. Untuk kontrolernya sendiri, Microsoft mengklaim bahwa sensor wireless yang dimiliki kontroler Xbox One bisa menjangkau hingga 30 kaki atau sekitar 9.2 meter.

Di sisi lain, Sony masih belum mengkonfirmasikan berapa banyak kontroler yang akan mereka dukung dalam satu konsol secara bersamaan dalam PS4. Kilas balik, PS3 dahulu memiliki kemampuan untuk mendukung maksimal tujuh kontroler secara bersamaan, meskipun jarang dimanfaatkan oleh developer untuk menghadirkan fitur multiplayer offline untuk tujuh orang pemain.

Kedua, Microsoft sudah mengkonfirmasikan bahwa mereka tidak akan memberikan dukungan untuk penggunaan hardisk eksternal saat Xbox One dirilis perdana nanti. Namun bukan berarti Xbox One tidak bisa menggunakan hardisk eksternal selamanya, karena sampai sekarang mereka masih mempersiapkan fitur tersebut untuk diimplementasikan di kemudian hari. Hal ini disampaikan langsung oleh Director of Programming dari Xbox Live, Larry Hyrb yang selama ini kita kenal dengan sebutan Major Nelson lewat salah satu podcast-nya. “Xbox One akan hadir dengan hard drive sebesar 500GB. Rencana ke depan adalah tentu saja dukungan untuk external storage, seperti yang kami lakukan di Xbox 360. Menurut pengamatan saya, fitur ini nantinya tidak akan diimplementasikan saat konsol pertama kali dirilis karena tim masih mempersiapkannya. Tetapi hal tersebut tentu sudah masuk dalam daftar kami, namun saya tidak tahu kapan akan diimplementasikan,” ungkap Major Nelson dalam podcast tersebut.

Pernyataan ini juga sejalan dengan pernyataan Head of Product Planning dari Xbox One, Albert Penello pada bulan Mei lalu. Pada saat itu, Penello mengungkapkan bahwa Xbox One akan hadir dengan hard drive sebesar 500GB yang tidak bisa dilepas. Jika ingin menggunakan hardisk eksternal tambahan, kamu nantinya bisa menghubungkannya dengan konsol melalui port US 3.0 yang tersedia.

Xbox One menurut rencana akan dirilis pada bulan November 2013 yang akan datang. Kabarnya, Xbox One akan hadir lebih awal dibandingkan PS4, dimana Xbox One akan dirilis pada 8 November, sedangkan PS4 akan dirilis pada 15 November.

[Sumber: CVG]


SHARE
Previous articleFirst Look DreadEye: Proyek Lanjutan Setelah DreadOut Yang Menggunakan Oculus Rift!
Next articleZigma #130: Grand Theft Auto V. Dengan “V” Untuk “Victory!”
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.