IFA 2013: HTC Konfirmasikan Desire 601, Desire 300, Speaker BoomBass dan HTC One “Vivid Blue”

Menjelang event Internationale Funkausstellung Berlin (IFA) 2013 yang akan diadakan 6 September hingga 11 September 2013 besok di Berlin, para vendor smartphone dunia mulai bersiap pamer produk yang akan mereka bawa ke pameran radio internasional tersebut. Seperti HTC, yang mengkonfirmasikan dua Android kelas menengahnya, Desire 601 dan Desire 300, versi warna biru dari HTC One dan One mini, serta aksesoris baru yang mereka sebut sebagai BoomBass, dengan peran sebagai pendamping pengalaman efek audio HTC BoomSound.

Pertama dengan Desire 601, yang sekilas menjadi perpaduan antara HTC One S dan One X, atau lebih mirip Desire 600 dual SIM yang dikenalkan sebelumnya, namun di sini hanya ada satu slot SIM. Desire 601 ini juga mengajukan spesifikasi yang sederhana. Kamu hanya mendapati layar 4.5-inchi dengan resolusi qHD atau 540×960-pixel, prosesor 1.4 GHz melalui chipset Snapdragon 400 (MSM8930), RAM 1 GB, dan kamera utama 5-megapixel dengan bukaan lensa serta focal length yang sama seperti seri One tahun 2012 lalu. Kamera depannya sendiri hanya VGA.

Sejalan dengan konsep desain One edisi 2013, Desire 601 menempatkan dua speaker stereo di sisi depan. Dengan ketebalan 9.88mm, Desire 601 lebih tebal dari Desire 600 dual sim, namun kapasitas baterainya juga meningkat menjadi 2100mAh — yang tidak bisa bebas dilepas. Berkat chipsetnya yang lebih baik, Desire 601 yang juga dikenal dengan kode nama Zara ini mampu bekerja di koneksi data LTE dan HSPA+ 42Mbps. Bahkan beberapa aplikasi yang sebelumnya dikenalkan melalui HTC One seperti HTC Zoe (menambah video 3 detik dari setiap foto yang kita ambil) dan Video Highlights dalam Gallery (menciptakan gabungan klip video dan foto yang diambil dalam satu lokasi ke dalam video sepanjang 30 detik).

Selain itu beberapa fitur kamera Desire 601 ini juga mengadopsi kemampuan kamera HTC One, seperti Sequence shot, Always Smile, Object Removal dan VideoPic. HTC sendir memberikan sensor 1 /4″ BSI dengan bukaan yang besar F/2.0 serta 28mm wide len, serta juga didukung dengan chip image processing HTC yang disebut HTC ImageChip. Racikan kamera tersebut membuat Desire 601 mampu merekam video hingga 1080p, dan bahkan resolusi yang lebih rendah bisa direkam secara slow motion.

Kemudian untuk Desire 300, tipe ini ditempatkan di bawah 601, serta masuk kelas low-nya HTC. Dijalankan oleh chipset jadul Snapdragon S4 SoC (kemungkinan besar MSM8x27) dengan prosesor dual core pada 1.0 GHz, 512 MB RAM, dengan layar 4.3 inchi WVGA, serta kamera yang di-downgrade menjadi 5-megapixel namun hanya dengan bukaan F/2.8 serta 34mm focal length. Meskipun rendah spesifikasinya, namun ternyata HTC masih mampu memasukkan fitur Blinkfeed, yang menghiasi tampilan antar muka homescreen smartphone-mu dengan kotak-kotak live tile (yang terupdate otomatis) dan juga update jejaring sosial.

Kemudian aksesoris bluetooth yang juga mereka konfirmasikan disebut sebagai BoomBass, tidak lain merupakan subwoofer eksternal yang begitu kompak, dilengkapi amplifier tersendiri yang akan mendukung audio BoomSound-nya HTC. BoomBass yang dimensinya 64 x 64 x 64mm ini ditujukan untuk mengisi kurangnya respon frekuensi bass dari speaker BoomSound pada tipikal Android HTC dengan dua speaker, seperti HTC one, HTC Desire 600 dual sim dan Desire 601. Boom Bass menggunakan NFC untuk pairing Bluetooth, serta bisa dijangkau hingga jarak 10 meter. Baterainya sendiri 1200mAh dengan klaim masa aktif 9 jam.

Oh ya, HTC juga mengumumkan varian warna baru untuk, yaitu “Vivid Blue” dari HTC One dan One mini, yang akan mulai dijual akhir 2013 nanti. Sedangkan untuk Desire 601 dan Desire 300, keduanya direncanakan mulai dijual Oktober mendatang, walaupun harganya belum dipastikan. Sepertinya kita akan mendapat jawabannya selama IFA 2013 yang tinggal beberapa hari saja mulai berlangsung.

[cb type=”company”]HTC[/cb]

Sumber: HTC Desire 601Desire 300


SHARE
Previous articleMicrosoft Membeli Nokia Seharga Rp. 79,3 Trilyun! Tanda Kematian Brand Smartphone Nokia?
Next articleMenjelang Dirilisnya BBM Untuk Android dan iOS, Kenali Dulu Interface-nya Melalui Demo Video
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.