Jogja Game Jam, Event Kolaborasi Game Developer Jogja Siap Digelar!

Gamelan, komunitas game developer Jogja kembali menggelar acara untuk para pengembang game di Jogja dan sekitarnya. Event kali ini adalah Jogja Game Jam 48 Hours (JGJ48), yaitu event pembuatan game secara kolaborasi dalam waktu 48 jam. JGJ48 terbuka untuk semua game developer baik yang profesional maupun yang amatir. “Kami terbuka untuk semua teman-teman developer, baik yang masih pemula maupun yang sudah profesional silahkan ikut serta. Harapannya ada ilmu yang saling bertukar,” ujar Frida Dwi atau yang lebih akrab disapa dengan Ube, salah satu panitia JGJ48 ini seperti dikutip dari pernyataan resminya. 

JGJ48 akan dilaksanakan pada 13 September 2013 di Jogja Digital Valley (http://jogjadigitalvalley.com/) yang bertempat di jalan Kartini no 7 Sagan, Yogyakarta. Jogja Digital Valley sendiri adalah co-working space milik Telkom yang baru saja diresmikan beberapa waktu lalu. “Saat pertama kali lihat JDV, langsung ‘klik’ kalau ini adalah tempat yang pas buat bikin game jam. Fasilitasnya pas banget. Ada meja yang lumayan banyak, internet cepat, dan juga kita didukung dengan beberapa mobile device yang bisa dipake untuk testing game selama proses development nantinya,” tambah Ube.

Selain Game Jam, dalam rangkaian JGJ48 juga diadakan workshop yang akan dilaksanakan pada siang harinya. Workshop yang didukung oleh BlackBerry ini mengangkat topik tentang pembuatan game untuk platform BlackBerry 10 yang akan dipandu langsung oleh BlackBerry Developer Evangelist, Muhammad Sumyandityo Noor atau yang lebih akrab disapa dengan Didiet. Workshop juga dilaksanakan di JDV dan dimulai pukul 13.00 siang. “Workshop ini terbuka untuk umum, tidak terbatas hanya untuk peserta JGJ48,”  jelas Didiet seperti dikutip dari pernyataan resminya.

Selain JDV dan Blackberry, adalah Scirra (https://www.scirra.com/) developer software yang berlokasi di London, Inggris turut serta mendukung event JGJ48 ini. Scirra sendiri adalah pengembang software Construct2 yang merupakan tools pengembangkan game berbasis HTML5. “Ashley dan Thomas, duo pengembang Construct2 sangat mendukung acara-acara seperti ini, karena sangat sesuai dengan software yang mereka buat. Fitur-fitur dalam Construct2 dapat membantu developer membuat mockup dan prototype game dengan cepat, no coding required” jelas Ube.

Untuk informasi dan update terbaru Jogja Game Jam 48 Hours ini, kamu dapat mengunjungi link berikut ini. “Semua informasi bisa diakses dan ditanyakan disana, bahkan update keadaan saat JGJ48 berlangsung nanti akan kami update via tumblr kami” ujar Damas, salah satu game developer jogja yang juga merupakan salah satu panitia JGJ48. Untuk pendaftaran peserta bisa langsung kunjungi link berikut ini, “Untuk JGJ48 yang pertama ini kami membuka slot pendaftaran untuk 20 peserta terlebih dahulu, jika peminatnya banyak akan kami upayakan untuk ditambah slot peserta” jelas Ube.

Kamu berdomisili di Jogja dan tertarik untuk mengikuti JGJ48? Segera daftarkan dirimu ya!