STGCC: Karya-karya Anak Bangsa di Artist Alley Singapore Toys Game Comic Convention 2013

Tidak sedikit insan kreatif Indonesia dengan karya-karya mutakhirnya mewarnai Artist Alley di STGCC 2013 tahun ini. Duniaku Mari kita wawancara beberapa pengisi booth yang datang dari Indonesia ini.

BOOTH AMITRI & PLANKTON – Nomer G42:

Dynamic Duo dengan latar belakang yang berbeda, bersatu dalam satu karya. Mbak Amitri adalah seorang penulis drama radio, FTV, dan novel. Sedangkan mas Wahyu salah satu pendiri studio komik lokal PLANKTON di Jakarta yang sering sekali membuat komik-komik edukasi untuk yayasan/LSM. Mereka datang ke STGCC untuk mempromosikan karya terakhirnya, yaitu sebuah komik SALVANGELS, yang bercerita tentang super hero dari kalangan manusia biasa, tanpa kekuatan super. Dalam ceritanya pesan terkuat yang ingin disampaikan adalah kita semua bisa menjadi super hero.

Ini pertama kalinya “Amitri & Plankton” mengikuti STGCC 2013 dengan tujuan untuk menambah ilmu dan pengalaman, lalu mereka juga ingin mencoba mencari networking baru dengan salah satu cita-cita bisa menembus industri komik global. Sukses terus ya Mbak Amitri & Mas Wahyu!

BOOTH MAHARANI – Nomer G21:

Maharani adalah sebuah grup gabungan yang diisi oleh wanita-wanita berbakat dari Jakarta, yang memiliki banyak karya illustrasi yang ditumpahkan kedalam berbagai macam media dan merchandise. Maharani ini menjual berbagai macam produk-produk handmade seperti strap HP, pin, komik, kipas, bookmark, art print, dll. Mereka sudah rutin mengikuti/hadir meramaikan STGCC dari tahun 2010 lalu.

Booth Maharani selalu ramai oleh pembeli karya-karya mereka, dan ketika mereka ditanya apakah akan kembali lagi tahun depan? Jawabannya jelas, “pastinya dong!”… Sukses terus ya gadis-gadis berbakat di grup Maharani!

BOOTH ARIO ANINDITO & R.HAKIM – Nomer G19:

Mas Ario dan Hakim adalah sahabat lama yang sering membuat project art bersama. Mas Ario mempunyai pengalaman kerja yang luar biasa. Beliau pernah menjadi Art Director di film Finding Srimulat, Drupadi, dan The Night Comes for Us. Sudah pernah mengikuti STGCC selama 2 tahun berturut-turut bersama KOLONI di tahun 2009. Lalu mas Hakim juga mempunyai karya-karya yang mutakhir, dan baru tahun ini mereka membuka booth bersama di STGCC. Fokus mereka pada desain dan illustrasi, dan menjual karya-karya mereka dalam bentuk Art Print.

Harapan mereka di STGCC adalah menambah wawasan dan pengalaman, menjual karya, dan menambah networking pastinya. Ketika ditanya apakah akan kembali ikutan STGCC tahun depan?  “Orang Singapure memiliki apresiasi karya yang sangat tinggi, dan kita senang bisa ikutan event seperti ini” ujar mereka. Baiklah sukses terus mas Ario & Hakim!

BOOTH WICKANA & RESATRIO – Nomer G17:

Lagi-lagi sebuah studio gabungan dari 2 orang seniman berbakat. Wickana adalah seorang visual artist yang bekerja di sebuah advertising agency di Jakarta. Style artnya lebih ke aliran surealis. Wickana membuat karya-karya surealisnya dan menjualnya dalam bentuk kalung, postcard, case iPhone, bookmark dan totebag. Sedangkan Tio adalah seorang graphic desainer otodidak, yang sangat menggemari tehnik kolase dalam karya-karyanya.

Mengikuti STGCC untuk menambah networking dan berkenalan dengan teman-teman seniman lainnya dari seluruh dunia yang ikutan hadir ke STGCC ini. Sukses terus ya Wickana & Tio!

BOOTH ERIC & DAVID – Nomer F48:

Kali ini perwakilan dari kota Bandung! Kedua pria lulusa arsitek Unpar ini datang ikut meramaikan STGCC dengan karya-karyanya! Mas Eric dengan background lulusan arsitek, yang akhirnya lebih tertarik memfokuskan diri ke illustrasi digital dan komik selama 4 tahun terakhir. Sudah pernah menerbitkan komik DARK VENUS melalui Elex Media. Sedangkan mas David lebih memfokuskan diri ke illustrasi dan lukisan manual. Sudah 3 tahun fokus menjadi illustrator cover novel, dia juga sering memenangkan lomba desain poster.

Ini pengalaman mereka pertama mengikuti STGCC, cita-cita mereka bisa menembus industri illustrasi dan komik global! Maju trus mas Eric dan david!

Selain itu juga ada FIFTY SIXTY (50/60) di booth nomer G48 ada 5060™ by machine56 dan PUNAKAWAN STUDIO (Pipin L. Tobing, Ardian Syaf Noval N. Hernawan) di booth nomer G44-46  yang sangat disayangkan sekali kami masih belum mendapat kesempatan yang baik untuk ngobrol dengan mereka karena booth mereka selalu dipenuhi pengunjung yang, karena memang karya-karya mereka sudah berhasil menembus pasar global. Bangga sekali berjumpa banyak anak bangsa yang ikut meramaikan STGCC 2013! Maju terus Indonesia!


SHARE
Previous articleSTGCC: Foto-foto Ccosplayer di Singapore Toys Game Comic Convention 2013!
Next articleJogja Game Jam, Event Kolaborasi Game Developer Jogja Siap Digelar!
Green Gentleman | Urban Walkers | Monstrologist & Cryptozoologist | WWII Maniac | Boardgamers & Digital Gamers | Founder of Pure Ink Creative Studio + Movies Explorer Club + World Mythology Community + Gotham Citizen Club.