Mengenal Lebih Dekat Own Pet Dragon, Jawara Kategori Games dalam INAICTA 2013!

Kategori Games adalah salah satu kategori yang menyedot banyak perhatian dan peserta dalam INAICTA 2013. Salah satu penyebabnya adalah mulai bergeliatnya kembali industri pengembangan game di Indonesia selama dua hingga tiga tahun terakhir. Nah, dari sekian banyak game yang didaftarkan, akhirnya Own Games, studio yang berasal dari Bandung berhasil menyabet gelar tertinggi dalam kategori tersebut lewat game untuk mobile yang dibawanya, Own Pet Dragon. Own Games sendiri sebelumnya juga sempat memberikan kejutan saat kolaborasinya dengan Project Pop menghasilkan satu game berjudul Power Pop juga untuk mobile.

Nah, dalam kesempatan kali ini, saya berkesempatan mewawancarai Eldwin Viriya, CEO dari Own Games mengenai keberhasilan Own Pet Dragon menyabet gelar di INAICTA 2013 ini. Seperti apa sih Own Pet Dragon? Dan apa yang membuat banyak juri akhirnya menahbiskan game ini menjadi game terbaik dalam INAICTA 2013? Simak wawancara antara saya dengan Eldwin berikut ini!

Duniaku (D): Hallo! Selamat ya Own Pet Dragon berhasil jadi juara di INAICTA 2013! Bisa deskripsikan sedikit, seperti apa sih Own Pet Dragon ini?

Eldwin (E): Hallo juga! Terima kasih buat dukungannya. Own Pet Dragon itu game simulasi hewan peliharaan, dalam kasus ini naga. Own Pet Dragon memanfaatkan semua fitur yang ada di platform Asha semaksimal mungkin agar bisa membawa smartphone gaming experience ke smartphone lite dan feature phone. Own Pet Dragon saat ini mencakup 4 jenis elemen naga dasar yang dapat berubah tergantung bagaimana player memeliharanya. Total terdapat dua belas spesies naga yang dapat dipelihara oleh pemain.

D: Fitur-fitur apa yang menjadi andalan dari game ini?

E: Pemain dapat mengelus-elus, memandikan, memberi makan naganya agar bisa berubah dan tumbuh, pemain juga bisa memainkan dua mini game dan juga melakukan petualangan melawan monster-monster. Semakin sering naga tersebut diajak bermain dan berpetualang, naga tersebut akan semakin kuat. Kekuatan naga tersebut akan bermanfaat ketika naga-naga tersebut memasuki battle arena. Battle arena adalah sebuah fitur dimana sesana pemain Own Pet Dragon dapat bertarung satu sama lain via bluetooth. Selain itu, player juga dapat mengambil foto bersama naga peliharaannya melalui fitur dragon kamera.

D: Sejak kapan mengembangkan game ini, dan berapa lama waktu pengembangannya?

E: Game ini sudah dikembangkan dari bulan Maret 2013. Waktu itu kerjainnya cuma tiga mingguan. Udah gitu sambung dulu proyek lain, terakhir difinalisasi selama satu minggu dan terbit bulan Mei 2013.

D: Wow, cepet juga ya proses pengembangannya!

E: Haha,, cepet soalnya waktu bulan Mei terbit itu, cuma ada satu naga (warna merah aja), belum bisa perang via bluetooth, dan belum ada kamera. Nah, di bulan Juni, kita tambah lagi satu bulan buat develop fitur-fitur yang barudan tambah naga-naga yang lain. Jadi kalau untuk sampai jadi game yang seperti sekarang, makan waktu sekitar 2 bulan…

D: Bagaimana tanggapan juri terhadap game ini? Mungkin ada komentar yang paling berkesan dari juri?

E: Kalau tanggapan juri, juri suka sama grafis pixel art-nya. Kami jelaskan juga bahwa grafis pixel art ini emang cocok untuk feature phone. Soalnya pixel art-nya benar-benar kita perhitungkan secara detail waktu pembuatan asset dari jumlah warna, ukuran file, dan sebagainya. Dengan grafik pixel art yang dioptimasi ini, bakal mempengaruhi ukuran dari file game final-nya. Karena targetnya feature phone / smartphone lite, jadi marketnya pasti sensitif terhadap ukuran file. Makanya pixel art ini tidak sembarangan bikin pixel aja, tapi mendukung ke produk finalnya juga. Jadi jurinya emang suka pixel art, udah gitu kita jelaskan juga alasan kenapa pixel art-nya jg. Terus ya mereka juga tampaknya cukup senang dengan ide: “bring smartphone gaming experience to feature phone” :D

D: Rencana ke depan dari Own Games sendiri? Apakah ada game yang tengah dikembangkan lagi?

E: Ada beberapa game di lumia yang sudah disiapkan dari 4 bulan silam, untuk windows phone tepatnya. Harusnya sudah siap rilis di bulan depan, dan Own Pet Dragon ini juga kita ada rencana tambah naga dan fitur juga.

D: Ada bocoran untuk game barunya?

E: Judulnya nanti Own Kingdom. :D

D: Terima kasih buat waktunya, sukses terus buat Own Games. Sekali lagi, selamat atas kemenangannya!

E: Terima kasih juga!

Bagi kamu yang tertarik dan ingin mencoba Own Pet Dragon, game ini sudah dirilis untuk mayoritas semua ponsel Nokia Asha, mulai dari yang full touch (305, 309, 311, dan sebagainya), qwerty (Asha 210, dan yang S40-nya juga seperti C3, X2-01),  candy bar dan touch and type, serta yang paling baru Asha 501. Kamu bisa mendapatkan game tersebut dengan men-download-nya di Ovi Store melalui link berikut ini