Microsoft Siapkan Rencana untuk Eksistensi Xbox 360 Pasca Perilisan Xbox One

Seperti yang kita tahu, tahun ini Microsoft dan Sony akan merilis konsol generasi kedelapan mereka, Xbox One dan PS4. Banyak yang antusias menyambut perilisan tersebut, namun tidak sedikit juga yang khawatir, khawatir apabila pasca perilisan Xbox One dan PS4 nanti, Microsoft dan Sony akan meninggalkan Xbox 360 dan PS3 sepenuhnya. Namun mereka, terutama Microsoft sudah mengungkapkan bahwa mereka sudah memiliki rencana ke depan untuk Xbox 360 pasca perilisan Xbox One.

Mengapa Microsoft yang paling patut dikhawatirkan? Seperti yang kita tahu transisi dari Xbox generasi pertama ke Xbox 360 beberapa tahun lalu berjalan tidak sesuai dengan harapan. Microsoft terlalu cepat meninggalkan Xbox pasca merilis Xbox 360, yang membuat umur Xbox lebih pendek jika dibandingkan pesaingnya saat itu, PS2. Kedua, tahun ini Xbox 360 memiliki judul eksklusif lebih sedikit dibandingkan dengan PS3. Xbox 360 hanya menyisakan Fable Anniversary dan World of Tanks: Xbox 360 Edition yang masih belum dirilis untuk tahun ini.

Namun Microsoft melalui bos Xbox Europe-nya, Chris Lewis mengungkapkan bahwa umur Xbox 360 masih panjang di masa yang akan datang. Salah satu penyebabnya adalah masih banyaknya judul game dari developer pihak ketiga plus model baru untuk Xbox 360. Keduanya akan dipromosikan lebih intensif lagi menjelang akhir tahun ini. “Kami tetap memiliki komitmen yang tinggi untuk bisnis Xbox 360,” ungkap Lewis. “Komitmen ini adalah bagian yang penting dari ekosistem kami,retailer yang menjadi partner kami, developer pihak ketiga kami dan juga tentu saja untuk ekonomi kami. Jadi kamu akan melihat kami memasarkan Xbox 360 dengan intensif,” paparnya.

Versi baru Xbox 360 yang diperkenalkan saat E3 2013 lalu

“Terdapat juga konten fantastis yang akan hadir untuk Xbox 360. GTA V dan FIFA 14 adalah beberapa diantaranya yang muncul bulan September ini. Kedua konsol kami (Xbox 360 dan Xbox One) menurut pandangan kami akan memiliki masa depan yang sehat selama beberapa tahun,” lanjutnya. Kekhawatiran terhadap masa depan Xbox 360 bukan hanya dirasakan oleh para gamer, tetapi ternyata juga dirasakan oleh tim Xbox sendiri. “Dalam tim, saya melihat banyak orang khawatir terhadap rencana Xbox 360, yang ingin memastikan bahwa rencana tersebut cukup kuat, memiliki ruang yang sehat di retailer, dan memanfaatkan konten dari pihak ketiga seperti yang saya sebutkan di awal. Kita akan melihat eksistensi yang sehat baik untuk Xbox 360 maupun Xbox One,” janjinya.

Seperti janji dari Microsoft, tampaknya masa depan Xbox 360 masih akan cukup panjang, dan tidak bernasib sama dengan Xbox meskipun penerusnya dirilis nanti. Bagaimana pendapatmu?

[Sumber: MCV]