Dragon Zakura Di-Reboot Oleh Komikus Indonesia!

Di Jepang, ujian masuk universitas adalah sebuah ujian yang bisa dikatakan sangat susah, apalagi untuk masuk ke Universitas Tokyo atau Tokyo Daigaku. Universitas yang sudah menjadi primadona di Jepang ini memang memiliki peminat yang sangat tinggi dengan kuota penerimaan yang tidak banyak. Hal ini membuat banyak pelajar berlomba-lomba untuk memasuki universitas yang juga dikenal dengan nama ToDai tersebut. Tidak hanya itu, banyak pula calon mahasiswa yang rela untuk mengulang ujian hingga tiga sampai empat kali untuk akhirnya bisa lolos ke dalam universitas idaman tersebut.

Perjuangan keras para pelajar tersebut rupanya mendapatkan simpati dari salah satu mangaka Jepang yang bernama Norifusa Mita. Mangaka ini akhirnya membuat manga berjudul Dragon Zakura untuk menggambarkan perjuangan para murid yang ingin masuk ke universitas tersebut.  Bercerita tentang seorang mantan anggota geng motor yang akhirnya menjadi seorang guru bernama Kenji Sakuragi, para pembaca diajak melihat kegigihan Kenji dalam menempa murid-muridnya untuk dapat lolos ujian masuk di ToDai.

Manga ini sudah tamat pada tahun 2007, dan sudah mendapat dua adaptasi Live Action yakni di Jepang, dan di Korea dengan judul God of Study atau Master of Study. Namun, sepertinya, persaingan ujian masuk yang ketat membuat pihak TG Rights Studio ingin membuat reboot dari manga ini. Mereka memutuskan untuk bekerja sama dengan pihak Kompas Gramedia dan komikus lokal (yang belum diketahui namanya dari berita-berita yang sudah ada) untuk membuat reboot dari manga ini dengan setting seluruhnya di Indonesia. Ada alasan kuat dari TG Rights Studio Co. untuk memilih Indonesia sebagai partner untuk reboot dari manga ini, berikut adalah alasannya yang dikutip langsung dari artikel di Asahi

“As entrance exams have also become highly competitive in Indonesia, we concluded that it would be easier to win over readers there. We can also expect demand for merchandising rights for lucky charms for exams, study guides and other materials… It will be adapted to incorporate social situations like the fact most people commute on motorcycles. Also, it will put things in a cultural context such as locals behaving differently depending on which islands they are originally from.”

(kiri) Kenji Sakuragi (Kanan) Donny, alias Kenji versi Indonesia.
Mungkin kalian bisa menebak komikus lokal mana yang diajak kerja sama dengan melihat gambar di atas? 
Memang, di Indonesia sendiri, persaingan untuk memperebutkan kursi mahasiswa sangatlah ketat. Terkadang, tidak hanya faktor pintar saja untuk bisa membawa para calon mahasiswa kepada kemenangan, namun juga faktor luck. Hal ini sudah menjadi fenomena yang tidak asing di Indonesia, dan perjuangan para murid ini akan dipotret dalam Dragon Zakura reboot dengan tokoh utama Donny yang menggantikan Kenji. Komik ini akan dirilis secara digital pada bulan ini, namun masih belum ada keterangan lebih lanjut mengenai hal ini. Untuk bukunya sendiri akan dirilis tahun depan.  Berita mengejutkannya lagi adalah, TG Rights Studio ternyata akan mengembangkan kerja sama lebih lanjut dengan Indonesia untuk remake dari beberapa manga lain.  Wah, kira-kira manga apa lagi yang akan di-Indonesia-kan ya?

SHARE
Previous articleCukup Tambah US $10 Untuk Upgrade Game Xbox 360 ke Xbox One
Next articleBertemu Vandaria Dream Team di Indonesia Game Show 2013!
Penggemar berat Roger Federer, Jouji Nakata, Sho Hayami, dan Suwabe Junichi. Wota iDOLM@STER dan juga seorang penikmat game yang memiliki karakter laki-laki 30 tahun ke atas. Silahkan lihat kegalauan saya di twitter: ryofucha