IFA 2013: Samsung Umumkan Galaxy Gear, Smartwatch Pendamping Smartphone dan Tablet Galaxy

Ternyata meleset! Sebelumnya banyak yang percaya jika Galaxy Gear, smartwatch Samsung yang diumumkan bersama Galaxy Note 3, ukurannya sangat besar. Namun Samsung selama IFA 2013 melalui conference mereka pre-IFA menepis semua rumor. Galaxy Gear resmi dikonfirmasikan dengan layar AMOLED 1.63-inchi, resolusi 320×320-pixel, 277-ppi, internal storage 4GB, prosesor 800MHz dan RAM 512MB, atau lebih pas dengan rumor pertamanya Agustus lalu.

Seperti jajaran smartwatch lainnya, Samsung memposisikan Gear sebagai aksesoris pelengkap untuk keluarga Galaxy (bukan ponsel yang berdiri sendiri), tepatnya untuk tipe teratas Samsung Galaxy. Berbeda dengan rumor sebelumnya, Gear ternyata tidak menjalankan OS Android, dan untuk bekerja perlu berhubungan dengan smartphone / tablet Galaxy. Diantaranya yang sudah dikonfirmasikan, Galaxy S III, S4, Note II dan 3, serta Note 10.1 2014. Khusus Note II dan Note 10.1, kita perlu meng-upgrade dulu software-nya sebelum bisa berhubungan dengan Gear.

Galaxy Gear menggunakan Bluetooth 4.0 yang bekerja secara low-energy untuk berhubungan dengan smartphone dan tablet Galaxy. Begitu terhubung, kamu bisa mendapatkan semua notifikasi dari Galaxy ke Gear, mengendalikan musik, merekam catatan suara, serta memulai panggilan atau menerima telepon langsung melalui Gear (karena memang ada mic dan speaker). Sebelumnya disebutkan kameranya 4-megapixel, namun ternyata konfigurasi resminya hanya memasang kamera 1.9-megapixel ber-sensor BSI yang mampu digunakan untuk merekam video HD 720p. Kamu juga bisa menggunakan perintah suara untuk mengambil foto.

Samsung serius membuat Gear sebagai aksesoris pelengkap, sekaligus sarana kita dalam mengatur kesehatan melalui banyak aplikasi kesehatan yang dikembangkan khusus untuk Gear. Selama conference IFA 2013, Samsung mengatakan sudah ada 70 aplikasi mereka siapkan untuk Gear, dan bisa di-download melalui Galaxy Gear Manager. Gear yang akan dijual seharga US $299, atau sekitar Rp. 3 jutaan ini juga diperkuat dengan baterai 315 mAh, yang diklaim mampu mengaktifkannya non-stop seharian. Fitur lainnya yang cukup emnarik adalah Auto Lock, dimana Gear mampu mengunci smartphone/tabletmu ketika lokasinya menjauh dari Gear. Selain itu juga ada Find My Device, yang membantu kita menemukan smartphone yang mungkin kita terselip menempatkannya, dengan membuat Galaxy memberi sinyal seperti suara, berkedip lampu latarnya atau bergetar.

Samsung mulai merilis jam tangan cerdas dengan dimensi 36.8 x 56.6 x 11.1mm dan berat 73.8gram ini, mulai bulan September 2013 di hampir seluruh wilayah (semoga saja Indonesia juga termasuk wilayah penjualannya). Sedangkan Amerika dan Jepang baru mendapatkannya bulan Oktober nanti. Pilihan warna untuk talinya antara lain Jet Black, Mocha Grey, Rose Gold, Wild Orange, Oatmeal Beige dan Lime Green.

[nggallery id=763]

[cb type=”company”]Samsung Electronics[/cb]

Sumber: Samsung