Pokemon X & Y Hadirkan Mega Evolution Tiga Pokemon Starter Klasik dan Pokemon Bank

Nintendo membagikan banyak informasi baru untuk Pokémon X & Y pada acara Pokémon Direct yang diadakan kemarin malam. Kamu bisa mendapatkan tiga Pokémon starter klasik awal (Charmander, Bulbasaur, dan Squirtle) dan juga fitur Pokémon Bank di game tersebut.

Tidak seperti di game-game Pokémon sebelumnya, di Pokémon X & Y kamu akan mendapatkan Pokémon pertamamu dari teman, bukan dari Pokémon Professor. Jadi, kamu akan memilih satu di antara Chespin, Fennekin, dan Froakie dari temanmu. Dan dari sang Pokémon Professor, kamu akan mendapatkan satu dari tiga Pokémon lainnya, yakni salah satu dari Pokémon starter klasik dari Pokémon Red & Blue (yang dirilis di Amerika Utara pada tahun 1998 lalu dan menjadi awal mula seri Pokémon). Dan tentu saja masing-masing dari mereka akan memiliki Mega Evolution.

Tentu sebelum melakukan Mega Evolution, kamu harus membuat ketiga Pokémon starter klasik tersebut berubah menjadi Venusaur, Charizard, dan Blastoise. Barulah mereka bisa berubah menjadi bentuk Mega Evolution-nya.

Mega Venusaur

Bulbasaur
Venusaur
Mega Venusaur

Saat berubah menjadi Mega Venusaur, bunga di punggungnya bermekaran dalam ukuran yang lebih fantastis dari sebelumnya. Kaki-kakinya pun menjadi lebih kokoh untuk menopang bunga tersebut. Ability-nya juga berubah menjadi Thick Fat, memberinya perlindungan terhadap dua kelemahannya, yakni gerakan bertipe Fire dan Ice.

Mega Charizard

Charmander
Charizard
Mega Charizard

Saat berubah menjadi Mega Charizard, tanduk dan ekor panjangnya berubah menjadi lebih tajam. Selain itu tangannya kini memiliki sayap tambahan, sehingga dia bisa terbang lebih tinggi. Sayap utamanya pun menjadi jauh lebih besar.

Mega Blastoise

Squirtle
Blastoise
Mega Blastoise

Saat berubah menjadi Mega Blastoise, dua rocket launcher di bahunya berubah menjadi satu cannon saja di punggung, ditambah dengan dua lagi di masing-masing lengannya. Bahkan kekuatan cannon tersebut jadi lebih kuat, yang sanggup menembak target lebih dari enam mil jauhnya.

Untuk bisa melakukan Mega Evolution, kamu membutuhkan sebuah gelang bernama Mega Ring yang dikombinasikan dengan sebuah Mega Stone. Ikatan yang kuat antara Pokémon dengan pelatihnya sangat dibutuhkan untuk keberhasilan Mega Evolution.

Yang perlu diketahui, tidak semua Pokémon bisa mengakses bentuk Mega Evolution ini. Hanya Pokémon tertentu, dalam kondisi tertentu saja yang bisa melakukannya. Salah satunya melalui Mega Stone. Batu-batu spesial ini eksis untuk tiap Pokémon yang dapat melakukan Mega Evolution. Cara menggunakannya cukup mudah, berikan sebuah Mega Stone untuk dipegang salah satu Pokémon-mu. Dan hal tersebut bisa terjadi hanya saat bertarung serta sudah memegang Mega Stone.

Beberapa dari Mega Stone ini akan tersebar di berbagai tempat tersembunyi di region Kalos. Menemukan semua Mega Stone akan menjadi tantangan tersendiri yang menantimu di Pokémon X & Y.

Pokémon Bank

Dan terakhir adalah fitur baru yang diperkenalkan oleh Nintendo di Pokémon X & Y, yakni Pokémon Bank, menjadi sebuah aplikasi dan jasa yang memungkinkanmu untuk menyetor, menyimpan, mengambil, dan mengatur semua Pokémon-mu dalam kotak-kotak (Box) privat di internet. Pokémon Bank adalah jasa layanan berbayar, dengan biaya tahunan untuk bisa mengaksesnya setiap saat.

Jadi jika terjadi hal yang tidak diinginkan (copy game Pokémon X atau Y milikmu hilang misalnya), maka tidak perlu khawatir karena semua Pokémon yang telah ditransfer ke Pokémon Bank masih aman di sana. Kamu bisa menyetor hingga 3,000 Pokémon yang terbagi dalam 100 Box di Pokémon Bank ini.

Jika sebelumnya kamu harus melakukan trade Pokémon dari satu versi ke versi yang lain, dan melakukannya satu per-satu, kini dengan Pokémon Bank semuanya menjadi lebih mudah. Yang perlu kamu lakukan adalah mengunduh Pokémon Bank ke 3DS milikmu, masukkan copy game Pokémon X atau Y, dan buka aplikasi Pokémon Bank. Pokémon Bank juga berlaku untuk copy game versi digital. Jadi kamu dapat mengumpulkan semua Pokémon-mu dalam satu tempat. Dan juga tidak perlu ribet, karena bisa memindah banyak Pokémon sekaligus dengan aplikasi ini. Serta tidak ketinggalan, adalah fitur pencarian Pokémon jika ingin mencari Pokémon tertentu di antara ratusan atau ribuan Pokémon milikmu.

Aplikasi dan jasa layanan Pokémon Bank ini membutuhkan biaya tahunan yang memungkinkan jasanya tersedia dalam waktu lama. Bahkan dikabarkan kalau Pokémon Bank ini akan diaplikasikan untuk judul-judul game Pokémon berikutnya. Akan ada periode trial gratis saat peluncurannya, sehingga kamu bisa melihat apa saja yang ditawarkan Pokémon Bank.

Poké Transporter

Saat mengunduh Pokémon Bank, kamu juga bisa mengunduh aplikasi yang berkaitan yakni Poké Tansporter dengan gratis. Ketika kamu memasukkan copy game Pokémon Black Version, Pokémon White Version, Pokémon Black Version 2, atau Pokémon White Version 2 ke 3DS milikmu, kamu dapat menggunakan Poké Tansporter ini untuk mentransfer Pokémon dari game-game tersebut ke Box online-nya masing-masing. Dan kemudian, kamu dapat dengan mudah mentransfer para Pokémon tersebut ke data permainan Pokémon X atau Y milikmu dengan Pokémon Bank. Asyik bukan? Tapi perlu diingat, Poké Tansporter tidak bisa mengembalikan Pokémon tadi ke Pokémon Black Version, Pokémon White Version, Pokémon Black Version 2, atau Pokémon White Version 2 setelah disetorkan ke dalam Box online.

Bundel 3DS XL Eksklusif Pokémon X & Y

Nintendo rupanya juga telah menyiapkan bundel 3DS XL eksklusif bertema Pokémon X & Y untuk Amerika Utara dan Eropa. 3DS XL ini tersedia dalam dua varian warna, yakni biru (Yveltal) dan merah (Xerneas), yang akan dirilis pada tanggal 27 September 2013 mendatang dengan banderol harga sebesar 199 US$.

Nintendo akan merilis Pokémon X & Y untuk 3DS di seluruh belahan dunia secara simultan pada tanggal 12 Oktober 2013.

[ Sumber : Gematsu, Siliconera (2, 3, 4, 5 ) ]