Activision Merilis Call of Duty Strike Team Untuk iOS, Pemanasan Sebelum Memainkan Ghost

Padahal kurang 2 bulan saja Activision merilis Call of Duty: Ghost, namun hari ini mereka justru memberi kita sarana untuk pemanasan, dengan merilis game Call of Duty baru untuk mobile dan tablet, berjudul Call of Duty Strike Team. Activision menawarkannya untuk iOS dengan harga US $7, dan belum ada kabar apakah juga akan di-port untuk platform lain seperti Android dan Windows Phone.

Berbeda dengan Call of Duty yang kita kenal, Strike Team menggabungkan gameplay first-person dengan RTS squad-based, dan dikembangkan khusus oleh studio khusus game mobile milik Activision, The Blast Furnace, untuk perangkat mobile. Karena memasukkan unsur tactical, maka kamu bisa mengkustomisasi squad terlebih dahulu sebelum memasuki pertarungan. Campaign single-player-nya menempatkanmu sebagai pemimpin squad Joint Special Operations yang dikirim untuk mengatasi konflik dunia di tahun 2020 yang melibatkan Amerika Serikat melawan musuh yang tidak dikenal. Mereka dianggap bertanggung jawab atas serangan yang menjadi pemicu campaign utamamu dalam game ini. Selain single-player, juga ada mode survival yang terintegrasi dengan leaderboard di Game Center.

Dalam Strike Team kamu bebas men-switch antara sudut pandang first-person dan third-person dengan sudut pandang diambil dari atas (disebut Drone View), ketika mengatur taktik sebelum squad-mu beraksi. Kamu bisa mengganti sudut pandangan tersebut semudah menyentuh tombolnya pada layar. Dalam mode first-person shooter, kamu bisa bergerak dengan kontrol yang diposisikan di sebelah kiri layar. Sedangkan untuk membidik, bisa dengan mengarahkan kursor melalui sisi kanan layar.

Jika kesulitan membidik, ada mode auto-aim dengan menyentuh sisi layar. Tombol lainnya yang tersedia di layar dalam mode ini seperti untuk mengaktifkan atau menyembunyikan scope, tombol lainnya juga tersedia untuk jongkok, melakukan stealth kill, dan men-switch squad yang kamu kendalikan. Penulis merasa seperti game shooter konsol lain yang dikembangkan untuk mobile, kendali layar sentuh di sini memang bukan yang terbaik. Dan kami paham kenapa ada sudut pandang lain.

Kunci gameplay Strike Team tidak lain adalah drone. Seperti dalam Ghost, robot tersebut beterbangan, dan memberi kita tampilan dari udara. Dan tampilan tersebut memberi kita gambaran yang lebih baik seperti apa layout level yang kamu hadapi, dan bebas menggerakkan anggota squad menggunakan fungsi drag-and-drop. Kamu juga bisa menyerang musuh dalam mode ini, semudah menyentuh musuh, dan kemudian pilih opsi fire. Kami menemukan tampilan ini yang paling cocok untuk pengendalian touch-screen. Namun jika kamu tetap ingin mendapatkan permainan ala Call of Duty seperti biasanya, ada opsi berganti ke first-person dengan mudah. Dan itu membuat Strike Team ini sangat fleksibel, bisa memainkan dengan salah satu view, atau bergantian kombinasi keduanya.

Dalam tampilan drone, selain kamu memerintahkan squad untuk menyerang, kamu juga bisa memilih opsi serangan lain, seperti stealth kill, seandainya squad-mu mendapat kesempatan untuk melakukannya. Sepertinya Drone View ini akan menjadi tampilan terbaik ketika kamu memang hanya dihadapkan untuk menghabisi musuh secara stealth, atau ketika menghadapi musuh yang susah dihabisi secara berhadapan langsung. Namun ketika kamu ingin melakukan head-shot, maka mau tidak mau harus kembali merubahnya ke first-person.

Menggunakan nama Call of Duty, tentu saja developer menyediakan perk yang bisa kamu dapatkan dengan menaikkan level karakter, dan kemudian menukarnya melalui token, yang bisa kamu beli melalui in-app purchase. Token bisa juga digunakan untuk membeli health pack untuk membangkitkan squad yang tewas, atau membeli care package untuk membuka senjata baru. Token juga bisa didapatkan melalui banyak aktivitas dalam game  seperti yang kami sebutkan sebelumnya, menaikkan level, dan juga dengan menyelesaikan campaign, sign-in ke dalam game menggunakan akun Call of Duty, menyeledaikan gelombang serangan Survival Mode, atau memainkan game ini setiap hari berurutan. Well, in-app-purchase-nya tidak terlalu mengerikan kok, dan tidak sampai menghalangi progress permainanmu.

Call of Duty: Strike Team kompatibel dan dioptimalkan untuk iPhone 4S, iPhone 5, iPad mini, iPad 2, iPad (generasi ketiga), iPad (generasi keempat), dan iPod Touch (generasi kelima). iPhone 4 dan iPod Touch (generasi keempat) tidak bisa memainkannya. Selain itu, kamu juga perlu menggunakan iOS 6.0 atau yang terbaru.

Download Call of Duty: Strike Team melalui iOS App Store

Official Call of Duty: Strike Team Launch Video

Call of Duty Strike Team First Look Gameplay


SHARE
Previous articleDuet Maut Kolaborasi Toukiden dan Soul Sacrifice, Saling Bertukar Kostum!
Next articlePersiapkan Dirimu Menikmati Panggung Utama Hari Sabtu Besok di AFA ID 2013!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.