IFA 2013: Inilah Penerus Lenovo K900, Lenovo Vibe X Akan Menjadi Android 5-inchi Tertipis di Dunia!

Lenovo akhir-akhir ini makin sigap melakukan penetrasi ke pasar smartphone dan tablet Indonesia. Mereka baru saja merilis beberapa model IdeaPhone dan IdeaTab baru, seperti flagship Lenovo K900, di bawahnya ada dual-SIM quad-core dan layar 5.3-inchi Lenovo S920, kemudian yang juga banyak diburu karena value-for-money yang tinggi, Lenovo A706, untuk kelas low ada Lenovo A390, dan tablet 7-inchi quad-core baru, Lenovo A3000.

Awal Agustus lalu melalui pernyataan pers mereka, Lenovo juga melaporkan jika untuk pertama kalinya produk smartphone dan tablet mereka menorehkan penjualan yang lebih besar dibandingkan lini bisnis notebook. Berdasar laporan kuartal kedua yang berakhir Juni lalu, Lenovo berhasil menjual 11.4 juta smartphone, dan 1.5 juta tablet. Tidak heran jika kita lebih banyak melihat iklan Lenovo makin sering bermunculan baik di media sosial atau media cetak dalam negeri mengiringi banyaknya model baru yang dibawa ke pasar lokal. Kemudian selama IFA 2013, Lenovo pun tidak ketinggalan mengumumkan smartphone dan tablet baru yang akan menjadi andalan mereka.

Selain membawa serombongan ThinkPad baru untuk IFA 2013, Lenovo juga mengkonfirmasikan smartphone Vibe X dan tablet S5000 selama IFA 2013. Smartphone baru mereka ini didesain sangat tipis, dengan ketebalan hanya 6.9 mm (atau setara dengan Lenovo K900 yang tebalnya 6.9 mm) dan berat 120-gram (162-gram pada K900), menjadikan Vibe X sebagai smartphone dengan layar berbidang 5-inchi dan resolusi full HD tertipis di dunia. Rival senegaranya, Huawei Ascend P6 yang juga akan segera dirilis di Indonesia, memang menjadi smartphone tertipis di dunia dengan ketebalan hanya 6.18-mm saja. Namun layarnya hanya 4.7-inchi, dan belum full HD.

Di balik casingnya yang terlihat kokoh itu, Lenovo Vibe X menyimpan chipset yang jamak kita temui di jajaran smartphone mereka. Adalah chipset MTK 6589T dari MediaTek, dengan empat core prosesor yang kecepatannya 1.5GHz processor, 2GB RAM, dan internal storage 16GB. Chipset tersebut sebenarnya sama dengan yang mereka terapkan pada Lenovo S920, namun ada imbuhan “turbo” di sana, sehingga kecepatannya menjadi 1.5 GHz (dari 1.2 GHz pada S92), sekaligus juga meningkatkan kecepatan GPU PowerVR SGX544-nya menjadi 357 MHz (dari 286 MHz pada S920).

Seperti pada Lenovo K900, kamu juga mendapatkan sensor kamera yang cukup besar, mencapai 13-megapixel untuk kamera utamanya. Dan semoga saja lensanya juga seterang yang mereka terapkan pada K900, yang memiliki bukaan f/1.8, yang menurut penulis menjadi lensa smartphone paling terang di kelasnya. Kamera sekundernya pun juga bukan main-main, ada sensor 5-megapixel di sana (seperti pada Oppo Find Way), yang juga memiliki sudat pengambilan lebar, mencapai 84-derajat, pastinya cocok untuk aktivitas video conferencing yang melibatkan beberapa “kepala” harus tertangkap selama aktivitas tersebut.

Vibe X dibekali dengan baterai 2000 mAh, yang sepertinya termasuk kecil dibandingkan pesainnya (namun juga wajar, untuk mencapai profil tubuh yang tipis). Selain itu, Vibe X juga akan langsung menggunakan Android 4.2.2 ketika dirilis pertama kali di China Oktober mendatang. Untuk negara lain, dan semoga saja juga Indonesia, seharusnya mulai meluncur Desember mendatang. Oh ya, layarnya sudah berpelindung Gorilla Glass 3 lho! Bahkan Lenovo K900 saja yang body-nya full polycarbonate dan aluminium layarnya baru menggunakan Gorilla Glass 2.

Spesifikasi Lenovo Vibe X

  • Layar: 5-inchi dengan ketajaman visual normal, atau biasa disebut “20/20 Vision” (ini bahasa keren dari ketajaman pixel-per-inch melebihi retina, karena memang layar Vibe X PPI-nya mencapai 440 PPI), beresolusi 1920×1200-pixel, serta perlindungan Gorilla Glass 3
  • Prosesor: Chipset MediaTek MTK 6589T dengan empat core prosesor 1.5GHz
  • Memory: 2GB RAM
  • Internal Storage: 16/32GB storage
  • Kamera: Senso13-megapixel di belakang yang dilengkapi flash LED, merekam video 1080p Full HD, 5-megapixel di depan
  • Koneksi: 3G, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth A2DP, A-GPS, 3.5mm audio jack
  • Baterai: 2000 mAh
  • Berat: 121g
  • OS: Android 4.2
[cb type=”company”]Lenovo[/cb]

Sumber: Lenovo


SHARE
Previous articleDebut Trailer Kamen Rider: Travelers Senki
Next articleIFA 2013: Tablet IdeaTab Terbaru Lenovo S5000 Juga Diklaim Menjadi yang Paling Tipis dan Ringan
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.