AFAID 2013: Exclusive Interview Dengan Namco Bandai!

Siapa disini yang tidak kenal dengan Bima Satria Garuda Bima Satria Garuda adalah sebuah serial tokusatsu Indonesia hasil kerjasama antara MNC dengan Ishimori Productions. Nah, tentunya seperti serial-serial Tokusatsu lainnya, Bima Satria Garuda pun memiliki mainan-mainannya sendiri dong! Mainan-mainan tersebut di buat oleh Namco Bandai dan di event AFAID kemarin, saya berkesempatan untuk mewawancara Shinsuke Kojima, Manager Toy Department Bandai South Asia serta Katsuhiro Izumi, Chief Designer Creative Design Department Bandai South Asia dan membahas rencana-rencana Bandai untuk Bima Satria Garuda.  

 1. Apa saja lini mainan yang direncanakan dibuat oleh Bandai untuk BIMA Satria Garuda (BSG) selain vinyl figure yang sudah dirilis beberapa waktu lalu?

Kami sudah menyiapkan beberapa mainan lainnya, tapi memang sebagian besar masih dalam bentuk vinyl figure. Dalam waktu dekat ini kami juga akan merilis mainan dari salah satu tokoh baru yang ada di Bima, yaitu Azazel. Rencananya mainan ini akan dirilis antara bulan September atau Oktober ini.

2. Apakah nantinya akan ada S.H.FiguArts seperti para karakter Kamen Rider yang selama ini kita kenal untuk BSG ini?

Sejauh ini kami belum memiliki rencana untuk membuat S.H. FiguArts untuk karakter-karakter Bima karena masih fokus ke vinyl figure. Namun rencana untuk membuat versi S.H. FiguArts memang sudah kami pertimbangkan.

3. Apakah ada rencana figure BSG ini dibuat versi Die Cast seperti S.I.C (Super Imaginative Chogokin) -nya? Mungkin untuk versi Exclusive/Limited-nya?

Di masa depan tentunya kami ingin memperluas lini mainan kami, namun sampai saat ini masih belum ada rencana untuk membuat Bima dalam versi Die Castnya.

4. Mungkinkah bila nantinya juga akan dirilis sarung tangan untuk perubahan bentuk BSG? Mengingat biasanya ada mainan sabuk henshin untuk Kamen Rider.

Ya ya, memang bulan ini memang kita akan merilis Bima Changer namun masih dalam versi standar yang simple. Rencananya sekitar bulan Desember (libur Natal) kami akan merilis versi Deluxe bersamaan dengan mainan-mainan dari Kamen Raider baru yang akan muncul.

5. Jadi akan ada berapa figur/mainan yang akan di rilis bulan ini?

Selain Azazel, kami juga akan merilis assemble figure dan beberapa micro action figures.

6. Mungkinkah para musuh di BSG juga dibuatkan versi mainannya? Jika iya, apakah bisa memberikan hint musuh apa saja yang akan dibuat?

Sejauh ini kami belum bisa memberikan info, namun dari micro action figures yang ada juga nantinya akan ada para combatant dari pasukan musuh.

7. Bagaimana proses pemilihan sebuah seri (misal BSG) untuk dibuatkan mainan lini apa saja? Apakah ada pertimbangan-pertimbangan tertentu sebelum pemilihan tersebut? Misalnya sebagai contoh untuk BSG, akan dibuatkan mainan lini vinyl figure, gashapon, S.H.FiguArts, sarung tangan perubahan dengan dasar pertimbangan apa.

Pertama kami melihat terlebih dahulu seperti apa pasar yang ada serta target dari TV Series itu sendiri.Misalnya untuk Bima, karena targetnya adalah untuk anak-anak, kami cenderung membuat mainan yang lebih cocok untuk anak-anak, oleh karena itu lah kami lebih memilih vinyl figures saat ini.

8. Bagaimana rencana selanjutnya di masa mendatang mengenai distribusi mainan-mainan berbasis BSG?

Itu tergantung dari tim secara keseluruhan, kami tidak bisa memastikannya. Yang pasti, kami akan mencoba mendistribusikannya seluas mungkin di Indonesia.

9. Apakah ada kemungkinan kalau mainan-mainan berbasis BSG ini dijual ke luar negeri?

Kami pertama harus mengurus lisensinya ke MNC grup. Tapi ya, kami sedang berusaha mengerjakannya. Selama serial TVnya sudah di tayangkan di negara lain, maka departemen mainan pun akan mengikutinya. Dari yang kami dengar, proses sedang berjalan untuk menayangkan Bima di beberapa negara lainnya di Asia Tenggara.

10. Apakah ada rencana untuk mengadakan event atau acara terkait dengan produk-produk mainan Bandai di Indonesia ini? 

Saat ini kami ingin mengadakan acara untuk launching mainan baru kami, tapi kami masih dalam proses pengerjaan jadi belum ada rencana yang pasti.

11. Bagaimana menurut pihak Bandai sendiri mengenai potensi pangsa pasar produk-produk mainannya di sini? Dan juga potensi pasar mainan berbasis BSG tentunya.

Indonesia adalah pasar yang sangat penting bagi kami. Dalam beberapa tahun terakhir perkembangannya sangat luar biasa sehingga banyak perusahaan dari Jepang yang ingin ikut berbisnis di Indonesia. Bima sendiri potensinya sangat besar, karena walaupun masih dalam episode-episode awal, fanbase dari Bima sudah terbentuk dan cukup kuat.

12. Jika dibandingkan dengan tokusatsu lainnya, apakah Bima terlihat aneh, terutama di mata orang Jepang? Karena Bima adalah tokusatsu dengan taste Indonesia yang tentunya akan sedikit berbeda dengan tokusatsu lainnya.

Menurut kami Bima adalah sesuatu hal yang baru. Memang di awalnya terlihat aneh, namun semakin lama kami semakin terbiasa. Dan perbedaan yang ada malah terlihat keren karena belum pernah ada sebelumnya.

13. Apakah orang-orang di Jepang tahu mengenai Bima?

Tentu kebanyakan orang tidak mengetahui tentang Bima di Jepang. Namun sebagian kecil orang sudah mengetahui mengenai Bima karena sudah pernah masuk ke dalam beberapa majalah di sana.

14. Terima kasih banyak!

Katsuhiro Izumi

SHARE
Previous articleIGS 2013: Serunya Pertandingan E-Sports untuk Memperebutkan Tiket ke Ajang Internasional!
Next articleRathalos dan Zinogre Kembali di Monster Hunter 4
Liverpudlian | Airplane enthusiast | History lover | Science minded | Hardcore gamer | Warmonger. Lulus dari STP Sahid pada tahun 2012, sempat bekerja di Club Med Resort selama 6 bulan pada tahun 2012 sebagai bagian dari program internship kampus. Bekerja di departemen MICE (Meeting, Incentives, Conferences and Exibitions). Aktif di WWF-Indonesia sejak 2010 sebagai volunteer untuk kampanye Earth Hour dan menjadi tim inti Earth Hour Jakarta pada tahun 2013. Saat ini aktif sebagai staff perlengkapan di Look Around Indonesia, sebuah NGO yang memfokuskan diri di bidang sosial terutama anak muda.