Apple Konfirmasikan iPhone 5c, Transformasi iPhone 5 Dengan Casing Polycarbonate

Seperti yang diperkirakan sebelumnya, kemarin Apple benar mengkonfirmasikan iPhone terbaru melalui event Town Hall di markas mereka di Cupertino, California, yaitu versi “downgrade” dari iPhone 5 yang cukup disebut iPhone 5c. Menjadi salah satu dari dua penerus iPhone 5, dengan posisi high end kini dipegang oleh iPhone 5s.

iPhone 5c masih sama seperti kakaknya iPhone 5, menggunakan layar Retina 4-inchi, chipset Apple A6 (bukan A7 seperti pada 5s), casing bagian belakangnya menjadi satu hingga ke samping dengan material polycarbonate, kamera 8-megapicel dengan fitur iSight serta dukungan kamera depan FaceTime HD dengan sensor 1.9µm pixel. Meskipun di luar tampak kesan plastiknya, di bagian dalamnya dijelaskan ada frame besi di balik plastik tersebut untuk memperkuat sasisnya, yang juga bertindak sebagai antena.

Baterainya pun juga lebih besar dari iPhone 5, serta mendukung cakupan jaringan LTE yang lebih luas dibandingkan smartphone lain di kelasnya (mengacu pada data yang diberikan Apple di sini dan di sini). Dengan demikian, baik iPhone 5c dan 5s bisa dibawa kemanapun di belahan bumi ini yang menyediakan jaringan 4G LTE, dan menikmati cepatnya akses data tersebut. Apple menyediakan 5c dalam 5 pilihan warna, biru, putih, merah muda, kuning dan hijau. Oh ya, fitur penanda sidik jari seperti pada 5s juga absen di sini.

Chipset Apple A6 yang digunakan Apple memang tidak pernah diungkapkan berapa kecepatan prosesornya. Namun banyak yang menyebutkan jika A6 menggunakan prosesor dual-core custom dengan kecepatan 1.3 GHz, berbasis ARMv7 yang dikenal dengan kode Swift, didukung GPU dengan tiga core PowerVR SGX 543MP3, dan juga menerapkan memory 1GB LPDDR2-1066 RAM dengan bandwidth memory berkisar 6.4 GB/s hingga 8.5 GB/s.

iPhone 5c akan menggantikan posisi iPhone 5. Sebelumnya Apple ingin menurunkan posisi kelas harga iPhone 5 dan menggantikannya dengan tipe kelas atas baru. Namun kenyataannya karena casing iPhone 5 sepenuhnya berbahan metal, Apple akan kesulitan menurunkan harganya. Sehingga mereka pun memilih material plastik keras polycarbonate seperti yang biasa diterapkan produsen smartphone lain untuk iPhone 5c. Hasilnya didapatkan gadget baru dengan spesifikasi yang setara iPhone 5, namun harganya bisa ditekan hingga mulai US $99 dengan kontrak 2 tahun (untuk yang 16 GB, dan $199 untuk yang 32 GB). Itu harga kontrak, dan belum dikeetahui berapa harga off-contract-nya. UPDATE: Untuk off-contractnya, baru T-Mobile saja yang mengkonfirmasikan harganya, yaitu US $549 untuk versi 16 GB dan $649 untuk yang 32 GB, atau sekitar Rp. 6.3 juta dan 7.4 jutaan! Sepertinya dugaan iPhone 5c ini adalah solusi Apple menghadirkan iPhone untuk mass-market tidak terwujud ya. Apple tetap Apple, harga iPhone mereka tetap saja muahal!!

Apple juga akan menyediakan casing untuk iPhone 5c dengan 6 pilihan warna, yaitu Black, White, Pink, Yellow, Blue, dan Green. Casing tersebut memiliki lubang khusus yang akan menampilkan warna asli iPhone 5c, sehingga menimbulkan kesan warna two-tone. Dengan casing tersebut, dan pilihan warna iPhone 5c, total ada 30 kombinasi warna berbeda yang didapatkan melalui 5c ini. Banyaknya kombinasi tersebut juga sejalan dengan slogan Apple untuk 5c, “For the colorful!”

Langkah Apple menawarkan aksesoris khusus ini menjadi yang kedua setelah sebelumnya mereka juga menawarkan iPhone 4 Bumper. Selain casing tersebut, Apple juga menawarkan docking khusus, dan ini  pun juga menjadi yang kedua setelah sebelumnya mereka menawarkan docking untuk iPhone 4.

Apple mulai membuka pre-ordernya pada 13 September nanti, dan kemudian iPhone 5c akan mulai dijual 20 September mendatang.

Apple – Introducing iPhone 5c – For the colorful.

http://youtu.be/utUPth77L_o

Spesifikasi Apple iPhone 5c

Sistem Operasi iOS 7
Chipset Apple A6
Internal Storage 16 atau 32GB
Removable storage Tidak ada
Data input Multi-touch touchscreen; Tiga lubang microphone; 3-axis gyroscope; 3-axis accelerometer; Digital compass; Proximity sensor; Ambient light sensor
Layar 4 inchi (dengan diagonal 100 mm); aspect ratio 16:9, multi-touch, material LCD TFT IPS dengan LED backlit, resolusi 640 × 1,136 pixel pada 326 ppi, contrast ratio 800:1, kecerahan layar 500 cd/m2, dilapisi oleophobic untuk mengurangi bekas sidik jari

[cb type=”company”]Apple[/cb]

Sumber: Apple


SHARE
Previous articleTales of Bibliotheca dan Tales of Phantasia Siap Dirilis untuk iOS
Next articleDetail Pertama dan Debut Screenshot Natural Doctrine
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.