IGS 2013: Serunya Pertandingan E-Sports untuk Memperebutkan Tiket ke Ajang Internasional!

Selama tiga hari penyelenggaraan Indonesia Game Show (IGS) 2013, banyak event-event menarik yang digelar. Salah satunya adalah berbagai pertandingan e-sports untuk mencari wakil dari Indonesia yang akan bertarung di ajang Internasional. Highlight utama IGS 2013 memang adalah kejuaraan-kejuaraan game internasional, seperti World Cyber Game (WCG) 2013, yang menghadirkan kompetisi game Crossfire berhadiah total senilai Rp 350.000.000 dan tiket menuju WCG Grand Final di Kunshan, China. Juga ada Electronic Sport World Cup (ESWC) 2013 Road to Paris, yang disponsori oleh MSI. ESWC ini akan mempertandingkan DOTA 2. Hadiah yag diperebutkan adalah Rp.10.000.000 dan tiket menuju ESWC Grand Final di Paris. Lalu juga ada ACG 2013 Road to MSI Beat IT Tournament, yang akan mengadu akurasi game Counter Strike Global Offensive. Pemenang kompetisi ini akan mendapatkan hadiah berupa tiket menuju Grand Final di Shanghai, China.

Selain tiga kompetisi untuk mencari wakil Indonesia di kejuaraan Internasional, masih banyak kompetisi lain yang dilombakan selama IGS 2013 kali ini, seperti Garena yang selain menghelat kompetisi League of Legends juga menghelat kompetisi Heroes of Newerth, lalu ada Mobile Games Championship yang dihelat oleh Smartfren dan melombakan game LINE Pokopang, MaenBola Gamecafe yang menghelat turnamen Pro Evolution Soccer (PES) 2013, IndoTekken dengan turnamen Tekken Tag Tournament 2-nya, serta Gemscool yang menyelenggarakan turnamen Point Blank.

Tak pelak, pertandingan final yang mengambil banyak mengambil tempat di panggung utama ini menyedot banyak perhatian pengunjung. Bukan hanya yang mendukung kedua tim yang tengah bertanding, melainkan juga pengunjung lain yang memadati arena IGS 2013. Khusus untuk pertandingan final PES 2013 dan Tekken Tag Tournament 2 dihelat di booth masing-masing. Meskipun dihelat di booth, tetap saja pertandingan tersebut juga membuat banyak pengunjung berbondong-bondong untuk menyaksikan pertandingan berlabel final ini. Peserta bukan hanya berasal dari pulau Jawa saja, tetapi datang dari seluruh penjuru Indonesia. Seperti kompetisi PES 2013, dimana banyak peserta yang mengikuti datang dari Kalimantan bahkan dari Makassar.

Setelah pertarungan yang sengit selama tiga hari penyelenggaraan IGS 2013, akhirnya IGS 2013 mendapatkan juara untuk masing-masing game yang dilombakan. Selain mendapatkan hadiah uang tunai, trofi, medali dan juga goodie bag dari sponsor, beberapa tim mendapatkan kesempatan untuk berlaga di kancah Internasional untuk mewakili Indonesia. Berikut ini adalah daftar pemenangnya.

Kompetisi Tekken Tag Tournament 2

2nd Runner Up – Leeyo

1st Runner Up – Kyoshiro

Juara – RTech

Kompetisi Pro Evolution Soccer 2013

Best of Four – Aqso Kotak Game Makassar

Runner Up – Kifly Kotak Game Makassar

Juara – Ricky Station Game Samarinda

Kompetisi Point Blank

2nd Runner Up – WML

1st Runner Up – XCN

Juara – GTRGF7

Mobile Games Championship

2nd Runner Up – Ifan

1st Runner Up – Ossy 

Juara – Ronny

Kompetisi Heroes of Newerth

2nd Runner Up – DC Reicheer

1st Runner Up – Whymad

Juara – Next Level Hope

Kompetisi DoTA 2 Electronic Sport World Cup (ESWC) 2013 Road to Paris

2nd Runner Up – TLer

1st Runner Up – NZ

Juara – Minion

Kompetisi Counter Strike Global Offensive ACG 2013 Road to MSI Beat IT Tournament

2nd Runner Up – Meat Lover

1st Runner Up – Famous DC

Juara – NXL

Kompetisi Cross Fire Road to WCG Grand Final

2nd Runner Up – Razor 712

1st Runner Up – VDC

Juara – XCN

Selamat untuk para pemenang! Semoga bisa mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah e-sports Internasional di setiap pertandingan yang diikuti!


SHARE
Previous articleJadwal Rilis Ant-Man Dimajukan!
Next articleAFAID 2013: Exclusive Interview Dengan Namco Bandai!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.