Mengenal Lebih Dekat Event Jogja Game Jam 48 Hours!

Akhir pekan ini, di Jogjakarta akan diselenggarakan satu event menarik untuk para developer game bertajuk Jogja Game Jam 48 Hours atau yang lebih dikenal dengan singkatan JGJ48. Sama seperti event Game Jam lainnya, dalam JGJ48 nantinya para peserta akan membuat game secara berkolaborasi dalam waktu 48 jam. JGJ48 terbuka untuk semua game developer baik yang profesional maupun yang amatir.

Nah, kali ini Duniaku selaku media partner dari JGJ48 berkesempatan mewawancarai Frida Dwi atau yang lebih akrab disapa dengan Ube. Ube yang merupakan salah satu punggawa Agate Jogja adalah salah satu inisiator sekaligus panitia dari JGJ48. Dalam wawancara ini, Ube banyak bercerita mengenai sejarah pembentukan JGJ48, seperti apa kira-kira suasana JGJ48 yang akan diselenggarakan mulai besok, 13 September 2013 hingga apa rencana JGJ48 ke depannya. Penasaran? Yuk simak hasil wawancaranya di dalam!

Duniaku (D): Hallo, pertanyaan pertama nih, Siapa saja sih inisiator dari JGJ48?

Ube (U): Hallo juga! Inisiator acara ini adalah Anak-anak Gamelan waktu awal kumpul-kumpul dulu. Ada anak-anak Agajo (Agate Jogja), Amagine Interactive, Creacle, Cupcorn, dan Movin Studio.

D: Latar belakang ide dari JGJ48 sendiri seperti apa? Apa yang menyebabkan teman-teman kepikiran membuat event JGJ48?

U: Hmm, dari dulu kita udah pengen bikin Game Jam sih, pengennya barengan ama Global Game Jam yang diadakan tiap Januari. Tapi gagal mulu ngumpulnya. Trus Gamelan sendiri sudah lama vakum aktifitas publiknya (ada kegiatan tapi gak rame-rame seperti biasanya). Trus kebetulan juga ada pembukaan JDV yang tempatnya cukup memadai buat bikin Game Jam. Dari beberapa kebetulan itu akhirnya ayo kepikiran untuk membuat acara ini. :D

D: Gambaran umum aktivitas dalam JGJ48 nanti seperti apa ya? Apa aja sih yang bakal dilakukan peserta?

U: Aktivitas utama yang pasti development 48 jam, dipakai mulai dari game desain, prototyping, bikin visual asset, music, dan lain-lain. Kita sendiri belum kebayang nanti bakal rame (ribut) berdiskusi ketawa-ketawa ato malah senyap pada serius ngerjain game masing-masing :))

Selain itu biar gak stress kita juga nyediain game-game (xbox n kinect) plus muter beberapa film yang berkaitan dengan gamedev/game.

D: Kedengarannya seru nih! Selain itu kabarnya bakal ada workshop juga ya? Siapa aja sih yang bakal mengisi workshopnya?

U: Ada 2 workshop, tapi di luar agenda utama JGJ48. Yang pertama dari BlackBerry (hari Jum’at) dan yang kedua dari temen-temen Gamelan kerja sama dengan JDV bikin workshop soal Construct 2 (hari Sabtu).

Suasana rapat panitia JGJ48

D: 48 Jam mengembangkan game. Tentu nanti ada waktu istirahat juga kan?

U: Yap. Jam istirahat yangg wajib ada di jam 8 Pagi (sarapan), jam 1 siang (makan siang) dan jam 8 malam (makan malam).. Diluar itu bebas terserah peserta ngatur jadwal mereka masing-masing :D

D: Tujuan utama terselenggaranya JGJ48 ini apa sih? Dan apa harapan temen-temen panitia untuk pesertanya?

U: Kita pengennya JGJ48 jadi media explorasi kreatifitas, kita banyak belajar dari LudumDare, dari Global Game Jam.. Dimana tujuan akhir dari event ini adalah karya masing-masing, bukan hadiah atau reward lainnya.

Harapan temen-temen panitia buat peserta, mereka bisa menikmati eventnya, bisa banyak belajar dari temen-temen peserta yang lain, yang pasti berharap mereka bisa bebas berkreasi :D

D: Apa saja ya fasilitas yang nantinya didapatkan para peserta?

U: Peserta nanti mendapatkan makan, listrik, internet, kamar mandi yang ada showernya (nggayaaaa hahaha), mushola, hiburan game konsol plus film gamedev related, dan parkiran luas..

D: Untuk peserta yang mendaftar apakah harus satu tim? Ato boleh individu?

U: Disarankan malah individu :D. Nanti ketemu ama temen-temen baru, dan bikin tim berdasarkan ketertarikan pada kemampuan masing-masing jadi kolaborasi dengan orang baru.

D: Sepertinya seru banget nih acaranya. Semoga acaranya sukses dan bisa diselenggarakan rutin ya!

U: Terima kasih juga!

Bagi yang penasaran dengan suasana dalam event JGJ48 ini, nantikan terus liputan dari Duniaku.net ya!


SHARE
Previous articleMicrosoft Konfirmasikan Deretan Game yang Siap Dibawa ke TGS 2013!
Next articleJadwal Rilis Pirates of the Caribbean: Dead Men Tell No Tales Mundur Hingga 2016?
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.