Pilihanmu Menentukan Jalan Cerita di Final Fantasy Agito

Seperti yang kita tahu, Square Enix telah mengumumkan Final Fantasy Agito (FF Agito), action RPG untuk smartphone yang memiliki setting prekuel dari FF Type-0. Berikut adalah detail gameplay dan setting yang digunakan dalam FF Agito ini.

Tim di balik pengembangan FF Agito antara lain Hajime Tabata sebagai produser, Masasayu Nishida sebagai sutradara, Sayaka Hoshino sebagai pengarah art, dan Takeharu Ishimoto sebagai komposernya. Square Enix akan merilisnya gratis namun dengan fitur micro-transaction untuk beragam item di dalamnya.

Tidak seperti FF Type-0, di FF Agito ini kamu bisa membuat dan mengedit karakter kadetmu sendiri. Grafisnya akan lebih halus dibanding FF Type-0, dan juga kamu dapat mengambil misi-misi dengan Action Power (yang akan pulih seiring berjalannya waktu, tipikal khas game mobile). Moogles akan kembali di sini tapi masih belum jelas peran mereka. Juga akan ada opsi untuk memilih keputusan yang akan mempengaruhi jalan cerita di FF Agito. Selain itu juga ada amsystem, di mana kamu bisa memperoleh dukungan dari teman-teman tertentu dalam misi dengan cara menjalin hubungan yang lebih dekat dengan mereka. Sistem pertarungannya akan lebih cepat, mungkin dengan perintah-perintah seperti FF Type-0.

Bagian pertama dari FF Agito akan menceritakan sejarah mengenai Orience, setting dunia FF Type-0. kemudian dari bagian kedua dan seterusnya, jalan cerita akan berubah tergantung dari pilihanmu. Cerita sendiri akan bergulir melalui chapter-chapter yang ada, dan ketika kamu bisa menyelesaikan semuanya, maka cerita akan mulai kembali dari awal. Ini memungkinkanmu untuk memilih rute jalan cerita yang lain dari sebelumnya. Tiap chapter sendiri akan terbagi menjadi dua minggu lamanya. Dari 14 hari yang ada, 10 hari pertama adalah Solo Play Phase, di mana kamu akan menerima dan menyelesaikan beragam misi sendirian sebagai karakter individual. Baru 4 hari berikutnya adalah Team Play Phase, di mana kamu akan melawan para boss sebagai tim.

Kamu juga akan menemui sistem job di FF Agito ini, dengan beragam kemampuan eksklusif untuk tiap job. Tidak perlu khawatir karena game ini menghadirkan permainan yang tidak tersinkron dengan permainan pemain lain. Dan juga kamu tidak perlu melakukan leveling terlalu banyak, karena sistem permainan tidak menuntutmu seperti itu. Item-item premium (alias berbayar) yang bisa dibeli antara lain item penyembuh Action Power, lotere kemampuan, dan item untuk meneruskan misi yang gagal di tengah-tengah.

Kita juga tahu kalau ada karakter baru di FF Agito, yang bernama Myu Kagerohi (disuarakan oleh Haruka Tomatsu, yang juga menyuarakan Asuna di Sword Art Online). Dia di sini bertindak sebagai perwakilan para kadet baru. Dan ternyata para karakter protagonis dari FF Type-0 kembali di sini, hanya saja mereka berada di kelas yang terpisah-pisah.

– Ace: Class 0
– Deuce: Class 4
– Trey: Class 11
– Cater: Class 10
– Cinque: Class 3
– Sice: Class 6
– Seven: Class 7
– Eight: Class 5
– Nine: Class 2
– Jack: Class 12
– Queen: Class 1
– King: Class 9
– Machina: Class 2
– Rem: Class 7

Tabata sendiri menyarankan para pemain untuk mengunduhnya dan memainkannya, meski belum familier dengan FF Type-0.

Square Enix akan merilis FF Agito untuk iOS dan Android pada kuartal keempat tahun ini di Jepang.

[ Sumber : Siliconera, Gematsu ]


SHARE
Previous articleUbisoft Siap Hadirkan AC: Liberation HD untuk Konsol dan PC!
Next articleIGS 2013: Serunya Turnamen Pro Evolution Soccer 2013!
Pecinta game (terutama RPG) yang dulunya merupakan fans dari Zigma - sekarang adalah Feature Editor Zigma Omega hingga saat ini. Sekarang Reyner telah menjadi apoteker lulusan salah satu fakultas negeri di Surabaya. Selain game, Reyner juga mengikuti update mengenai anime dan manga terbaru, dan juga sedikit melirik dunia gunpla.