Dell Venue, Toshiba Encore dan Acer Iconia W1 Gunakan Intel Bay Trail. Tablet Windows 8.1 Murah Bukan Impian

Selain Transformer Book T100, selama IDF 2013 juga disebutkan beberapa tablet lain yang siap menerapkan prosesor Bay Trail-nya Intel dari Acer, Dell, dan Toshiba.

Dell Venue 8-inchi

Mulai Dell yang kini mencoba membangkitkan brand Venue mereka, setelah sebelumnya gagal menggunakan produk tersebut di lini smartphone. Dell Venue baru ini berbentuk tablet 8-inchi dan menjalankan Windows 8.1, serta diperkuat dengan mesin terkuat Intel untuk mobile saat ini, platform Bay Trail dengan core Silvermont. Meskipun belum diungkapkan tipe Atom yang mana akan digunakan untuk Venue 8-inchi tersebut (disebutkan hanya quad-core), namun selama IDF 2013 disebut beberapa spesifikasinya, seperti layar bermaterial IPS dengan resolusi 1,280×800-pixel, port micro USB untuk data dan power, port HDMI, slot microSD dan juga port docking. Dell berencana akan mengungkapkan lebih banyak detailnya 2 Oktober mendatang. Dan dengan perangkat 2-in-1 seperti Transformer-nya Asus yang dijual hanya $350 (ada varian WiFi-only dan 4G LTE), tidak ada salahnya kita berharap tablet Windows 8.1 dari Dell ini hanya dijual di bawah $300.

Toshiba Satellite Encore

Kemudian Toshiba, yang juga tidak mau ketinggalan menjadi produsen pertama yang menggunakan platform murahnya Intel, Bay Trail. Selain itu, Toshiba Encore yang merena bawa kali ini juga menjadi yang kedua mengajukan layar 8-inchi untuk kelas tablet Windows 8.1. Toshiba Encore yang juga sempat didemokan Toshiba selama event IFA 2013 pekan lalu ini diperkirakan mulai dijual November mendatang dengan harga mulai $330 ini mengajukan layar 8-inchi dengan material IPS yang resolusinya 1280×800-pixel.

Selain langsung dilengkapi Windows 8.1, Encore juga sudah ter-install Microsoft Office 2013 Home & Student. Tablet dengan tebal 1 cm dan berat 482 gram ini dilengkapi speaker stereo dengan Dolby Digital audio, kamera utama 8-megapixel, kamera sekunder 2-megapixel, dan dual microphone yang akan maksimal digunakan selama berkomunikasi Skype (mendapat Skype certified) atau aplikasi lain yang membutuhkan aplikasi voice dan video. Fitur lainnya, ada internal storage 32GB, port micro USB 2.0, port micro HDMI, slot microSD, WiFi 802.11a/b/g/n, dan GPS.

Untuk chipsetnya, Toshiba menggunakan Atom Z3770 dengan pltform Bay Trail serta empat core Silvermont yang kecepatan standarnya 1.5 GHz (2.4 GHz pada mode turbo). GPU-nya dari Intel Gen 7 pada kecepatan 311-667 MHz, serta jatah RAM-nya juga 2 GB. Encore juga mendukung fitur baru Windows 8.1, yaitu InstantGo, sehingga tablet ini masih mampu mendapatkan koneksi data untuk email, aplikasi dan update live tile walaupun dalam kondisi sleep, dan bisa langsung di-resume dari kondisi sleep hanya dalam waktu 0.3 detik.

Dan yang membuatnya lebih menarik, Encore juga bisa dioperasikan sebagai layar kedua untuk Xbox One, melalui aplikasi Xbox SmartGlass. Dengan perkiraan harga mulai dari US $330, dan fitur Windows 8.1 penuh yang bisa menjalankan aplikasi desktop, Encore menjadi salah satu pilihan tablet Windows 8.1 berprosesor Bay Trail yang paling menarik.

[nggallery id=791]

Spesifikasi Toshiba Encore

  • Layar: 8-inchi (diagonal 20,32 cm), AutoBrite-LCD-Display
  • Resolusi: 1.280×800-pixel, multi-touch 5-titik
  • Prosesor: Intel Atom Z3740
  • Grafik: Intel Gen 7 Grafik
  • RAM: 2 GB (LPDDR3)
  • Internal storage: 32 atau 64 GB (eMMC)
  • Koneksi: 1x Micro-USB 2.0, 1x Micro-HDMI, Micro SD (maksimal 64 GB), Dual-Band 802.11 a/b/g/n, Bluetooth, port audio 3.5mm, dual microphone
  • Software: Windows 8.1 dan Office Home & Student 2013
  • Suara: Speaker stereo dengan Dolby Digital Plus 1
  • Kamera: 2-meghapixel di depan, dan 8-megapixel di belakang
  • Modul GPS
  • Sensor: Gyroscope, Accelerometer, E-Compass, Light Sensor
  • Dimensi: 213x136x10,68 mm
  • Berat 480 gram

Acer Iconia A1 

Tablet lainnya yang juga disebutkan selama IDF 2013 menggunakan prosesor Bay Trail adalah Acer Iconia A1. Huruf A pada namanya jelas mengindikasikan OS yang akan digunakan Iconia ini, yaitu Android. Namanya familiar? Ya, karena sebelumya Acer memang sudah merilis Iconia A1 dengan chipset MediaTek MT8125. Dan walaupun belum banyak informasi yang diberikan Acer untuk Bay Trail mereka ini, namun yang jelas bisa jadi sama seperti Iconia A1 sebelumnya, yang menggunakan layar IPS dengan luas 7.9-inchi, aspect ratio-nya 4:3 (mengotak) karena memang sepertinya mirip dengan iPad mini, RAM 1 GB, kamera utama 5-megapixel, dan kamera sekunder 2-megapixel. Seandainya memang berbasis Iconia A1 sebelumnya, maka sisa spesifikasinya bisa kamu lihat melalui artikel kami sebelumnya. Versi MediaTek-nya hanya dijual dengan harga $199 saja, maka seharusnya versi Bay Trail ini tidak akan terpaut terlalu jauh, apalagi dengan Encore-nya Toshiba yang nantinya hanya ditawarkan dengan harga Rp. 3,4 jutaan saja!


SHARE
Previous articleDreamWorks Animation Pamerkan Logo How to Train Your Dragon 2
Next article21 Jenis Bonus Pre-order untuk Danganronpa 1&2 Reload!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.