Detail Phantasy Star Nova, Hadirkan Senjata Baru dan Monster Raksasa Gigantes

Sebelumnya kita telah mengetahui bahwa Sega bekerjasama dengan tri-Ace untuk mengembangkan game baru di PS Vita, yang berjudul Phantasy Star Nova. Di sini kamu dapat menemui senjata baru dan monster raksasa yang disebut Gigantes.

Produser seri Phantasy Star, Satoshi Sakai, bekerja sama dengan Yasuyuki Tzuki (Sega) dan Hiroyuki Tamura (tri-Ace) yang sama-sama menjadi produser game ini. Urusan musik ditangani oleh sang komposer ternama, Motoi Sakuraba (seri Tales of, Golden Sun: Dark Dawn). Untuk proses pengembangan, semuanya ditangani oleh 70 orang dari tim tri-Ace, hanya saja tim pengembang seri Phantasy Star turut membantu mengawasinya. Hal ini memang diinginkan dengan bertujuan membuat game berkualitas AAA untuk PS Vita, dengan mengimplementasikan teknik seperti soft lighting di dalamnya.

Kamu bisa mengkustomisasi karakter baik penampilan maupun namanya melalui fitur Character Create di sini. Para NPC-nya juga dibuat dengan fitur Character Creator yang sama seperti di Phantasy Star Online 2. Di sini kamu bisa menemui Story Mode untuk bermain sendiri, di mana jalan cerita akan berkembang seiring kamu menjalankan beragam Mission. Tidak hanya itu, ada juga fitur permainan multiplayer via ad-hoc yang bisa menampung hingga empat pemain sekaligus.

Phantasy Star Nova mengisahkan tentang Arks Special Planetory Exploration Group, Alter, dan kamu termasuk salah satu anggota di sana. Suatu hari, pesawat Alter, Delta Variant (membawa 1,000 orang kru termasuk kamu) mengalami kerusakan dan mendarat secara terpaksa di Planet Machia. Planet tersebut menjadi rumah bagi para monster raksasa, Gigantes. Tentu saja tujuan utamamu di game ini adalah kembali pulang hidup-hidup dari Planet Machia sambil bertarung melawan para Gigantes. Tema ceritanya adalah ”komitmen”, dan melalui beragam event yang ada kamu akan membangun hubungan baik dengan para partner-mu. Kamu dapat menikmati cerita ini dengan cutscene real-time.

Sega memperkenalkan tiga karakter utama yang akan menjadi pilar cerita utama game ini. Pertama adalah Lutia, NPC Human cewek berusia 18 tahun dengan kelas Force, dan menjadi partner utamamu. Kedua adalah Seil, NPC Human cowok berusia 18 tahun dengan kelas Hunter, cowok yang selalu bersemangat dan hanya memikirkan teman-temannya. Dan ketiga adalah Phildia, NPC Human cewek berusia 28 tahun dengan kelas Hunter, yang menjadi kapten sementara Delta Variant.

Gigantes yang akan kamu lawan di sini memiliki beragam jenis. Salah satunya bernama Agrios, yang akan muncul dan kamu lawan nantinya. Beberapa musuh dari Phantasy Star Online 2 juga muncul di sini, antara lain Kyuklonaada, Wolgarda, dan Wol Dragon (Green).

Hal yang mengejutkan adalah di Planet Machia, semua Photon tidak berfungsi, dengan kata lain Photon Arts juga tidak bisa digunakan di sini. Bahkan Technic pun juga tak dapat digunakan. Kabarnya Sega akan menggantikan Photon ini dengan sesuatu yang lain, tapi masih belum dikonfirmasikan oleh mereka.

Sejauh ini baru ada dua kelas yang dikonfirmasikan, yakni Hunter dan Force. Hunter bisa menggunakan pedang dan tombak, sedangkan Force menggunakan tongkat. Berbeda dengan seri Phantasy Star yang kita kenal, di sini senjata tidak didapatkan melalui drop dari musuh. Kamu hanya bisa mendapatkan material mentah dari musuh atau Planet Machia, barulah kamu menggabungkan material tersebut untuk membuat senjata utuh. Sega mengatakan game ini memiliki unsur bertahan hidup di dalamnya.

Senjata baru dikonfirmasikan di sini, yang bernama Pile (Large Firing Arms), sebuah senjata seperti tombak yang bisa menembak. Pile dapat menciptakan ”titik lemah” di bagian musuh tertembak. Bahkan Pile memiliki efek spesial ketika ditembakkan ke para Gigantes.

Sega berencana untuk merilis Phantasy Star Nova untuk PS Vita di Jepang pada tahun 2014.

[ Sumber : Siliconera (2), Gematsu ]


SHARE
Previous articleProyek The Mortal Instruments: City of Ashes Dihentikan Akibat Gagalnya City of Bones
Next articleSteam Perkenalkan Fitur Game Sharing, Siap Masuki Beta Minggu Depan!
Pecinta game (terutama RPG) yang dulunya merupakan fans dari Zigma - sekarang adalah Feature Editor Zigma Omega hingga saat ini. Sekarang Reyner telah menjadi apoteker lulusan salah satu fakultas negeri di Surabaya. Selain game, Reyner juga mengikuti update mengenai anime dan manga terbaru, dan juga sedikit melirik dunia gunpla.