Google Membuat Chromebook Makin Cepat, Kini Didukung Prosesor Haswell

Meskipun menurut hasil riset terbaru lembaga analis Amerika International Data Corporation (IDC), penjualan tablet akan melampaui PC akhir tahun 2015 mendatang, namun selama IDF 2013 banyak produsen laptop masih optimis dan mengenalkan beberapa tipe baru. Apalagi menyambut langkah prosesor murah yang diajukan Intel, kita bisa mendapatkan laptop dengan spesifikasi mumpuni dengan harga yang lebih terjangkau. Seperti Asus, Toshiba, Acer dan HP yang mengumumkan Chromebook mini dan murah selama IDF.

Laptop dengan OS Google Chromebook memang didesain bagi mereka yang membutuhkan akses beberapa fungsi standar laptop seperti browsing, membuka video flash dan bahkan mengedit file office dengan ritme yang cepat (waktu boot-nya berkisar 8-20 detik). Karena itu OS tersebut dibuat sederhana dan ringan, serta harga yang sangat terjangkau di kisaran $199 saja. Dan selama Intel Developer Forum kemarin, Google mengumumkan beberapa Chromebook yang menggunakan arsitektur Intel Haswell. Intel mengklaim prosesor terbaru mereka hanya menggunakan sedikit daya dibandingkan generasi sebelumnya, sehingga ketahanan baterai bisa diperpanjang hingga 2x, namun juga diimbangi dengan peningkatan kinerja.

Jika sebelumnya baru Samsung, Acer, HP dan Lenovo yang mendukung OS Google tersebut, selama IDF dikonfirmasikan jika Asus dan Toshiba masuk dalam produsen pendukung Chromebook. Sementara itu Acer dan HP selama IDF juga mengkonfirmasikan update Chromebook lama mereka dengan prosesor Haswell ( sebelumnya Chromebook mereka menjalankan prosesor dengan kemampuan rendah seperti ARM dan Atom). Meskipun keseluruhan spesifikasi dan OS-nya sama, namun sekilas Chromebook Acer dibuat lebih tipis dan ringan, sedangkan HP mengajukan layar yang lebih besar. Sekilas spesifikasi Chromebook baru tersebut sebagai berikut:

The New Acer Chromebook

[nggallery id=790]

Fast, light, portable

  • Layar 11.6-inchi
  • Ketebalan 1.9 cm dan berat 1.25 Kg
  • Gratis 100 GB Google Drive selama 2 tahun
  • Ketahanan baterai hingga 8.5 jam
  • Waktu boot kurang dari 7 jam

HP Chromebook 14

Brilliant 14″ screen

  • Layar 14-inchi
  • Ketebalan 2.05 cm dan berat 1.85 Kg
  • Gratis 100 GB Google Drive selama 2 tahun
  • Ketahanan baterai hingga 9.5 jam
  • Waktu boot kurang dari 7 detik

Tambahan detail Chromebook 14, yang rencananya akan dirilis akhir tahun ini dengan harga $299, mengajukan layar 14-inchi dengan resolusi 1,366 x 768-pixel, 16GB internal storage serta memiliki port HDMI, USB 2.0, USB 3.0, HD webcam, dan slot SD card. Selain itu, HP menawarkannya dengan beberapa pilihan warna, seperti “Snow White,” “Ocean Turquoise” dan “Coral Peach.” Sedangkan untuk Chromebook-nya juga dilengkapi port HDMI, dua port USB (salah satunya USB 3.0), headphone jack standar dan slot SD.

Sumber: Google (1), (2), (3)


SHARE
Previous articleTGS 2013: Profil Para Game Developer Indonesia Yang Akan Meramaikan Event Akbar Ini!
Next articleGemfest 2013: Ajang Mencari GameDev Berbakat Dari Gemscool!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.