Steam Perkenalkan Fitur Game Sharing, Siap Masuki Beta Minggu Depan!

Sekitar bulan Juni lalu, kita mendapatkan rumor bahwa Steam tengah menyiapkan sebuah fitur game sharing yang memungkinkan satu game dipakai bersama-sama oleh beberapa akun Steam. Rumor ini sendiri berawal dari seorang user di NeoGaf bernama Grief.exe yang menemukan potongan kode program menarik yang ditanamkan dalam client Steam versi Beta. Dalam potongan kode program ini, terdapat beberapa baris program yang menunjukkan sebuah fitur yang kemungkinan besar bernama Shared Game Library.

Nah, pertengahan minggu ini rumor tersebut akhirnya menjadi kenyataan. Ya, Steam sudah mengkonfirmasikan secara resmi bahwa fitur tersebut, yang kini bernama resmi Family Sharing akan segera diimplementasikan. Fitur ini bisa mengubah PC para pengguna Steam menjadi sebuah platform game yang bisa di-share kepada akun steam lainnya. Dalam konfirmasi resminya, Valve mengungkapkan bahwa PC yang menjadi platform nantinya bisa men-share library game yang dimilikinya sampai dengan sepuluh user Steam lainnya. Artinya, sepuluh user Steam yang sudah mendapatkan ijin ini bisa memainkan game-game yang sudah dibeli oleh user Steam yang menjadikan PC-nya sebagai platform. Kabarnya, fitur ini akan segera diimplementasikan oleh Valve dalam versi beta terbatas dari Steam mulai minggu depan.

Saat ini, satu-satunya jalan “meminjamkan” game yang sudah dibeli melalui Steam adalah dengan memberikan akses akunmu kepada teman yang ingin meminjam game tersebut. Namun, dengan servis Family Sharing ini, teman-temanmu nantinya bisa mengakses game yang sudah kamu beli dengan login ke akun mereka sendiri, tanpa mereka harus tahu akses ke akunmu. Artinya, teman-teman yang meminjam nantinya bisa menyimpan file-file milik mereka di PC mereka sendiri, menyimpan progress game hingga achievement yang didapat tanpa harus takut tercampur dengan achievement yang sudah kamu dapatkan.

Potongan baris kode game sharing yang sempat bocor bulan Juni lalu

Fitur game sharing yang diperkenalkan Valve ini sepertinya bakal menjadi salah satu fitur utama yang ditawarkan dalam Steam Box, yang sampai saat ini masih dalam pengembangan. Valve sendiri mengungkapkan bahwa fitur ini datang atas dasar feedback yang diberikan oleh komunitas mereka. “Customer kami ingin bisa membagikan game digital mereka kepada teman atau anggota keluarga mereka, semudah membagikan game retail, buku, DVD atau media fisik lainnya,” ungkap salah satu representatif Valve, Anna Sweet seperti dikutip dari pernyataan resminya. Saat satu PC sudah didaftarkan sebagai shared computer dalam Steam, library dalam PC tersebut bisa diakses hingga sepuluh device secara bersamaan. Namun Valve mengungkapkan bahwa tidak semua game bisa di-sharing, contohnya adalah game yang membutuhkan user harus mendaftar untuk memiliki ID memainkan game tersebut.

“Game yang dipinjamkan tidak bisa dimainkan meskipun oleh pemiliknya sendiri saat tengah dimainkan di PC lain,” lanjut Valve. Saat satu game tengah dimainkan oleh temanmu dan kamu login di game yang sama, maka temanmu akan mendapatkan notifikasi untuk berhenti memainkan dalam beberapa menit atau membeli sendiri game tersebut di Steam. Fitur game sharing ini tampak mirip dengan fitur family sharing yang sebelumnya sempat dikonfirmasikan untuk Xbox One, namun akhirnya ditanggalkan karena suatu hal. Tetapi kabarnya, Microsoft mungkin akan menghadirkan fitur tersebut di masa mendatang.

Bagaimana menurutmu mengenai fitur baru dari Steam ini?

[Sumber: CVG/VG247]


SHARE
Previous articleDetail Phantasy Star Nova, Hadirkan Senjata Baru dan Monster Raksasa Gigantes
Next articleSamsung Membuka Promo Pre-order Galaxy Note 3, Akan Tersedia di Indonesia Mulai Akhir September
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.